MAKAM BUNG KARNO, BLITAR, JAWA TIMUR

Lokasi Makam Bung Karno

Lokasi makam Ir. Soekarno terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan wetan Kota Blitar. Makam presiden pertama RI ini merupakan komplek pemakaman yang berada pada areal tanah seluas 1,8 m2. Untuk menjangkau lokasi makam bung Karno sangatlah mudah, karena masih di dalam kota Blitar. Dari alun-alun Kota Blitar hanya sekitar 2,5 km saja, jika dari stasiun sekitar 3 km, sedangkan dari terminal bus sekitar 6 km.


Komplek makam Bung karno di sisi jalan Ir. Soekarno

Komplek makam Bung Karno berada persis disisi jalan raya. Ada beberapa akses masuk, bisa melewati jalan kalasan atau jalan Ir. Soekarno. Jika melalui jalan Ir. Soekarno, setelah pintu gerbang kita akan melewati pos penjaga atau tamu. Disini setiap pengunjung diminta mengisi buku tamu dan keperluan kunjungan. Dari pos penjaga disisi kanan merupakan gedung perpustakaan dan museum Bung Karno, sedangkan disisi kiri tempat makam Bung Karno.

Museum dan Perpustakaan Bung Karno

Gedung Museum dan Perpustakaan Bung Karno

Mengunjungi museum dan perpustakaan bung Karno, atau dikenal sebagai gedung Persada Soekarno (Perpustakaan dan Museum Bung Karno), disini kita bisa menyaksikan beragam koleksi lukisan dan peninggalan Sang Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia. Dibagian luar dihiasi dengan ornamen patung dan relief perjalanan hidup beliau. Gedung persada Soekarno sendiri di resmikan oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri, pada tanggal 3 Juli 2004.

Relief Bung Karno

Makam Bung Karno

Gapura Masuk Cungkup Makam Bung Karno

Makam atau cungkup Bung Karno berada disebelah utara gedung perpustakaan dan museum. Ditandai dengan gapura besar sebagai pintu masuk. Memasuki pelataran makam, akan nampak sebuah bangunan berbentuk joglo, yaitu Cungkup Makam Bung Karno. Cungkup ini diberi nama Astono Mulyo.Diatas makam terdapat sebuah batu pualam hitam bertuliskan :
"Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia."

Musholla di areal Cungkup

Taman menambah asri areal makam

Di sekitar areal cungkup makam Bung Karno, disediakan fasilitas musholla, gazebo, dan taman untuk menambah keasrian makam. Makam Bung Karno sendiri, diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 21 Juni 1979.

Dengan berziarah ke makam Sang proklamator, semoga bisa menjadi sarana menghargai jasa-jasa para pejuang dan pendiri bangsa ini, dan menumbuhkan semangat nasionalisme untuk membangun bersama negeri kita tercinta, Indonesia Raya.

Sumber lokasi
64 Komentar untuk "MAKAM BUNG KARNO, BLITAR, JAWA TIMUR"

Perpustakaannya sptnya menarik, bs jd sumber referensi jika ingin menulis sejarah Indonesia...

wah ternyata indah sekali lokasi makam bung karno, meski belum pernah kesana tapi udah terasa ada di sana. hehe
terima kasih infonya

saya sdh pernah kesini beberapa tahun yg lalu, akhirnya skrg pingin ke makam bung karno lagi setelah melihat postingan ini, hmmm :)

luar biasa ya mas suasana makam presiden pertama RI, ini bukti seorang presiden yg jujur :)

pengen banget ke makam orang nomor satu/presiden indonesia untuk pertama kali

tapi belum kesampaian aja

belum pernah kesana mas....
perlu dijadikan referensi wisata sekolah juga ni,,,

kayaknya pemakaman ini nggak kayak pemakaman pada umumnya ya mas. nggak serem. apalagi tanaman ditata sedemikian rupa begitu.

Smoga bisa kesana sob, mrasakan langsung suasananya

Memang bikin kangen mba, gak cukup skli klo kesana :)

Cocok banget buat anak2 skolah, nambah wawasan kbangsaan :)

Wah iya kang zach, sdah sama kayak tempat piknik, nggak ada seremnya blas :)

Baru tau kalo makam di blitar ya. Tak kira di solo. Maklum anu gak tau..

sudah pernah ke sana, di sana selalu ramai oleh pengunjunhg

Cita-cita dari dulu sampai sekarang belum kesampaian
Mas Wong, Makam nya, bersih dan indah Insya Allah
Jika Allah mengizinkan ingin rasanya saya berziarrah
kesana. makasih atas info bermanfaat nya :)

kok ada semcam poster yang ditempeli di tiang2 itu..bikin jadi kotor saja nampaknya......, kapan2 aku mau jalan2 ke blitar ach...banyak tempat yg bisa dikunjungi..termasuk makam bung karno ini...keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Dari dulu belu pernah kesampaian berkunjung ke Blitar, namun setidaknya setelah membaca dan melihat postingan disini menjadi sedikit terobati rasa penasaran dihati...hi hi hi!

saya pernah gan ke blitas... tapi waktu kecil jadi rada lupa ke makamnya atau ke rumahnya.. yang saya inget cuma lukisan sukarno yang bisa ngelirik kemana-mana sesuai sudaut pandang kita.. :)

Megah sekali ya tempatnya, suatu saat pengen banget berziarah ke sana :)

sepintas kilas makamnya kok enak dan asri gitu ya mas....

Belum pernah kesana nih mas ada rencana sih tapi kapannya belum tau...

Wah saya belum bernah berkunjung ke makamnya bapak prokamator.. heeem

Pengen ke makam pak Karno
Melihat secara dekat tapi jauh dari sumatra

indah sekali suasananya, tapi sayangnya saya belum pernah kesana, kapan yah bisa berkunjung ke makam presiden RI pertama,

batu besar deket makam itu yg bertuliskan isi proklamasi ya mas ?

Bukan mas, tulisannya ini:
Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

bisa diagendakan mas, ziarah ke tempat san proklamator

betul mas, cukup nyaman, nggak sperti makam pada umumnya yg seram

smoga lekas terlaksana mas, ziarahnya :)

sepertinya itu yg dirumahnya mas

wah smoga suatu saat kesampaian ke blitar kang :)

iya tuh, ada poster2 bung karno

smoga bisa segera sampai blitar bang...salam dari Malang :)

smoga lekas terlaksana mas saud :)

iya mas, blio memang asli Blitar

kalau jauh dari perpustakaan gimana dong?
ah maen ajah ke blog ini....beres kan?

sama dong de' In...berkat baca artikel ini, rasa kangen pada sosok Bung Karno jadi kian menggebu, apalagi sebentar lagi perebutan kekuasaan dengan cara Pemilu akan dilaksanakan...kita kemakamnya barengan yu

Kunjungan pagi Mas Wong, baca kembali keindahan
Makam Bung Karno, sangat bersih halamanya yah Mas
Pastinya di jaga siang dan malam Makam nya :)

Belum sempat mampir ke sini lagi Kang, jadi kangen sama situs berserah ini. :D

Salam

Bung Karno merupakan salah satu tokoh perjuangan RI kesukaan saya, Saya punya beberapa bukunya,. Beberapa buku lainnya tentang Sukarno biasanya saya pinjam dari perpustakaan di Pontianak. Semangat dan dedikasinya terhadap Indonesia dalam diri Bung Karno sungguh luar biasa

Slamat pagi mas saud,
Pengelolaannya memang nampak terkoordinir baik

Betul bang Indra, meski sdah pernah, maunya balik lagi

Sosok luar biasa kang, kalo saya senang baca buku Dibawah Bendera Revolusinya

terawat ya mas tempatnya.. waktu itu saya cuma lewat aja blm sempat mampir.. jadi menyesal gk nyempetin singgah...

Ini sering dijadiin tempat syirik ngga mas?

Semoga suatu saat Tika juga bisa kesana mengunjungi beliau

Haha, benar juga kata pak cilembu :D
Saya jauh dari kota Blitar dan jauh perpustakaan pengennya berkunjung ke makam.

Untungnya ada internet, jadi segala informasi apapun jadi tau termasuk ini :)

Saya sudah follow blognya mas :D
Jika berkenan follow back ya :
http://firman-ardy.blogspot.com

Di mblitar ya mas, hemmm, semoga besok2 bisa ksna ya mas...:)

wah sayang yah..lain kali bisa nyempetin :)

Wah klo itu gak paham, kembali ke niat si peziarah

Nggak masalah, demi sang proklamator :)

Iyo mas, smoga lekas kesampaian :)

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top