KEBUN RAYA PURWODADI, PASURUAN, JAWA TIMUR

Kebun Raya Purwodadi terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya berada persis disamping jalur utama Malang - Surabaya. Dari kota Malang sekitar 25 km kearah utara, sedangkan jika ditempuh dari Kota Surabaya sekitar 65 km arah selatan. Semua moda transportasi bisa mencapai lokasi ini, baik kendaraan kecil atau besar, transportasi umum juga banyak tersedia, jadi sangat mudah dijangkau.


Kebun Raya Purwodadi memiliki luas sekitar 85 ha, dengan koleksi tumbuhan sekitar 10.000 jenis. Kebun raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten, sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor. Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas  dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga  Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Kebun Raya Purwodadi selain berfungsi sebagai tempat melestarikan dan konservasi beragam tumbuhan, juga dimanfaatkan untuk sarana pariwisata alam. Pengunjung dapat menikmati keragaman hayati yang mungkin sudah sulit ditemukan ditempat lain. Banyak terdapat pohon-pohon langka yang usianya sudah cukup tua.

Menelusuri seluruh areal kebun raya yang begitu luas membutuhkan energi ekstra, bagi yang enggan berjalan kaki disediakan sepeda sewaan, ada juga kereta mini, sedangkan pengguna roda empat boleh dipergunakan. 


Beberapa fasilitas yang bisa kita nikmati di kebun raya ini diantaranya, area bermain anak, kolam perahu, kolam renang anak, lapangan sepak bola, gazebo, area camping ground, dan lain-lain. Harga tiket masuk Rp. 5.500 per orang.
Dibelakang Kebun Raya juga terdapat wisata alam Air terjun Coban Baung, akses masuknya melalui samping kebun raya.

Sumber:
-Lokasi Kebun Raya Purwodadi
-http://www.krpurwodadi.lipi.go.id
-http://id.wikipedia.org
60 Komentar untuk "KEBUN RAYA PURWODADI, PASURUAN, JAWA TIMUR "

sepintas mirip Kebun Raya Bogor Mas. segala sisinya mirip, tapi lebih unggul karena taman ini ada air terjunnya. pengin kesana kapan2, hehe

@zachflazz: masih saudaranya kebun Raya Bogor mas, sama2 diasuh LIPI, ditunggu kehadirannya :)

pemandangannya indah banget ya...jd pengen kesana
cuma ongkos kesananya lebih mahal di banding karcis msknya.. :)

wah indah banget ya mas sejuk lagi, saya sudah beberapa kali ke jatim tapi belum pernah kesana

@budi os 19: jngan pikirin ingkosnya mas, yg pnting karcis masuknya murah, hehe
@agus bg: klo ke jatim lagi mesti mampir mas :)

kelihatannya sejuk mas .. :D

Kabar baik sobat... maaf baru mampir habs banyak kerjaan nich sobat..!! hehehe klw sobat gmn kabarnya?

pemandangan nya bgus sekalii .. ttpi sayang blum pernah kesna nih ..

Wah asri dan indah ya Cak, dulu ªķku̶̲̥̅̊ sering ke prigen, dan sekali ke Taman Safari, kalau ăĎª ♧☀ waktu ingin pergi kesini.

murah juga ya, 5.500 udah bisa masuk.. kapan di jakarta ada kebun raya ya.. hehehe

@Mas Nazar: betul mas, segar dan asri juga
@Brebes VS Lamongan: bner bnget mas, bikin kangen
@Arhy Sinjai: wah sibuk offline rupanya, baik juga mas, thanks

@Yosep Eko Prambudi: kapan bsa mmpir mas
@herman1992: betul mas, cukup eksotic :)
@febriansyah haq: dan sejuk :)

@Boku no Blog: smoga bisa kesini mas, mnikmati kesejukannnya, tdk jauh dri tmansafari
@cerita anak kost: iya neh murah bnget, sdah jarang tujuan wisata semurah ini, klo jakarta ke monas kali ya :)

kolam renang anak...mesti paling banyak di suka oleh para pengunjug ya mas...apalgi dari orng tua yg membawa putra n putrinya.. :)

Wah asyik sekali hiheiheie. Ih jadi kepengen mampir ke sini Jika ada kesempatan, Sepertinya menarik dan asyik buat wisata bersama seluruh keluarga ya

@budi os 19: betul bnget mas, dijamin mreka gak mau pulang
@Asep Haryono: bener mas, cocok bnget buat keluarga, klo kesini enaknya bwa bekal sendiri, rame2 makan bareng klrga pasti asyik, smoga suatusaat bsa kunjung mas

terimakasih infonya mas, jadi tau tempat yang belum tau dan yang belum pernah saya kunjungi

ntar kalo kesana, saya dianter kemana-mana kan Mas? asyiiiik.

aku pengen ke air terjunnya

cukup duduk
merasakan suasana sejuk

harga tiketnya ternyata sangat terjangkau . dengan 5.500 rupiah kita bisa menikmati kebun raya purwodadi dan bisa menambah pengetahuan alam juga :-)

wah indah-indah masss, dulu seitar tahun 2000 ane pernah kesana sekarang tambah indah aja ni tempat, makasih gan sudah beragi

wah.. sering ke purwodadi tapi belom pernah mampir kesana siiiih...

.. widichhhhh,, ternyata di pasuruan ada ya taman sebagus tu?!? tau gitu kemaren^ aq ngikut dech ma temen^ pas kesana. huhh ..

wah kayanya sejuk dan enak banget tempatnya ya mas, jadi pengin kesana...

@herman1992: smoga brmanfaat
@zachflazz: siaap... :)
@MaYa KayLa: hayoo..
@anisayu: sambil mencari inspirasi mba :)
@BlogsOf Hariyanto: murah meriah dan bermanfaat, trims bang

@M. Alex Joenaedi: wah sudah cukup lama tuh, kapan kunjung lagi neh :)
@Brebes VS Lamongan: slamat malam juga mas n happy weekend
@Uswah: sali2 boleh coba mba :)
@♥Vpie◥♀◤MahaDhifa♥: ini cuma satu2nya terbesar dijatim lho..yo ksana lagi aja mba..:)
@Muroi El-Barezy: bener sobat..bisa buat refreshing..klo ada waktu mesti nyempetin kesana :)

ga pernah liat air terjun di jakarta...kapan2 pengen liat juga deh ke pasuruan sana :)

kalo di jakarta nggak ada air terjun, adanya air kubangan. tapi siapa tau loh ntar ada air terjun juga. dari angkasa. hehe

@budi os 19: klo jakarta lautpun meluap, palagi klo ada air terjun :)
@zachflazz: tdak hanya kubangan mas, klo bnajir gak surut2, wah air terjun dari angkasa bsa2 kelelp jakartanya :)
@Herman Bagus: kapan neh sob :)
@Valentino Febrian: hayo lah..:)

ga mencari
tapi inspirasi datang sendiri
karena alam yang indah bersemi

kalo liburan sekolah, pengen banget bisa keliling tempet wisata di indonesia, tapi karena duit gak memungkinkan ya ke tempet pariwisata lokal saja. kebun raya purwodadi bisa dijadikan jadwal di tahun depan lah

Hadir kang berkunjung di kebun raya ini :D

Kelihatannya menarik, bisa jadi alternatif liburan, makasih infonya.

kalau duduk memandang air terjun
inspirasi berpuisi dan berpantun
datang langsung beruntun

asik sembari melamun

:D

.. maz nya kesana lagi gak?!? aq ngikut. he..86x ..

@anisayu: menceriakan hati :)
@rusydi hikmawan: iya mas, meskipun dekat yang penting menceriakan hati, kantong malah gak bnyak trkuras, wah deket rupanya
@cahyo jm: monggo, sambil bersantai menghirup udara segaar :)

@Mohammad Isnaeni: bener sob, smoga bsa brknjung
@anisayu: walaupun hanya melihat gambarnya smoga jg menginspirasi, ane pngen deh bisa nyimak pantun dan puisinya :), ngarep..
@Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa: ditunggu digerbangnya aja :)
@Valentino Febrian: klo bingung pegangan mas :)

kayanya belum jalan jalan lagi nie.. tunggu cerita selanjutnya ah...

asiiik ... aku suka berwisata kesana kemari ,,, ^_^ yang di situ lom aku kunjungi ^_^

sejuk dan adem sekali tempatnya, cocok buat piknik keluarga

iya nih, sayangnya lokasinya jauh banget dari tempat saya di sini. kapan ya bisa kesana. ntar kalo pas dapet tugas ke sana deh, pasti mampir Insya Allah.

sangat indah tempatnya mas, thank udah share

Berkunjung lagi Mas.., Happy Blogging sore!

indah banget mas kebunya jadi tringat kampung mas. trmksih'y mas dah berbagi

ini nih tempat foto year book kelasku . :D

kapan-kapan saya akan coba berkunjung dikebun raya purwodadi.. silahkan berkunjung ditempat ana juga di Kebun Raya Eka Karya Bali

Aku ingin berkunjung bersama keluarga kelihatannya bagus banget deh

Terimsksih infonya.. apkah harga tiket masuknya masih sama?

Terimsksih infonya.. apkah harga tiket masuknya masih sama?

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top