WISATA HUTAN WANAGAMA, GUNUNG KIDUL, JOGJAKARTA

Lokasi Wisata Hutan Wanagama, Gunung Kidul

Letak wisata Hutan Wanagama berada di desa Banaran ,kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Lokasi hutan Wanagama sekitar 30 km dari kota Jogjakarta, bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jika dari Jogjakarta arahnya menuju  Wonosari  Gunungkidul, patokannya lampu merah perempatan pasar Gading. Dari sini belok kanan menuju desa Banaran, setelah 2 km sampai di pintu gerbang Hutan Wanagama.

Hutan Wanagama Hasil Reboisasi

Petunjuk lokasi

Hutan Wanagama dulunya merupakan lahan tandus, sampai akhirnya direboisasi hingga seperti sekarang ini.  Penghijauan dilakukan oleh akademisi dari Fakultas Kehutanan Gadjah Mada dibantu warga setempat sejak tahun 1964. Sekarang hasilnya sudah bisa terlihat, beragam tanaman tumbuh lebat, layaknya sebuah hutan dengan beragam kekayaan hayatinya. Gunung Kidul yang terkenal gersang dan tandus, tidak terlihat disini.

Bumi Perkemahan dan Fasilitas Hutan Wanagama

Camping ground di Hutan Wanagama

Aula bisa di gunakan untuk pertemuan dll

Hiking Menyusuri Setapak

Pengelola Hutan Wanagama menyediakan fasilitas pendukung bagi wisatawan yang berkunjung, diataranya terdapat camping ground, sarana out bond, trek hiking, wisma, aula, wc, dan lainnya. Seperti beberapa waktu lalu saya bersama rekan-rekan berkesempatan merasakan camping di hutan Wanagama. Dengan fasilitas yang ada sudah cukup memadai untuk melakukan kegiatan dengan peserta kisaran ratusan orang.

Grojogan atau Air Terjun Sendang Tahunan

Grojogan Sendang Tahunan

Untuk menikmati alam sekitar Hutan Wanagama, kita bisa melakukan hikking. Menyusuri jalan setapak di pinggiran sungai Oya. Ada tempat spesial bisa anda temukan dan sayang jika dilewatkan, yaitu grojogan Sendang Tahunan yang menawan. Grojogan atau air terjun sendang tahunan berasal dari aliran sungai kecil diatasnya, mengalir diantara tebing batu yang eksotik. Cocok sekali untuk berfoto ria, tetapi mesti hati-hati karena tempatnya cukup terjal.

Suasana camping di Hutan Wanagama, Gunung Kidul, Jogjakarta

Sumber: lokasi

Tulisan Terkait :

64 comments:

  1. pernah ke gunung kidul tapi belum sempat ke sana

    ReplyDelete
  2. boleh juga nih buat dijadikan referensi camping ke jogja

    ReplyDelete
  3. Waah indah dan sejuk sekali mas tempatnya,, jadi pingin ke sana nih.. hehe

    ReplyDelete
  4. Selamat sore Mas Wong, Kelihatnya hutanya masih
    Alami dan lestari, sangat sejuk dan indah suasana
    Alam sekitar Hutan Wanagama itu yah Mas. makasih
    Atas Info yan indah dan menyejukan hati ini Mas Wong :)

    ReplyDelete
  5. Itu yang pake Tenda-tenda Kongli ganefo Rombongan
    Tim creative nya Mas Wong bukan yah? keren Mas
    Kaya seneng nemen yah Mas, bisa Bercengkrama
    Bareng Teman berbagi pengalaman yang menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. suasananya cukup nyaman mas sau,
      iya itu kawan2 saya, menyenangkan bisa bersama

      Delete
  6. wisata hutan wanagama bisa ditempuh dengan kendaraan roda tiga gak mas?? hehee

    ReplyDelete
  7. wisata hutan wanagama bisa ditempuh dengan kendaraan roda tiga gak mas?? hehee

    ReplyDelete
  8. Enak tempat sekarang, dan terlihat lebih rapih untuk lokasi tempat wisata alam ya Kang ? Mantap, bila hal ini bisa terus di suport maka tidak mustahil banyak wisatawan Indonesia lebih betah berwisata di daerah Indonesia dari pada harus menghabiskan uangnya di luar negeri ya Kang.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bang, Indonesia memiliki ribuan destinasi wisata yg lua biasa

      Delete
  9. di gunung kidul banyak hutannya ya mas. :)

    ReplyDelete
  10. seperti tempatnya masih alami ya pak?

    ohw ya ijin follow blognya ditunggu follbacknya ya pak

    ReplyDelete
  11. kelihatannya sangat seru gan.. menawarkan sensali petualangan yang menantang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, sllu kangen dg suasana seperti itu

      Delete
  12. hutan juga sekarang sudah jadi objek wisata toh,tetapi kagak serem tuh mas,secara hutan gitu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga hutan hasil reboisasi, jadi nggak selebat hutan alami

      Delete
  13. bukan main, hasil reboisasi yang berhasil
    dulunya hutan dibabat untuk di jadikan pemukiman, tapi sekarang malah ditanami

    ReplyDelete
  14. wah, hebatnya yang dulunya tandus, sekarang jadi hutan...beda sama dikalimantan tempat saya yg dulunya hutan jadi t4 pemukiman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget ya, padal kalimantan bagan dri paru2 dunia

      Delete
  15. Wah, sering jalan-jalan ke gunung nih Mas, jadi pengen deh, ane tiap hari di kampus mulu, bete

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skali2 perlu refreshing menikmati alam mas

      Delete
  16. Salut sama masyarakat disana, sudah bisa membuat tumbuh kembali lokasi yang dulunya tandus ya.. sekarang jadi tempat wisata ya

    ReplyDelete
  17. waah jadi pengen kesitu juga, tapi waktu saya ke gunung kidul yang tahu cuma jalan ke pantai doang, dan itupun jauh. tapi ini cuma sekitar 30km ya pak, berarti lebih dekat daripada pantai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kelewatan berarti, mungkin ke baron ya mas

      Delete
  18. sepertinya tempatnya sangat asyik untuk kemping mas

    ReplyDelete
  19. Dulu sering kemping, tp pas pramuka, kalo kemping kayak gini di gunung enak kali ya suasananya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas dulu pas pramuka jg aktif camping, asyik pastinya mas

      Delete
  20. wah... cocok sekali buat camping yia bos, hehehe.....

    ReplyDelete
  21. Ingin ke sana dan mampir ke lokasi ini.

    Salam

    ReplyDelete
  22. Boku dari Semarang lumayan dekat Kang, tapi belum pernah kesana..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semarang mas boku, skali jalan sampe tuh

      Delete
  23. kalau ke jogjakarta mnetok ke maliobora dan parangtritis, belum pernah nyoba kesini. lain kali boleh di coba.
    tapi disana gak ada penginapannya ya.

    ReplyDelete
  24. menggaris bawahi penghijauan yang telah dilakukan oleh Fakultas Kehutanan UGM, khususnya kepada masyarakat sekitar yang telah berpartisipasi, sehingga hutan kembali menjadi hijau...salam bakti untuk mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smoga mereka membaca salam kang Cilembu

      Delete
    2. aaamiiiin...
      kecup basah deh untuk admin...;o)

      Delete
  25. Belum pernah camping kesana,,,,
    Generasi sekarang tinggal menikmati serta menjaga jerih payah reboisasi nya

    ReplyDelete
  26. Wahh keren keren juga ya tempat wisata nya heheh jadi pengen deh

    ReplyDelete
  27. bisa buat camping hiking juga di situ ya mas :)

    ReplyDelete
  28. saya sebenarnya tertarik sama gua yang ada di gunung kidul, katanya ada sungai bawah tanah nya. Tapi mau kesana nggak tahu tempat nya hehehe :D

    apalagi disana masih banyak hutan ya mas. Jadi nanti malah takut kesasar :D

    ReplyDelete
  29. waahh.. kalo buat fotografi keren kayaknya oom yak?

    ReplyDelete
  30. Wah maaf nih Mas Wong saya ketinggalan berita
    Keindahan Hutan Wanagama, saya simak yah Mas
    Makasih sudah berbagi Keindahan :)

    ReplyDelete
  31. keren sob gunung kidul masih banyak hutannya

    ReplyDelete

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat