UPACARA BENDERA MERAH PUTIH DI GUNUNG SEMERU

MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN RI KE 68
17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan bangsa kita Indonesia tercinta. 68 tahun yang lalu sang proklamator membacakan naskah proklamasi kemerdekaan, menjadi tonggak sejarah lepasnya bangsa Indonesia dari tirani penjajahan bangsa lain.
Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih rutin digelar setiap tahun.


Pun demikian dengan para pendaki, rutin mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih, hanya tempat yang mereka gunakan tidak seperti upacara bendera pada umumnya, gunung-gunung yang tinggi menjadi pilihan. Kali ini saya berkesempatan mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih bersama mereka. Gunung yang saya tuju adalah Gunung Semeru di Jawa Timur. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3676 mdpl.

Upacara pengibaran bendera merah putih di Gunung Semeru tidak dilaksanakan di puncaknya,  tetapi dilerengnya yaitu Kali Mati. Hal ini dilakukan karena Gunung Semeru yang masih aktif ini masih dalam status waspada level II, sehingga cukup berbahaya berada dipuncaknya.
Upacara pengibaran bendera merah putih di Gunung Semeru kali ini, diikuti ribuan pendaki yang datang dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan ada beberapa turis asing yang turut serta. Upacara dilaksanakan dengan penuh khidmat dan semangat. Lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh WR Supratman bergemuruh dilantunkan seluruh pendaki tatkala sang merah putih di kibarkan. Meskipun matahari terik menyengat  tidak menyurutkan semangat para pendaki mengikuti jalannya upacara hingga selesai.

Suasana dan pengalaman yang sangat mengesankan bagi saya, dapat mengikuti upacara pengibaran bendera sang saka merah putih, memperingati hari kemerdekaan bangsa kita tercinta Indonesia, di Gunung Semeru, Gunung tertinggi di Pulau Jawa (3676 mdpl).
Merdeka Bangsaku, Lestari Alamku,
Salam Persahabatan, para pendaki di Nusantara
Tag : Unik
37 Komentar untuk "UPACARA BENDERA MERAH PUTIH DI GUNUNG SEMERU"

Merdeka dan dirgahayu Indonesiaku. Hidup Semeru.., jadi pengen ikut mendaki gunung.

tentu momennya jd lebih hikmat pada saat itu ya mas

asyiiik. mengini banget Mas. pengin kesitu lagi jadinya.

keren banget sih Pak...haru ya rasanya bisa mengibar mendera di sama, untuk mendaki saja butuh perjuangan tuh...makna nya jadi persis dengan perjuangan para pahlawan, walau tentu berbeda pelaksanaanya...semoga sukses Indonesiaku, semoga rupiah segera menguat!!!

@Djangkaru Bumi: Merdeka bung! wah bner asyik mas
@budi os 19: bener bnget mas, mngkin faktor alam jg

@zachflazz: mas zach bernostalgia, pasti kngen ya pngen muncak lagi :), skrang rame bnget, kyak faktor 5cm :)
@khusna khairunnisa: bner bnget mba, meskipun jauh dibanding perjuangan para pahlawan, stidaknya mrasakan beratnya menuju lokasi upacara mnjadi nilai trsendiri bgi sy prbdi..trus berjuang rupiahku!!

Wah, ramai dan meriah ya sob, suasananya pasti khidmat sekali ya... Nggak ke puncaknya sobat? Heheh

@Fahri Samudra: muncak tgl 16nya, tgl 17 puncak diseterilkan, sebenarnya status waspada level 2, tapi masih bisa muncak, blom dipost

asik banget mas, upacara sambil mendaki sambil rekreasi, refresing dengan hiruk pikuk pekerjaan dan suasana kota. jadi pengen nih mas

nyari momen perjuangan.. gak dapat berjuang lawan penjajah.. ya berjuang menaiki gunung... hehehe

Sepertinya asyik ya pak kalau kita bisa melaksanakan upacara di suatu tempat yang unik, dalam hal ini adalah di gunung semeru. Pasti ada kesan tersendiri dan tidak bisa dilupakan moment-moment seperti itu. terimakasih atas sharing nya :)

sudah sepantasnya merah putih dikibarkan, tak peduli dimanapun tempatnya

bagus banget mas pemandanganya jdi kpngen ni kesana mas

@Agus Setya: bner mas, mumpung liburan
@Payz0: sama2 berjuang :)
@Wahyu Eka Prasetiyarini: betul mba, ada nuansa berbeda dan berkesan tentunya

@Obat Sakit: terus berkibar sang saka! dimanapun
@Brebes VS Lamongan: hayo mas muncak..

ramai juga perayaan kemerdekan di gunung semeru

Wah, seruuuu inihhh.. Saya cuma pernah ngerasain upacara 17an di G. Wilis, dulu pas msh putih-abu2.
Merdeka!!

Wahh pasti seru diselimuti haru pas moment2 nyanyiin lagunya Indonesia Raya.

salam merdeka gan sob ...
aku juga pengen mendaki di 17 agustus haa ^_^

Wow seru kelihatannya. Foto2nya bagus mas :)

rame juga 17an di gunung ya mas, pastinya sangat berkesan...

Wah sayang aku gak jadi berangkat, karena tugas negara! hanya mengucapkan Merdeka!

serunya bisa mengibarkan bendera di gunung.. :) salam merdeka !!

wah keren banged,,
kapan aku bisa naik gunung >,<

semeru lagi gawat tho, om..?
sayang banget yah ga bisa di puncak
tapi ada bagusnya kalo di lereng. pastinya lebih rame lebih banyak peserta ketimbang di puncak

hadir menikmati tujuh belas agustusan di semeru...salam :-)

@Wieka Wintari: meriah sob
@Megi Tristisan: hayo sob
@yanuar catur: mantep sam, merdeka

@Juniyarsa Ardilla: berasa bnget sob, menyentuh
@emmethe: salam merdeka jg sob, hayo sob tahun depan :)
@Mugniar: betul sob, seru bnget

@agus bg: sangat berkesan sob, berasa bnget
@Juniyarsa Ardilla: monggo sob
@andikrasida.com:tahun depan bisa diagendakan lagi sob, tugas negara mesti diutamakan :)

@Cuute Yanti: salam merdeka !!
@vina devina: seru, mantep
@iin indriani: hayo naik bareng :)

@Rawins: waktu kesana status siaga 2, sebenarnya memang dilarang muncak, kalo dipuncak maksimal 600 pendaki, kalo dibawah bisa ribuan, sempet juga sampai atap, cuma nengok :)
@BlogsOf Hariyanto: monggo bang, salam merdeka

Sangat indah yah Mas Wong, memperingati hari
Yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia Tercinta
Di sejuknya Gunung semeru, sangat menajubkan

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top