WISATA KOTA SABANG, Nangroe Aceh Darussalam

Monument  Kilo Meter Nol Indonesia

Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam
Sabang merupakan sebuah kota yang terletak di ujung paling barat Jajaran kepulauan  Indonesia. Sabang terdiri dari beberapa pulau, dengan pulau Weh sebagai pulau terbesarnya dan pulau-pulau kecil berada disekitarnya. Kota yang memiliki luas 156,3 km² ini sangat terkenal, karena menjadi bagian dalam sebuah lagu Nasional Indonesia.

Akses menuju Kota Sabang

Dermaga Balohan menjadi pintu gerbang kota Sabang, terletak sekitar 11 km dari kota Sabang. Di Dermaga Balohan terdapat kapal fery dan speed boat yang biasa dimanfaatkan untuk menuju ke pelabuhan Ulhe Lhee, Banda Aceh. Kedua moda transportasi laut ini bisa menjadi pilihan, jika ingin cepat bisa menggunakan speed boat (sekitar 45 menit), sedang kapal fery waktu tempuhnya lebih lama (sekitar 1,5 jam).

Monument  Kilo Meter Nol Indonesia
Monumen kilo meter 0 Indonesia, terletak sekitar 26 km di ujung paling barat Pulau Weh, Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Monument berupa tugu setinggi 22,5 meter ini, diresmikan oleh Wakil Presiden H. Try Sutrisno pada tanggal 9 September 1997. Didalam nya terdapat penanda sebuah lempengan bulat terletak dilantai, sebagai penunjuk titik nol km Indonesia. Monument kilo meter nol Indonesia ini sebenarnya tidak persis berada daratan terluar Indonesia, karena diujung baratnya masih ada Pulau kecil Lhee Blah.
Dari atas monument ini kita bisa memandang Samudera Hindia yang sangat luas, dengan hamparan pantainya yang  alami.
Bagi anda yang berkesempatan berkunjung ketempat ini, akan mendapatkan souvenir berupa Sertifikat Nol Kilometer Indonesia, yang dapat digunakan sebagai kenang-kenangan dan bukti bahwa anda pernah berkunjung ditempat ini. Serta untuk meningkatkan Persatuan dan kesatuan Wawasan Nusantara.

Objek Wisata di Kota Sabang
Selain Monumen Nol Kilo Meter Indonesia sebagai destinasi utama wisata di Kota Sabang, ternyata masih banyak situs wisata alam yang sayang jika tidak dikunjungi. Hampir seluruh sisi Kota Sabang bisa menjadi tujuan wisata, karena sekeliling terdiri dari pantai dan deretan pulau kecil. Berikut beberapa lokasi wisata lain yang bisa anda kunjungi:

Pantai Kasih
Pantai Kasih sangat dekat dari pusat kota Sabang, hanya sekitar 2,5 km. Sehingga sangat mudah dijangkau, penduduk kota ini biasa memanfaatkan untuk bersantai disore hari. Dipantai ini kita bisa menikmati hamparan pasir putih yang bersih dengan airnya yang jernih. Disini juga bisa ditemui benteng-benteng peninggalan PD II.

Pantai Sumur Tiga
Pantai Sumur Tiga berada disebelah Pantai Kasih, sekitar 5 km dari pusat Kota sabang.  Pantai Sumur Tiga juga terdiri dari hamparan pasir putih dengan panoramanya yang menawan. Disini  fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai.  Fasilitas diving dan snorkling bisa kita nimati, terlebih sarana cafe dan cottage juga disediakan

Pantai Ujung Kareung
Pantai Ujung Kareung sekitar 2 km dari Pantai Sumur Tiga, atau sekitar 8 km pusat kota Sabang. Pantai ini menawarkan keindahan pantai yang begitu memikat, memancing juga bisa menjadi pilihan menarik diisni

Danau Anek Lout
Danau Anek Lout atau Danau Anak Laut dalam bahasa Indonesia, berada sekitar 4 km selatan Kota Sabang. Dinamakan Anek Lout atau Anak laut mungkin karena luasnya danau ini. Danau ini berada ditengah pulau Weh, memiliki panorama yang sangat indah terlebih disore hari dengan sunsetnya, danau ini juga menjadi mata air penduduk disekitar.

Pulau Klah
Pulau Klah berada di tengah teluk Sabang, bisa terlihat dari jalan pinggir pantai yang menuju ke Monument Nol Kilo meter. Pulau kecil ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Pantai Gapang
Pantai Gapang terletak sekitar 18 km dari pusat kota Sabang. Pantai ini menwarkan wisata bawah laut yang sangat menarik, sehingga ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati diving dan snorkling. Fasilitas pendukung juga cukup lengka, memanjakan pengunjung disini.

Pantai Iboih
Pantai Iboih terletak di Desa Iboih, sekitar 21 Km dari Kota Sabang. Pantainya berupa hamparan pantai pasir putih bersih dan airnya yang jernih. Aktifitas snorkling dan diving menjadi pilihan menarik, karena disini kita bisa menikmati aneka terumbu karang dengan keragaman hayatinya. Dengan dukungan fasilitas yang cukup lengkap, pantai ini menjadikannya ramai dengan wisatawan.

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah berada diseberang pantai Iboih, bisa dijangkau menggunakan perahu boat. Pulau ini dijadikan sebagai taman wisata laut yang sangat menawan. Dengan air pantainya yang jernih, menjadi sangat cocok untuk sorkling dan diving. Bergam jeni terumbu karang dan spesies ikan laut bisa ditemukan

Selain tempat wisata diatas, masih banyak lagi wisata lain yang bisa anda kunjungi di kota Sabang ini. Tidak cukup sehari untuk menjelajahi kawasan wisata di Kota Sabang. Ada baiknya menyiapkan waktu yang cukup luang, jika ingin berkunjung kesini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi destinasi wisata anda dan keluarga untuk mengisi liburan tahun ini.

Sumber:
-wikipedia
-Lokasi
-Gambar by Dans
22 Komentar untuk "WISATA KOTA SABANG, Nangroe Aceh Darussalam"

Ternyata banyak tujuan tempat wisata di kota sabang ya mas
Kapan ya bisa kesana :)

wooow,,,,,,keren,,,
kapan ya bisa ke sana?

makasih kak,,,di sni sudah mewakili wisata ke sana

pemandangannya bagus sekali mas emang y indo masih tersimpan alam2 yang begitu indah trmksih sob dah berbagi

wah tempat tempat yang sangat menarik nih mas, nais inpoh dan trimakasih atas postingannya

@Mas Nazar: :)
@budi os 19: besok mas kalo liburan :)
@MaYa Kayla: secepatnya aja, mumpung mau liburan :)
@Brebes VS Lamongan: betul bnget, itu baru satu pulau aja, masih bnyak yg lain, Indonesia mmang luar biasa
@Muroi El-Barezy: trima kasih sob

11 12 lah dgn kota baubau xixixixi

saya kemaren2 hampir ada penugasan ke sabang, tapi nggak jadi. ya kapan2 aja Insya Allah kesananya kalo ada kesempatan lagi

pantai kasihnya sangat indah pasrinya putih banget cuman bisa bilang wowww,,
oh ya om tukaran link yuk

wah sekalipun udah terkena sunami kota-kotanya tetep indah mas

.. maz,, ajak^ donk kalo paz jjl gitu. aq kan jd pengen liat yg km 0 nya Indonesia. he..86x ..

@Valentino Febrian: hayoo :)
@ahmad rizal samsi: mesti ke baubau neh untuk membuktikan :)
@zachflazz: semoga, aamiin
@adat tifa: wooow, boleh tukeran link

@Valentino Febrian, hayoo sob
@M. Alex Joenaedi: masih indah dan menarik untuk dikunjungi sob
@Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa: iya dehh ;) siip

wwoooww ... teman saya juga mau berencana mengunjungi Titik Nol indonesia di acaeh -sabang ....

Hmmm keren ya sabang...Luar Biasa sekali Indonesia ini...

Sertifikat nya bisa di buat ngelamar kerja gan ?

padahal monumen itu salah tempat ya..?
ada pulau yang lebih barat dari pulau we

@emmethe: kunjungan pasti asyik
@juniyarsa Ardilla: betul bnget mas, jauh lebih luarbiasa dibanding luar negeri sebenarnya

@febriansyah haq: kayaknya gan, bukti sudah pngalaman :)
@Rawins: betul benget sob, masih ada yg terluar, cuma katanya tdk berpenghuni, jadi ditaruhnya masih di sabang

setelah membaca dan melihat gambarnya, terasa menarik dan pantas untuk dikunjungi :)

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top