RANU KUMBOLO, Semeru, Lumajang, Jawa Timur

Panorama Surga di Kaki Gunung Semeru
Bagi yang pernah kesana, pasti tidak akan menyangsikan keindahannya. Panorama Danau Ranu Kumbolo bagi pendaki Gunung Semeru, laksana surga kahyangan bersemayamnya para bidadari. Sejauh mata memandang, hanya bisa bergumam dan berdecak kagum, indaaaah..

Eksotisme Sunrise Diantara Belahan Dua Bukit


Menunggu matahari terbit di Ranu Kumbolo menjadi ritual wajib setiap pendaki, sayang rasanya jika terlewat. Dingin yang menusuk tulang tidak dipedulikan,  cahaya jingga diantara belahan dua bukit begitu mempesona. Tidak lama, perlahan sunrise diseberang danau bergerak naik, meninggalkan lembah nan hijau.

Membeku Dititik Nol Derajat
Pernah merasakan beku hingga titik nol di pulau Jawa?
Jawabnya pasti: “Pernah, di kulkas mas”.
Ane sepakat dengan ente, hehehe.
Bukan isapan jempol, baru kali ini merasakan dingin yang super menusuk tulang. Baju hangat dobel jaket, ditambah sleeping bag tebal benar-benar tidak mempan. Sungguh, pagi hari hingga matari terbit, kita masih bisa menyaksikan bulir-bulir es beku diatas rerumputan hingga atap tenda. Bahkan air dalam botol bisa jadi es batu, cocok untuk bikin esteh di siang hari. Kondisi seperti ini bisa dirasakan jika anda berkunjung kesini sekitar bulan juli atau agustus, terutama disaat kemarau.

Tanjakan Cinta Menjadi Pesona

Secara kasat mata, tanjakan cinta begitu menantang. Siap melahap energi setiap pendaki yang melewati. Lepas dari itu, fenomena mitosnya, menjadi salah satu daya pikat. Siapapun yang melewati tanjakan ini, tanpa berhenti hingga atas bukit dan tidak menengok kebelakang, jika sedang jatuh cinta maka akan berakhir bahagia dan berjodoh, mau coba?!

Memancing bisa Menjadi Pilihan (yang harus dihindari)
Sekedar mengisi waktu luang atau merasakan sensasi memancing di kaki Gunung bisa menjadi pilihan. Memang nampak banyak ikan berkeliaran di dasar danau. Kalau saran saya, meskipun ada beberapa pendaki yang melakukan, alangkah baiknya aktifitas ini ditinggalkan. Setidaknya menjaga populasi kekayaan hayati yang ada didalamnya. Kalau butuh makan, siapkan perbekalan dari rumah, bro!

Berjemur, Serasa Jadi Anak Danau
Jangan salah, meskipun di kaki Gunung, berjemur bisa menjadi aktifitas mengasikkan. Tuh buktinya kawan ane.

Yang Perlu Diwaspadai Disini
Awas hati-hati, banyak ranjau. Jangan tertipu indahnya hamparan rumput yang membentang luas, seluas ranjau yang berserakan. Bagi anda yang berniat berkunjung, disarankan belajar dari kucing, karena kucing pandai menjinakkan ranjau.

Lokasi Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo terletak di jalur pendakian menuju Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Danau dengan luas sekitar 15 hektar ini berada diatas  ketinggian 2400 mdpl. Tempat ini hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari pos awal Ranu Pani. Jaraknya lebih kurang 10 km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Meskipun cukup jauh, Danau Ranu Kumbolo tidak pernah sepi dari pendaki.

Ingin tau lebih banyak seputar pendakian ke Puncak Semeru?
Berikut cerita pendakian saya yang terangkum dalam:

TREKKING 26 JAM NONSTOP:
Bagian 4; Turun Menyusuri Terjalnya Puncak Semeru
 
Special Report: 
MEMPERINGATI HUT RI KE 68, di GUNUNG SEMERU


57 Komentar untuk "RANU KUMBOLO, Semeru, Lumajang, Jawa Timur"

masih lanjutan yang kemaren ya mas? atau mendaki lagi ni? kok g ngajak2 saya,,,, hehehehehe

pengalaman yang takkan terlupakan,,,,
kapan2 juga kalo ada waktu mw belajae ma meong tuk menjinakkan ranjau

nggak kebayang betapa senangnya bisa berada di tempat indah seperti itu :)

@MaYa KayLa: sisa dokumentasi, sayang klo nggak dishare, cuma panoramanya aja :)..boleh kapan2 naik bareng, hehe...iya tuh kucing paling pandai naklukin ranjau
@Kang Ucup: iya kang, bikin kangen suasananya..nggak da yg lain :)

alam nya indah mas... kira2 berapa lama tu mas disana? mksdnya mulai dari mendaki sampe pulangnya..?

@Agri Ahyar Prasetya: waktu kesana itu satu rangkaian pendakian kegunung semeru, umunya 4 hari naik turun, kalo cuma sampe ranu kumbolo cukup 2 hari nginep semalem

semeru memang salahsatu bongkahan sorga di indonesia

wuaahh...cantik banget Pak Wong...perjuangan untuk mendaki gunung semeru sudah menantang (dan berat banget) ...tapi kalau kadonya kayak Ranu Kumbolo ini...dijamin nggak bakal kecewa..asli cantiiik

Betapa indahnya pengen kesana tapi tak tau kapan mau kesananya..

Hehehe

@zachflazz: mari kita nikmati bersama mas...:)
@khusna khairunnisa: kado terindah dalam hidupku :), bongkahan sorga kata mas zach
@Firman Ardyansyah: boleh kapan-kapan mas hehe

@Haris Luqman Hakim: hehe..itu istilah para pendaki buat kotoran manusia yg gak ditimbun, makanya di sana ada aturan kalo mau buang hajat niru kucing, itu kucing kalo beol gali lobang terus ditutup, masak manusia lebih jorok dari kucing. Dan disana banyak ditemukan berserakan, kalo nggak waspada ya bisa nginjak ranjau :)

danau ranu kumbolo emang terkenal keindahannya keseantero dunia, yang leih menakjubkannya lagi saat matahari muncul disela kedua bukit itu...rasanya gimanaaa gituh...;o)

@Cilembu thea: susah mengungkapkannya, hanya bisa dirasakan dan dinikmati, sebaiknya jangan memejamkan mata...karena jadi nggak kelihatan :)

Waduh, sudah nyampe sana rupanya... saya baru Arjuno sm Lawu aja...

Ada tanjakan cintanya juga ya.. Kapan ya bisa kesana :)

Subhanallah, betapa indahnya...
Entah Kapan bisa kesana ._.

haha dodol itu ranjaunya...
tapi emang begitu kok. aku juga sering... :D

wow keren banget pemandangannya

Buseet keren banget ya, jadi pengen nih liburan ke semeru :)

wah bagus sekali mas pemandangan alam nya di ranu kumbolo. Cocok buat kemah ya mas hehe :)

@Pri Enamsatutujuh: tinggal dilanjutin mas..:)
@Heri Assidiqi: iya mas, katanya cocok yg lg PDKT :)

@Nurliana Syaf: smoga bisa menikmati langsung keindahannya :)
@Rawins: jadi bahan baku dodol :), rupanya mas rawin to yg bikin ranjau..hahaha

@posoke: langsung ke TKP lebih indah sob :)
@Yobert Parai: bulan depan sudah mulai liburan sob, biasanya mulai rame :)

@Wahyu Eka Prasetiyarini: iya mba', pasti asyik..kapan neh :)

biaya masuknya brapa tuh mas. sapa tau bisa kesana bareng rombongan teman2..

Danau ranu kumbolo keren ya mas,,, danau ini sudah terkenal dan dijadikan tempat wisata sejak jaman penjajahan belanda :D

Sekarang menjadi ajang para pecinta alam utk berkemah serta wisata alam bagi masyarakat umum, hmmm :D

artikel yg sangat menarik ^_^

Ah mas Jier............!
membuat orang lain ingin ke sana itu... dosa ngga? haha
aku mupeeeng

kayanya mancing mania cocok nih hehe.. bisa buat referensi kalo mau wisata plus itu juga kalo punya duit haha

Sebelumnya salam Kenas Mas dari kami.
Melihat foto diatas serasa kami sedang disana menikmati keindahan alam dari Sang Pencipta.

Ups, ternyata ada mitosnya juga tuh Mas.

Masnya yang mana nih, kok gak keliatan? hehe

subhanallah Indahnya tempatnya :) pengen liburan tapi gada uang :(

saya sudah berkali2 ke lumajang, tapi belom pernah kesana, pengen kesana tapi belum punya waktu, hikz hikz

@Fazri: htm 10rb, yg penting klo kesini diasiapkan kelengkapan surat2nya sprti foto copy KTP, surat ket. sehat, materai, klo nggak lengkap gak boleh naik
@Indri Lidiawati: betul mba', sejak belanda sudah jadi destinasi wisata n pendakian

@diakuin: hayooo gan
@Gulunganpita: kayaknya malah dapet pahala mba', hehe...sampe kliatan mupengnya :)

@Intan Sudibjo: cairin Ga nya sob :)
@Cahyo Kusumo: salam knal jg mas, ya bgitulah mitosnya, boleh dicoba :)

@Wahyu Alfiansyah: dibelakang lensa sob :) minder kalo narsis, hehehe
@Dwi Alfina: duhh ksian...:( hehe, cari tumpangan aja sob :)

@Abdul Kholiq Hasan: kalo kelumajang lagi brarti harus nyempetin mampir sob :)

NIce resort, sekalipun saya belum pernah ke semeru mas. Kapan - kapan akalau ada rejeki nyoba refreshing kesana :)

@Aditya Nugroho: smoga mas bisa mnikmati langsung :)

sayangnya tidak boleh mancing, ranjaunya seperti apa ya ? duri atau bom kah ?

kapan yah bisa kesan.. indah sekali mas :D

@Djangkaru Bumi: sisa manusia mas :)
@Mawan Cradlez: smoga bisa mnikmati langsung

pas lihat film 5cm keren sih.. tapi ane kagak punya keberanian mau kesana.. soalnya tmen ane kagak ada yang mau ane ajak :D

@Rachmat Kiki: wah sayang ya nggak diajak :(..
sebenarnya ke semeru nggak terlalu berat, sudah seperti jalur wisata dan nggak pernah sepi, yg penting persiapan stamina, bekal n waktu yg cukup

wah saya belum pernah main ke semeru mas.. kalau kesana rame rame seperti itu ya asik mas.. menginap sampai beberapa hari juga asik di situ hehehehe

Rasanya pasti tenang banget di hati kita saat kita berada di tempat yang sejuk seperti itu..

@Mas Nady: kagak ada bosennya mas berlama2
@Adjie Umbara: puool mas...damai

Selamat Malam Mas Wong maaf Mas baru bisa maen kemari habis Ngerogol obrak abrik template. keren Mas Artikel Panorama Semeru Lumajang. Shubhanallah penomenal pemandanganya sangat Exotis salam Hormat selalu Mas Wong salam sukses

Itu team dan temenya Mas Wong yah
Keren bisa menundukan ketinggian puncak gunung semeru
Selamat berkarya tetap semangat Mas dan hati-hati

seru juga kalau bisa merasakan cuaca denga temperatur nol derajat, kalo air danaunya juga bisa membeku, wow bisa main-main seluncuran dech jadinya :-)

mas wong lagi mengen-mengen i saya, karena saya belum pernah kesana, yang ternyata pemandangannya poll indahe..
eh awas kena hipotermia lho

@Saud Karrysta: selamt malam juga, iya mas itu team saya, trimakasih dukungannya

@BlogsOf Hariyanto: iya mas, super dingin, kalau danaunya cuma dingin banget airnya
@Agus Setya: ben ra pengin kudu mrono mas :)..
siapin kopi panas biar nggak kedinginan

Duuuh berkali-kali baca postingan ttg Bromo, jadi pengen kesanaaa >.<

@Ranii Saputra: semoga bisa berkunjung ke semua destinasi di TNBTS sob, semua menarik

wah indah banget suasananya sob,,,,,mksh infonya

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top