CANDI SINGOSARI MALANG, JAWA TIMUR

Letak Candi Singosari

Candi Singosari, Malang, Jawa Timur

Candi Singosari terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota Malang jaraknya sekitar 12 km, lokasinya tidak jauh dari pasar Singosari dan hanya sekitar 500 meter dari jalan raya Malang-Surabaya. Jadi untuk menuju Candi Singosari sangat mudah.

Sejarah Candi Singosari  (Singhasari)

Candi Singosari dibangun pada awal abad ke-14, bertepatan dengan upacara sraddha yaitu untuk memperingati 12 tahun setelah wafatnya Kertanegara, yakni raja Singosari terakhir yang wafat pada tahun 1292M. Memerintah Kerajaan Singosari dari tahun 1268-1292 M.

Arsitekstur Candi Singosari 

Candi Singosari, Malang, Jawa Timur

Candi Singosari merupakan candi bersejarah peninggalan kerajaan Singhasari sebagai bagian dari candi Hindu & Budha. Candi Singosari ditemukan pada awal abad 18, yaitu sekitar tahun 1800-1850. Candi ini terdiri dari tumpukan batu andesit dengan bentuk bujur sangkar di bagian bawah dan badan candi pada bagian atasnya. Secara keseluruhan candi ini memiliki ketinggian 15 meter. 

Pada dinding candi tidak banyak terdapat ukiran relief, tetapi ada ukiran relief terlihat  menonjol yaitu pahatan kepala kala yang berada diatas pintu masuk dan di keempat sisi candi. Bentuknya menyeramkan dengan mulutnya yang  bertaring menganga dan mata besarnya melotot tajam, seolah mengawasi setiap orang yang datang dan siap menjaga bangunan candi.

Bagian dalam Candi Singosari

Di bagian dalam Candi Singosari terdapat sebuah ruangan yang digunakan untuk menempatkan sebuah arca Lingga dan Yoni. Sedangkan pada tiap sisinya terdapat arca Ganesha di sebelah timur, arca Resi Agastya di sisi selatan, dan arca Durga di sisi sebelah utara, sayang arca-arca yang ada hanya tinggal arca Agastya, sedangkan yang lain sudah tidak ada.

Bagian Candi yang ada diluar bangunan utama

Secara keseluruhan Candi Singosari sebenarnya sebuah komplek Candi, ada beberapa bagian diantaranya arca-arca yang posisinya ada di luar. Seperti Arca Dwarapala yang cukup besar, letaknya cukup jauh dari candi utama, bahkan sekarang lokasi di pisahkan jalan raya, posisinya ada di sebelah barat bangunan utama candi Singosari.

Candi Singosari, Malang, Jawa Timur

Sumber: Lokasi
62 Komentar untuk "CANDI SINGOSARI MALANG, JAWA TIMUR"

keren nih candi singosari tercinta :) saya dulu pernah kesini mas, tapi sayangnya saya waktu itu blm punya niat utk memotret-motret seperti skrg ini :D

insyaAllah habis lebaran saya ingin berkunjung kesini lagi serta mengunjungi seantero pesona wisata di wilayah kabupaten malang raya :)

makasih telah berbagi :)

wuih...pulkam mau dpuasin jelajah wisata malang mba..bisa berhari-hari :)

Jujur saja saya belum tau yang hal beginian, untungnya ada mas yang berbaik hati memberikan informasi dan gambar yang bermanfaat :D
Terimakasih banyak mas..

wah, keren,.....semoga saya bisa berkunjung ke malang, dan mampir di candi singosari... :)

HTM nya berapa ya kalau berwisata ke Candi Singosari?

Kebetulan nggak trlalu jauh dari lokasi, jadi bisa berbagi informasi, makasih mas :)

Silahkan mas, banyak lokasi lain yg serupa (wisata sejarah)

Nggak ada mas, hanya seikhlasnya nyumbang di pos penjaga

Saya sering lewat Pasar Singosari ( kalau ke Malang ) ,tapi belum pernah kelokasi Candinya,kalau melihat foto-potonya nampak bersih dan terawat yah Mas......

Selamat malam Mas Wong, wah saya belum tau nih
Mas Candi singosari, hanya tau namanya dan seperti
Pada artikel Mas ini hanya bisa melihat fotonya saja

Saya jadi penasaran pengen lihat langsung
Candi Singosari itu Mas Wong, moga kapan
Waktu saya bisa berdarmawisata ke situ :)

Melihat fotonya kelihatan asri dan bersih yah Mas .insyaAllah nanti kalau ke Malang mau mampir dech,Terimakaish mas atas infonya....

Iya kang, lumayan bisa sambil lewat

Spa tau bisa singgah kapan2 mas saud :)

Wah lain kali bisa nympetin mba, tinggal belok dikit :)

cukup menarik juga untuk dikunjungi yia bos...

luar biasa ya peninggalan sejarah candi singo sari ini ;)
candi nya masih bagus bagus dan berdri kokoh

keindahan sama historinya emang lekat bgt ya mas.
meski sy baru bisa liat dari fotonya di sini :)

Aku nek krungu Singosari, kelingan idolaku Sam! Ken Arok! Eh, Ken Dedes aelah! Bhahaha

pengen kesana nih kayaknya bagus

loch...saya pikir candi singosari ini dibangun oleh raja Kertajaya, ngga taunya justru dibangun setelah 12 tahun raja wafat ya....hadeuh, selama ini pengetahuan saya tentang candi saya berarti salah total ya...:)

ngalam memang penuh sejarah yasam.salam satu jiwa dari kera ngalam

singosari adalah salah satu kerajaan terbesar yg pernah ada di indonesia...saya belum sempat ke candi ini,,,maybe next time kalau ada waktu dan rezeki...
keep happy blogging always,,,salam dari makassar :-)

Aku belom pernah ke candi manapun Bang, termasuk candi Singosari ini.. Sayang banget ya arcanya uda banyak yang hilang, tapi keknya masih terawat ya bangunan candi ini. Keliatan bersih pulak :)

Untuk masuk ke situ pake karcis masuk ngga, Bang?

saya orang jawa timur tapi belum pernah ke sana mas, jadi belum pernah lihat candi singosari yang ada di malang. hehe

luar biasa orang dulu ya bisa bikin candi getu, menarik sekali ;)

Rasanya jadi pengen kesitu deh mas hehee

Saya selalu cinta wisata candi..tapi sayang blom sempet kemari :(

orang dulu sama orang sekrg bedanya mengapa bisa sejauh ini ya, membuat sesuatu pasti sangat bersejarah, orang sekrg bangun rumah saja tidak sampai dua tahun sana-sini sudah bocor..

kalau dari setasiun singosari ini naik apa mas? kan deket dengan pasar singosari juga yah?rencana pengen kesana

ya stasiun deket pasar juga, naik becak bisa, paling sekitar 1 km ke candi mas

nggak pada korupsi org jaman dulu kali mas ...:)
dan dibuat dengan kesungguhan, apalagi kalo sudah berkaitan dg tempat ibadah mreka

dan berkualitas bisa bertahan hingga sekarang

wah sayang mas, kapan2 bisa main kemari, lumayan banyak candinya di malang

iya mba, bnyak arca bagian candi yg ilang jaman penjajahan dulu

nggak pake tiket masuk, paling ngasih seikhlasnya untuk penjaganya

semoga bisa kemari bang har

terimakasih, salam dri malang :)

betul sam, terlihat dari banyaknya peninggalan sejarah di banyak tempat di malang dsk..
salam satu jiwa :)

candi-candi peninggalan jaman kerajaan singosari umumnya memang dibangun untuk penghormatan raja-raja yg telah meninggal sebelumnya, yaitu saat upacara sraddha 12 tahun setelah meninggal...wihh penjelasannya kayak ahli sejarah ya kang, hehehe

silahkan mas, sambil wisata belajar sejarah jg

hehe..iso ae peyan..
aku senenge ndelok ken dedes jaman saiki sam, hehe

kapan-kapan bisa liat langsung mas

bener mba..iya tu stelah ada pemugaran dan pemeliharaan

ini cucok banget untuk tujuan wisata mas, candinya hampir sama kayak candi di mojokerto ya mas, tamannya asri banget

kang hadi ternyata kenal raja kertajaya ya?
koq bisa coba?

kalo udah bicara tentang malang, mojokerto dan sekitarnya, memang bayangan kita selalu dibawa ke era bangunan raja-raja yang sangat mengesankan. saya menyesal nggak hunting tempat2 bersejarah itu kalo pas ke malang. ingatnya gunung tok. padahal banyak sisi eksotik yang perlu dikunjungi, tak terkecuali candi singosari ini.

Pengen bw anak kesitu pasti asik ya.

aku malah belum pernah yg di mojokerto mas agus, kapan2 mau kesana ...

uenak ketoke mas zach :)

haha..wah hatinya sudah terpaut sama gunung sih..sepertinya mereka sduah nggak sabar merasakan rabaan mas zach lagi..
candine yo mengini to..

cocok mas, sambil piknik jg bisa nambah wawasan sejarah buat anak2

kapan-kapan kesana ah... mampir ke malang..

Di lihat dari foto candi singosari itu sangat Indah dan
nyaman untuk, berlibur yah Mas Wong, ingin saya
Rasanya saya berkunjung ke candi singosari itu Mas :)

Kunjungan Rutin Mas Wong, simak kembali
Tentang ke indahan Candi singosari ini

pengen deh main ke malang.. skalian ke candi singosari jg..

Monggo mas saud, dinanti dimalang :)

Silahkan mba, kan deket aja, tinggal belok dikit :)

Silahkan mas, smoga bsa trlaksana

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top