ASAL MULA KATA ROKOK DAN MANFAAT ROKOK

Asal Mula dan Arti  Kata Rokok
Asal kata Rokok menurut sebuah penelusuran (saya) ternyata berasal dari bahasa Jawa dan kemungkinan bersumber dari Al Quran. Hal ini isyaratkan dengan firman Allah swt dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 201 yang berbunyi:
"..Rabbanaa, aatiina fid dun ya hasanah, wa fil akhirati hasanah, waqinaa ‘adzaaban naar"
Yang artinya: “..Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, dan kebaikan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari azab api neraka”.

Dari ayat diatas kita diperintahkan supaya senantiasa berdoa kepada Tuhan, agar diberikan kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta dijauhkan dari azab api neraka. Lantas apa hubungannya dengan kata rokok?. Jika kita menyimak ayat tersebut, dibagian akhir ada kalimat “waqinaa ‘adzaaban naar”, “jauhkanlah kami dari azab api neraka”. Khususnya kata An Naar (Api Neraka), ada kemungkinan merupakan kata yang menjadi sumber asal kata rokok.

An Naar atau Api Neraka, dalam bahasa Jawa dibaca Geni Neroko. Nah, neroko inilah yang kemudian diambil menjadi nama rokok. “Neroko” supaya mudah di ucapkan menjadi “roko(k)”. Neroko adalah api, sedangkan rokok juga api, jadi sesuai maknanya sama-sama api.
Orang yang merokok dalam bahasa jawa,
“Ngemut geni ne rokok”
atau dengan kata lain
“ngemut geni neroko (k)”
artinya menghisap api (neraka). Dan ingat itu baru secuil yang dihisap.

Rokok sendiri membahayakan kesehatan bagi perokok aktif dan perokok pasif, karena asapnya yang tidak hanya dihisap oleh orang yang merokok, tetapi juga orang-orang yang ada disekitarnya. Sesuai benar dengan peringatan Al Quran Surah At Tahrim ayat 6 yang berbunyi:
“..Quu anfusakum wa ahlikum naara..”,
Artinya “..Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka..”.
Orang yang merokok seperti sedang membahayakan diri dan keluarganya dalam bahaya rokok. Rokok=Neroko

MANFAAT ROKOK:

Meninggalkan kebiasaan merokok memang sangat sulit, hal ini disebabkan banyaknya manfaat yang bisa diambil oleh perokok.
Berikut manfaat merokok yang tidak bisa kita sepelekan:

1. Menumbuhkan kedermawanan, Asap rokok adalah bagian yang dikonsumsi dan dinikmati oleh perokok, tetapi dia masih rela menyisihkan sebagian asapnya untuk orang-orang disekitarnya. Hal ini membuktikan bahwa seorang perokok sangatlah dermawan.

2. Indikator kesehatan seseorang, biasanya orang sakit ketika di periksa dokter diminta supaya  berhenti merokok. Nah Kalo sudah bisa merokok lagi berarti sudah sembuh dan sehat.

3. Terhindar dari penyakit demam berdarah dan malaria, karena asapnya dapat mengusir nyamuk

4. Menyukseskan program KB dan menjauhkan diri dari berbuat zinah serta perselingkuhan, karena rokok dapat menyebabkan IMPOTENSI.

5. Lebih dekat dengan Tuhan, karena index hidupnya lebih pendek jadi cepat mati, terutama yang sudah mengidap penyakit jantung.

6. Selalu muda, karena tidak akan pernah mengalami masa tua.

7. Jangan takut mati karena rokok, karena memang kematian tinggal menunggu waktu, dengan merokok bisa lebih cepat jadi tidak perlu khawatir menunggu lama.

8. Jika kendaraan anda mogok karena businya ngadat, bisa diganti dengan rokok untuk pengapiannya.

9. Terhindar dari kejahatan maling, karena terjaga sepanjang malam akibat batuk TBC yang tidak berhenti, jadi bisa sekalian ngeronda.

10. Meningkatkan kewaspadaan, karena rokok bisa sangat berbahaya untuk mata, jadi jangan salah menyudutkan ujungnya yg nyala

11. Menciptakan lapangan kerja bagi buruh pabrik rokok, dokter specialis paru-paru, pedagang asongan, pengrajin asbak dan apotik obat batuk.

12. Membantu program pemerintah untuk menekan pertumbuhan jumlah penduduk, karena menurut data, kematian akibat rokok sebesar 239 ribu orang per tahun (sumber:https://www.facebook.com/DutaAntiMerokok/posts/3076636326685) Jadi cukup signifikan mengurangi jumlah penduduk.

13. Mempermudah birokrasi, karena jika dipersulit cukup diberi uang rokok pasti jadi lancar urusannya.

14. Rokok biasanya bisa manjadi batu loncatan karir yg lebih tinggi, yaitu menjadi pecandu narkoba.

15. Pemenang Pemilu. Kebetulan menjelang pemilu tanggal 9 april besok, seandainya perokok bersatu dan bergabung kedalam Partai GOROK (GOlongan ROKok) Indonesia, dijamin menang, karena jumlah perokok Indonesia sekitar 57 %. (sumber:http://news.detik.com/read/2014/01/08/114056/2461422/1513/jumlah-perokok-di-indonesia-semakin-meningkat).
Bahkan tidak hanya partai GOROK akan menang pemilu, jika mencalonkan presiden mungkin cukup sekali putaran bisa menang.

KEPADA PARA PEROKOK, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas tulisan saya diatas, jika menyinggung dan tidak berkenan jangan dimasukkan ke dalam hati.
Tetapi masukkan saja asapnya ke dalam paru-paru anda, telanlah semuanya, karena saya tidak membutuhkannya.

Hehehe, ojo nesu, aku rapopo
Tag : Unik
117 Komentar untuk "ASAL MULA KATA ROKOK DAN MANFAAT ROKOK"

ada ada aja mas. hehe tapi boleh juga nih artikelnya buat para perokok..

ternyata rokok banyak juga manfaatnya ya mas.
baru tahu juga kalau asal katanya adalah singkatan dari kata 'neroko'
wkwkwkwk..... :D

asyik juga ya manfaatnya mas
tapi kalo ngurangin rokok punya temen..bisa masuk neroko juga ndak ya..hehe

Haha, betul tuh bisa saya coba kepada teman saya :D
Boleh merokok asalkan ditelan asapnya..

akurapopo

wkwkwkwkwk,,,,
manfaat negatif mas,,,

hehehe kalo yg sudah terlanjur memang seperti itu ya sob :d
jujur klo sudah berhenti jgn coba" merokok lagi bisa bisa seperti saya ini jadi kayak kereta api :d

wah kata kata yang ketika direnungi mempunyai arti yang sangat dalam,peringatan yang tidak menusuk perasaan tp cukup mengena.makasih sam atas peringatannya.soalnya aq jg perokok berat nih

pantesan aq selalu ketinggalan artikel dari blog ini ternyata belum kufollow toh,saya follow dulu sam ditunggu follback nya yah

wkwkwkw... ada ada saja nih,, masak asapnya di telan, hehe

untung saya tidak merokok. kalau saya merokok, nanti di suruh telan asap donk.. hehe

hahaha, itu dibuat logo trus dipasang di mal mal kali seru ya yang boleh merokok asal asapnya ditelen, hahaha

memang rokok dari waktu ke waktu selalu menimbulkan pro dan kontra.. dan uraian diatas cukup sebagai alasan melarang rokok

mang sulit mas ngilangin merokok, tp kalau lagi kerja diruangan ber AC, bisa lupa jg Mas, artikelnya bermanfaat sekali Mas

Iya sih mmang sulit mas, butuh niat kuat dan konsisten, mkasih

Hehe, makasih juga, memang nggk mudah kok klo berhenti mrokok, kadang ada titik jenuhnya jg suatu saat.

Ok langsung folbek

Wah cerobongnya bisa item tuh...hehe.

Adalah kalo positifnya, tapi dikiiit.. hehe

Neroko nek rokoknya temen habis, hehe

Iya mas perlu disosialisakan spy tau manfaatnya, hehehe

10 point dalam artikel Mas Wong ini sangat menginfirasi
Buat saya nih Mas? menarik dan penuh kajian, makasih
Atas pengalaman tentang Rokok dan manfaatnya Mas Wong

Ternyata merokok juga banyak manfaatnya ya Gan

Jadi semakin cinta nih sama rokok
Makasih infonya.

He... he...
Jadi merasa malu sih sebenarnya

Hahah.. Ya ampun Bang, mesti dibaca baik-baik dulu ya biar ngga salah paham.. :D

Miris banget ya kalo ada orang yang rela ngga makan asal bisa tetep merokok..

haha lucu, di tunggu postingan selanjutnya

Untung aku ga merokok, tapi sering dikejar asap rokok

Saya peroko berat maz.. he..
Tapi ngak apa2 memang kenyataanya seperti itu :)

Namun kalo menyangkut azal atau kematian itu bukan ranahnya manusia. Wallahu A'lam Bishawab :)

Sebisa mungkin bagi yang tidak meroko jangan sekali-kali mencoba, karena kalau sudah kecanduan sangat susah untuk berhenti dan bisa menyebabkan Kangker (Kantong Kering). he..he.. :D

bagus nih artikelnya buat para perokok aktif, biar mereka pada nyadar dan berenti yaa :p

Wahahaah saya kira tadi di awal sudah serius pembahasannya soalnya ada kutipan Surah dari Kitab Suci Al Quran. Namun setelah dibaca agak ke bawah dan kebawah lagi sampai tuntas baru terbentuk maksudnya. Wahahaha. Penyampaiannya jenaka dan mengundang senyum namun sisi logikanya sangat masuk dan benar masuk akal dan bisa diterima. Hihihihi. Seru seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

penyampaiannya jenaka namun bisa diterima :) hehee good

hehe, gilaakk bener yaa...sudah tau dilarang merokok tetep aja merokok :D

Haha..jangan sampe patah hati :)

Hehe iya mba, spya nggak terjerumus :)

Iyo mas, ajal memang hanya Tuhan yg tau, yg gak merokok jg bisa mninggal kapan aja :)

Trutama yg pengangguran mas, bisa kangker kronis, hihi

Smoga mas,
Cuma kalo gak ada yg merokok kasian jg ya pabrik rokok pada gulung tikar :)

Memang kalo bagian atas biasanya serius kang, semakin kebawah mesti agak santai dan senyaman mungkin, hihi
Makasih

Makasih mba, smoga nggak bikin dongkol :)

Klo sdah kcanduan memang suliit mas, butuh niat dan usaha keras

bahasa bayangan, dihaluskan sedimikian rupa agar perokok sadar diri..oiyya, klo tidk salah rokok katanya (maap) kencing setan..:).,

bacanya agak senyum-senyum sendiri nich kayak orang gila
abis pembahasannya kayaknya serius ehhh malah jadi lucu
:D

karena saya tersinggung itulah makanya saya komentarnya disini....;o)

15 poin makjleb banget untuk perokok, terutama "kedekatan kepada Tuhan"...beneran emang gitu gituh?...
kalau bener...ya udah tak lanjutin merokoknya deh...;o)

gimana kalo api rokoknya diambil dari lahar semeru Mas, kayaknya makin asyik ya

gimana kalo api rokoknya diambil dari lahar semeru Mas, kayaknya makin asyik ya

tapi tetap saja mas, "merokok membunuhmu" seperti dituliskan pada diakhir iklan atau belakang bungkus :D

karena saya ingin selalu dekat sama tuhan, saya akan terus meroko mas haha

Iyo pelan-pelan biar lebih berasa

Mestine tambah uenakk..nyampleng

Lanjutkan...!

Bisa bener2 deket kang...hehe

Hati2 mas senyum2nya jngan keterusan hehe :)

Wah baru tau malah klo kencing setan...pesingnya kayak apa ya, lha kencingnya manusia aja sdah esibg bnget..hhaha

Wah baru tau malah klo kencing setan...pesingnya kayak apa ya, lha kencingnya manusia aja sdah esibg bnget..hhaha

ternyata manfaat dari merokok banyak juga ya ? bisa mengurangi jumlah penduduk secara alami. :D

Bisa lebih dekat dengan Tuhan. ha,, ha,, ha,,,
itu kalimat mantap sekali. :D

Salam

Duh duh mas .. ini manfaat rokoknya .... :D

Jadi ingat jaman dulu kalo ada teman cowok ke rumah, nanya, "Boleh merokok?" Saya jawab, "Boleh kalo kau bisa telan asapnya."
Trus teman tanya lagi, "Lha itu ada asbak?"
Saya jawab, "Itu hiasan, Ibu saya yang naruh di situ."

Hhh untungnya teman saya gak jadi merokok :D

Ternyata ada manfaat nya juga ya mas.di iklan ada peringatan "roko membunuh mu"tapi saya heran ko masih di jual hehe...

Yah membunuh dg pelan dan nikmat :)

Wah asyik banget jawabannya...kena telak...haha

Jadi bersyukur bnget ya...hhehee

hahaha...betul mas, sepepu saya juga merokok,yang membuat saya geli, kalau mau ke toilet buang air pasti nyalain rokok,saya pikir apa hubungannya ya, katanya pantatnya suka digigit nyamuk saat nongkrong..
lucu....

Wah jadi obat nyamuk juga, memperlancar aktifitas ditoilet ya mba...hahaha

dengan merokok tentunya membuat para pekerja di pabrik rokok bisa menghidupi keluarganya, sungguh dermawan juga yah para perokok hehe...

Merokok ada manfaatnya dan tentu banyak mudaratnya, tetapi merokok bisa menjadi inspirasi positif bagi orang-orang yang tidak merokok untuk selalu menjaga diri agar mereka tidak seperti perokok dalam hal negatif, nah, kalau sifat dermawan perokok itu realita lho heeeheee

Tersinggung sih tidak Kang, hanya mikir "benar juga nih"

Wah jadi bener ya ada mnfaatnya mas.. :)

Nah itu, nggak kebayang kalo nggak ada org merokok, bisa2 banyak pengangguran dan anak2 yg kelaparan :)

Haha..salah satu tujuan postingan saya diatas adalah spy yg baca tersinggung, jadi berhasil kang..;)

terus kalau udah sakit siapa yang disalahkan yah mas hehe...

Bisa menjadi renungan awalnya manfaat namun diplesetkan menjadi dampaknya. Kalau jeli pasti yang merokok malu. Semoga dengan begini perokok jadi berhenti merokoknya.

Dulu pemberitahuan rokok dapat menyebabkan impotensi dan lainnya tapi sekarang diganti rokok membunuhmu.

Alhamdulillah saya mah ga merokok. Pernah juga saya menulis tentang kajian rokok dalam buku pertama saya memang bisa menyebabkan warna bibir jadi ungu semu-semu gelap lebih tepatnya.

ya biarin aja pada gulung tikar, daripada gulung nyawa orang :)

hadir lagi kang di blog yang religius ini :)

Aamiin...

Met pagi mba, smoga tambah religius :)

Jazakallah pak ustadz, wah rupanya sdah pernah mengulas dlm bentuk buku, pasti mnarik kajiannya. Mungkin perlu terapi khusus ya untuk bisa berhenti merokok..

asik dari hooongggkooong....
#sambil cemberut

Asal usulnya sangat masuk logika juga mas, hehe
Tapi manfaat kok isinya kerugian :D wkwkwk

Banyak sekali manfaatnya yah, mas. saya bukan perokok jadi semakin tertarik. kalau perlu nanti tak sarankan ke anak cucu, untuk menghindari merokok. soalnya manfaatnya terlalu banyak. hhaha.

Intropeksi bagi perokok aktif.

Waduh,,,,,, mana enak di telan kang.... ? Hm,,,, memang benar sih bisa merugikan kesehatan juga ya.....

Salam

haha kang Cilembu tersinggung ngacir kang hahaha

Hahaha saya perokok berat loh hehe,jadi merasa di istimewakan dengan artikel ini,disisi lain merasa tersindir gitu hahaha,,,,,
Nice post mas bro...

wkwkwkw gokil juga nih artikel nya, merokok selain punya manfaat ternyata punya dampak negatif ya ;)

tapi rokok kan boso jowone 'udud', Sam! Bhahaha

Iya Mas saya juga sudah mulai kena Kangker nich.. Maklum makin hari makin susah lepas dari jeratan asap roko he...

wkwkwk.. tulisane apik mas :D
'nyentil' tapi kemasannya asik (y)
ternyata merokok memang banyak manfaatnya hihi

Pak, mau mengingatkan ada postingan lanjutan kemarin datang ya?

Makasih.

ciakakkk... jadi geli sendiri perut ini kang ngebaca artikelnya walaupun ada unsur ngawur tapi asyik dibaca :D

jadi saya merokok nih mas, ngiler lihat segudang manfaatnya, whehhehe

Saya ikut tersinggung gak yah Mas Wong..? hh
Kalau tersinggung Mas Wong berhasil artikelnya
Tapi nantinya saya gak di kasih parcel Roko deh

Simak kembali Mas Wong artikel tentang rokonya

saya nggak tersinggung,tapi tersungging ketika membaca manfaat roko hahaha

Haha..boleh jg untk disarankan :)

Kalo uang sih boleh di sebar ato dibagi2 bang, lha ini asap...biar kembung tuh yg ngisep :)

Alhamdulillah klo kang Dede tersindir, hihi...sory ya..sengaja :)

Nek kui durung ngerti sumbere..hhehe

Jangan tertarik karena manfaatnya yg banyak lho mba...hehe

mari kita jangan membunuh diri kita sendiri.
#pro slogan

silahkan dinikmati segudang manfaatnya mas..hehehe

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top