WISATA COBAN PELANGI, MALANG, JAWA TIMUR

Lokasi Wisata Air Terjun Coban Pelangi

Wisata Air Terjun Coban Pelangi terletak di desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota malang jaraknya sekitar 30 km ke arah timur, dengan kendaraan dapat ditempuh selama 1 jam. Untuk menuju kesana banyak petunjuk arah di sepanjang jalan atau bisa berpatokan dengan jalur menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Lokasinya 2 km setelah desa Gubukklakah, ditandai dengan papan nama Wisata Air Terjun Coban Pelangi di sebelah kanan jalan.

Arah Kiri Ke Gunung Bromo & Semeru
Arah Kanan ke Air Terjun Coban Pelangi

Akses dan Panorama di Sepanjang Jalan

Akses jalan menuju Coban Pelangi

Jalan menuju Coban Pelangi sudah diaspal baik, tipikal jalannya agak sedikit menanjak sebelum memasuki desa Gubukkah. Setelah memasuki Desa Gubukklakah jalan semakin menanjak, bagi pengguna kendaraan mesti diperhatikan tenaga mesinnya, terutama dengan memaksimalkan perpindahan gigi persneling. Melewati jalur ini juga harus waspada, karena ruas jalan tidak terlalu lebar, hanya pas untuk dua kendaraan roda empat. Bahkan selepas desa Gubukklakah jalan mulai menyempit dan berkelok, jika kendaraan roda empat berpapasan mesti ada yang mengalah di bahu jalan. Di beberapa tempat ada bagian jalan yang longsor, ditandai dengan pemagaran seadanya. Meskipun begitu, tawaran panorama alam sepanjang jalan sangat mempesona, membuyarkan segala resiko dan kepenatan.

Panorama di sepanjang jalan

Memasuki Area Wisata Coban Pelangi.

Cukup Terjal; Trek Menuju Air Terjun

Pintu masuk Coban Pelangi tidak jauh dari pinggir jalan. Untuk kendaraan roda empat bisa parkir di depan pintu masuk, sedangkan roda dua disedikan parkir didalam. HTM wisata Coban pelangi Rp. 6.000,- per orang, masih cukup terjangkau. Memasuki area wisata coban pelangi, kita akan dibawa kejalan setapak berundak menurun cukup terjal. Sedangkan jarak yang akan ditempuh sampai lokasi air terjun, sekitar 1 km.

Fasilitas Tempat Istirahat dan Musholla

Meskipun lumayan jauh dan membutuhkan stamina prima, sepanjang jalur kita akan dihibur dengan pemandangan alam yang mempesona. Dibeberapa lokasi disediakan tempat untuk istirahat dan warung-warung yang menyediakan beragam makanan.

Camping Ground dan Nunggang Jaran

Camping Ground di Coban Pelangi

Separuh perjalanan, kita akan mendapati area camping disisi kanan jalur, lokasi ini tidak terlalu luas tapi bisa menampung beberapa tenda. Menurut petugas jaga, untuk camping di area ini dikenakan biaya masuk berbeda dengan pengunjung biasa, yaitu Rp. 10.000,- per orang. Untuk fasilitas disediakan kamar mandi dan wc dua buah, selebihnya hanya sebatas lahan camping saja.

Nunggang Jaran (Naik Kuda)

Masih di sekitar camping ground, terdapat pangkalan nunggang jaran. Nunggang Jaran merupakan fasilitas menaiki kuda dari bawah ke lokasi pintu masuk ketika pulang. Kuda disediakan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkuda atau yang kelelahan melalui trek menanjak. Untuk menggunakan fasilitas nunggang jaran, setiap pengunjung dikenakan tarif rata-rata Rp. 10.000,-

Jembatan Cinta

Melintasi Jembatan Cinta

Setelah melewati area camping, pengunjung dihadapkan turunan yang cukup curam, berakhir dengan ujung jembatan bambu untuk menyeberang sungai. Jembatan bambu ini terkenal sebagai jembatan cinta, menurut informasi dinamakan demikian karena biasanya pasangan muda-mudi yang melewati jembatan pasti bergandengan tangan. Hal ini disebabkan karena jembatan ini hanya bisa dilewati dua orang, jadi makin asyik kalo bergandengan tangan, menambah rasa cinta kepada pasangan.

Jembatan Cinta; Narsis Ria

Jembatan cinta biasanya banyak dijadikan sebagai spot foto favorit bagi pengunjung. Selain kemasyhuran namanya sebagai jembatan cinta, bentuknya yang klasik menjadi daya tarik tersendiri.

Air Terjun Coban Pelangi

Selepas jembatan cinta, air terjun coban pelangi sudah tidak begitu jauh. Beberapa menit berjalan, sayup-sayup mulai terdengar suara gemuruh air terjun. Langkah kaki tanpa sadar semakin cepat, tidak sabar ingin menyaksikan keeksotikan air terjun coban pelangi. Melewati sedikit jalan menanjak, air terjun sudah mulai kelihatan.

Air Terjun Coban Pelangi

Sangat indah, air terjun coban pelangi jatuh dari ketinggian 110 m. Disekiling air terjun  merupakan tebing batu karang yang menjulang tinggi. Hawanya sejuk, ditambah percikan air dingin menyebar disekitar lokasi.
Mendekati air terjun mesti hati-hati, karena harus melewati bebatuan yang licin. Bahaya lain sebenarnya jaga mengancam, di beberapa sisi tebing terlihat bekas longsoran. Karenanya kewaspadaan harus selalu diperhatikan, terutama jika turun hujan sebaiknya menjauh dari lokasi air terjun.

Selain air terjunnya yang eksotik, ada keindahann lain yang menjadi fenomena disini, yaitu munculnya pelangi. Untuk bisa menyaksikan fenomena pelangi, tidak bisa ditemukan setiap saat. Karena pelangi hanya muncul saat cahaya matahari menyeruak masuk membias diantara percikan air terjun. Waktu yang tepat biasanya sekitar pukul 10.00 pagi hingga siang hari, ketika cuaca cerah. Fenomena pelangi inilah yang akhirnya di jadikan nama air terjun Coban Pelangi.

Sumber: Lokasi
74 Komentar untuk "WISATA COBAN PELANGI, MALANG, JAWA TIMUR"

Hadeuh, suasana nya hampir sama dengan rumah kakek yang ada di gunung :D

kl gak terlalu terjal bs buat ngajari anak mendaki gunung h-hee...

Mas, Njenengan seharusnya dapat penghargaan dari Pemda Malang nih. Lha blognya menyuarakan pariwisata di sana terus koq. saya aja sampe kepengin ke Malang lagi. salah siapa coba?

memang terjal, tapi masih bisa bawa anak, waktu kesana bawa anak umur 4th, bisa jalan sendiri, tapi dipegangi...paling pulangnya minta gendong...hehe

ketoke pejabate durung enek sing nglirik, mas zach...:)

Wah ada pelanginya... keren banget fotonya.

Suasana wisata Coban pelangi ini, saya baru tau namun
Kelihatanya, tempatnya sejuk adem dan hijau yah Mas
Terima kasih sudah berbagi keindahan

menakjubkan pemandangannya,, semoga dapat diprehatikan oleh pemda setempat, jgn sampai dikelola pihak luar, baru saling berebtan untuk mengelolah..!

Uda lama aku ngga liat pelangi.. Biasanya dulu habis ujan selalu ada pelangi, ini ditungguin pun ngga muncul-muncul.. Heheh..

Harga tiket 6ribu perak masih terjangkau banget lah Bang, apalagi tempatnya adem gitu. HIjauuuu semuaaa :D

udah lama bangeet keknya gak ke air terjun gitu pdhal ada yang deket rumah :D
kalau ke malang, kejauhan hihi

Klo disini tinggal nunggu matahari muncul pasti kliatan planginya
Iya mba sangat trjngkau

Air terjun apa mba deket rmhnya?
Klo yg jauh kan kesannya beda :)

wow... ana nunggang jaran juga yia bos, dadi pengin jajal kieh, sayange adoh bos..

Mage dolan maring ngeneh, nunggang jaran, jan penake pol :)

Tempatnya indah banget, apalagi kalau pas musim kemarau ke tempat wisata coban pelangi ini ya Kang. Hm, jadi buat ngiler saja nih. :D

Salam

menarik juga ya obeyk wisata nya ada curug plus pelanginya ;)

waw,, malang lagi. rasanya gak perlu ke sana, cukup di sini aja udah bisa menikmati indahnya wisata coban pelangi yang ada di malang. hehe terima kasih kang..

kunjungan pertama mas, :D
indah juga pemandangannya, alamnya masih terjaga...

follow balik ya.. :)

intan belum pernah sama sekali liat pelangi air terjun

wa pengen deh liatny mas

tapi kejauhan
-_-

insyaAllah kapan2 saya akan main kesini mas, saya baru tahu kalau di mlg ada air terjun coban pelangi :D

jalannya bergunung2 betapa asyiknya jika saya bisa main kesana :)

asri sekali ya tempatnya, kalau ada kesempatan pasti akan kesana.

seneng yah kalau bisa berwisata ke daerah yang banyak pepohonan dan bebatuan seperti di coban pelangi ini, itu jembatannya kuat nggak yah mas soalnya hanya dari bambu hehe...

Itu bener ada pelangi
terjadi tiap hari
atau hanya sekali waktu terjadi

Indah dan alami

dilihat dari foto2 nya pemandanganya bagus, pengen ke situ tapi rumah jauh

belum pernah main kesana nih sam,dari pasar poncokusumo tuh masih jauh kah?

begitu klik langsung dibwa kekolom ini, padahal belum baca artikelnya, sayang dan tanggung udah ada didepan mata, ya udah tak tulisi azh dulu...abis ini baru baca wisata coban nya.
bentar balik lagi ko'...:o)

Betul bang, bisa liat pelanginya

Justru harus kesana mas klo sdh liat disini, hehe

Sdah deket, tinggal ikuti jalur ke bromo sam

Kalo ada sinar matahari masuk mba, biasanya skitar jam 10 pagi mulai kelihatan, cuma daerah sini sering mendung dan berawan

Bener mas..seger banget.
Itu jembatan lumayan kuat, cuma buat lewat org aja kok

Iya, cocok buat destinasi wisata kalo pulkam :)

Mesti kesini mba intan...
Setidak sdah liat di foto :)

pernah denger tentang coban pelangi ini, katanya pelanginya abadi ya kang?...bener ngga tuh

pernah denger tentang coban pelangi ini, katanya pelanginya abadi ya kang?...bener ngga tuh

nunggang jaran jika trek jalannya seperti itu bikin jantung copot. mules perut dibuatnya. Pemandagannya sungguh luar biasa. masih alami, udara seger. cocok untuk tempat membuang kepenatan hati dan pikiran.

nampaknya menarik sekali ya maz wisatanya . . .
jadi pengen kesana dah , , hehe

Bener kang, jadi abadi kalo sudah di foto...hehe
Kalo cerah, cahaya matahari masuk pasti muncul pelanginya, nah ilang kalo mendung plus malam hari :)

bagus bangte nih tempatnya.. pengen ke malang >_<

lokasinya bersih ya mas. sepertinya terawat dengan baik :)

aku tertarik dengan jembatan cinta-nya...tapi rawan juga jembatannya karena terbuat dari bambu...kenapa pemerintah setempat tidak berinisiatif untuk membuat jembatan yg lebih aman...kalau dari bambukan bisa lapuk dan roboh...nanti ada jatuh korban..lagi ribut...
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

seharusnya tempat wisata seperti ini lebih dirawat dan diperhatikan yah mas karena kan bisa mendatangkan banyak wisatawan yang datang :)

Smoga tambah baik pemeliharaannya

Bener bang, diri sisi kekuatan memang lebih rentan, tapi sepertinya sengaja menggunkan bambbu untk daya tarik jg

Bener kang, penjaganya lumayan bnyak

Pasti sob, silahkan meluangkan waktunya

Iya tuh mas, mending jalan kaki aja, sambil menikmati pmndangan

obyek wisata nya masih sangat lestari ya mas, cocok untuk berwisata disana ;)

alami sekali ya mas, inilah jenis tempat wisata yang saya suka. HUtan dan pohon...Malah ada track nya juga ya?

Luar biasa, salud bangettt sama PEMDAnya

This comment has been removed by the author. - Hapus

Baca Juga Guys , Artikel Kami Tentang Tempat Wisata
Dari Rental Mobil Malang Murah
di http://cartermobilmalang.blogdetik.com// call : 0856 0805 2182
Semoga Bermanfaat

terimakasih gan info nya
lain hari mau mampir wisata kesana
salam kenal

Ada penginapan d sekitar gak mas? Pngen ksana jg abis liat fotonya

Klw dr pare, jauh gk ya ke coban pelangi? Soalx bru prnh ke coban rondho aja.

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

selain ke coban pelangi anda harus ke tempat air terjun yang lainnya yang tidak kalah bagus nya di Malang, salam mas - http://www.rentalsewamobilmalang.com

This comment has been removed by the author. - Hapus

Alhamdulillah pernah kesini
Info wisata dan kegiatan outdoor: http://myparadizee.blogspot.com/

aslamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danainstan.xtgem.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.danainstan.xtgem.com atau KLIK DISINI

















































































































Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top