FILOSOFI PUASA; SIMBOLIK JARI TENGAH DAN ARJUNA

PUASA DAN JARI TENGAH

Tangan kita terdiri dari lima jari, demikian juga rukun Islam juga memiliki lima rukun. Dari setiap jari kita bisa menjadi simbol dari kelima Rukun Islam. Khusus untuk puasa, dalam Rukun Islam dilambangkan dengan jari tengah. Untuk jari lain bisa dilihat disini.


Jari Tengah, disebut jari tengah karena letaknya berada ditengah, jika disejajarkan dengan jari lain posisinya paling tinggi. Terlihat jari tengah menjadi penyeimbang bagi jari-jari lainnya. Seperti halnya puasa, dengan puasa setiap orang Islam bisa meraih derajat kerohanian yang tinggi. Puasa juga menjadikan orang yang menjalankannya bisa mengendalikan hawa nafsu dan menyeimbangkan emosinya. Sehingga terhindar dari segala pengaruh keburukan dan godaan maksiat. Saat berpuasa, jangankan yang haram atau yang dilarang, barang-barang atau hal-hal yang halalpun kita tinggalkan. Sebuah pelajaran hikmah yang begitu luhur, mentarbiyati kehidupan jasmani dan rohani kita untuk menjadi lebih baik.

PUASA DAN ARJUNA

Arjuna, digambarkan sebagai tokoh yang sangat tampan, lemah lembut, pemberani, pemanah ulung, pembela kebenaran, senang tirakat dan idola kaum wanita. Arjuna merupakan rangkaian dari kata Ar, ju dan na. Ar kependekan dari kata Arsa, artinya akan atau mengharapkan, Ju kependekan dari kata maju, dan Na kependekan dari kata rahina, artinya terang karena penerangan dari langit atau agama. Jadi, ARJUNA bermakna mengharapkan kemajuan atau kesuksesan ruhani (agama). Tokoh ini mempresentasikan kepada ”Shiyam” atau Puasa, sebagai rukun Islam ketiga. Maksudnya adalah amalan Puasa dapat membuat pelakunya berhati suci yang menyebabkan Tuhan berkenan mengaruniakan petunjuk, sehingga hati menjadi terang-benderang.  Oleh karena itu sejarah membuktikan bahwa sebelum para nabi menerima petunjuk (wahyu), biasanya mereka melakukan puasa lebih dahulu (atau bertapa).

Arjuna sebagai tokoh yang tampan menggambarkan bahwa, Ibadah Puasa dibulan Ramadhan memiliki pesona pahala luar biasa, yang menarik hati kaum Muslim untuk menjalankannya. Sedangkan keahliannya dalam bertempur dan memanah, merefleksikan Ibadah Puasa sebagai senjata untuk melawan hawa nafsu. Sifat lemah lembut Arjuna merupakan manifestasi kasih sayang orang yang berpuasa kepada sesamanya. Saat berpuasa kita merasakan sebuah pengalaman riil menjadi orang yang terbatas dengan makanan. Hal ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa empati serta jiwa sosial kita dan mewujudkannya dalam bentuk sedekah.

Arjuna juga disebut sebagai Ksatria Penengah selaras dengan simbol jari tengah diatas, Untuk Rukun Islam lainnya bisa dilihat disini

Selamat berpuasa dan menjadi Arjuna

Kompilasi dari
Tag : Ibadah
46 Komentar untuk "FILOSOFI PUASA; SIMBOLIK JARI TENGAH DAN ARJUNA"

inikah filsafat ajaran Islam yang dalam yang diajarkan Sunan Kalijaga ta Mas?

pengen ketemu sosok arjun hehe

@zachflazz: sepengetahuan saya sperti itu mas, dan kalo dijawa biasanya pake ilmu gatuk tur matuk, hehe
@Mas Nazar: pede :)
@vina devina: representasi penulis, hihi :)

@Mas zach, postingannya gak bisa di koment ya..?

Wah klop banget perumpamaannya mas, trimakasih pencerahannya...

pasti akan sangat berat ni mas untuk jadi seperti Arjuna :)
tapi ya gak boleh menyerah begitu saja, yang terpenting harus berusaha untuk menjadi yang lebih baik :)

wah saya baru tahu kalo dunia pewayangan bisa juga dijadikan dasar untuk menjelaskan tentang ke Islaman...luarbiasa :-)

sosok Arjunanya yang sebagai pemikat hati.

@Muroi El-Barezy: sama-saman slamat puasa
@HeQris: betul mas, tetap semangat, mumpung ramadhan

@BlogsOf Hariyanto: terimakasih bang, oya selamat berpuasa
@khusna khairunnisa: selalu merasa jadi arjuna :)

filosofi yang hebat sekali. Aku penyuka wayang, apalagi tokoh arjuna menjadi idolaku.

Penggambaran yang bagus mas...aku pun suka nonton wayang, cuma kalo pakek bahasa Jawa asli pewayangan,udah agak susah memahaminya, padahal aku wong Jowo asli..

@Djangkaru Bumi: iya bang, ane paling suka wayang yg sudah di modifikasi jalan ceritanya oleh Sunan kalijaga
@Anton: iyo mas bosone biasane keraton, padahal ceritanya menarik, suwun mas

wow. pengambaran jatidiri dari tokoh kesatria terbaik di dunianya dengan tujuan puasa dengan sangat baik dan enak dibaca mas.. terimakasih sharenya

dijawa itu penuh falsafah dan makna, Nasehat yang tidak menggurui.

makasih mas dah berbagi ilmunya, kukira jari tengahnya ala wong londo hehe

saya nyimaka aja mas filsafatnya, masih tetep lancarkan mas puasanya?

sy suka bacanya. suka tema blog yg sederhana gini. sembilan wali yg menyebarkan islam tempo dulu emang tahu strategi gimana cara membuat islam berkembang di tanah jawa dg tradisi berpikir orang2 saat itu. sy baru tahu di sini.

@Wisata Murah: sama2 mas...slamat berpuasa
@Raja Blangkon: Betul mas, saya paling suka dg filosofi jawa
@waroeng coffe: nek sing seko londo saru mas, hehe, q jg suka kopi

@agus bg: monggo mas, alhamdulillah lancar, smoga dmikian jg puasa mas agus
@Rusydi Hikmawan: pendekatan mereka penuh hikmah, patut jadi teladan, trimakasih sobat

wahhh seperti itu yah ,,, moga aja saya jadi tambah kaya arjuna di bulan puasa ini .. aamiin xixixi :D

@Mega Onetto: trimakasih sobat
@emmethe: aamiin, tinggal diamalin :)

loh ternyata arjuna ada kepanjangannya to. Selamat berpuasa kawan :-)

Puasa juga berbeda dari ibadah lainnya. Karena hanya Allah dan orang itu saja yang tahu bahwa ia berpuasa atau tidak.

Wah, ternyata jari tengah itu filsafatnya sangat baik.. selama ini saya salah mengartikan berarti
Nice Share gan

selamat puasa semoga dibulan penuh berkah ini bisa menjalankan ibadah dengan baik

asik2 klo puasa jadi arjuna jadi tambah ganteng, hehehehhe

salam kenal mas.

info yang bermanfaat sob
jadi tambah pengetahuan

wah menarik
selamat menjalankan ibadah puasa

@HP Yitno: ilmu gatuknya jawa sob, hehe, slmt puasa juga
@Jos Bloko: Nilai kejujuran ya sob, siip
@yanuar catur: itu jari tengan yg dari western yg gak baik sob, trims

@Lidya - Mama Cal-Vin: aamiin sukron, smoga sllu beberkah puasanya
@Megi Tristisan: nanti awal bulan syawa bisa di cek, hehe..salam kenal juga sob

@SAZLINA COMP: trimakasih sobat
@Obat Sakit: trima kasih mas, smoga puasanya beberkah, aamiin

Wuih baru tau nih filosopinya gitu kalo di Jawa. Jadi tersanjung gw mirip Arjuna, haha... Thanks pengetahuannya.

met berbuka mas bos. wah cerita yang bagus mas

wah saya mirip sama arjuna mas... ltampan lemah lembut dan sopan.. hehehehe

tapi jari tengah di jaman sekarang sudah berarti lain mas.. mas tau sendiri dech.. g enk saya jelasinya hehehehe

@Feby Oktarista Andriawan: jadi penasaran yg mirip arjuna :), trims sob
@walidin_wall: trimakasi h sob

@Brebes VS Lamongan: iya neh mas, buka yg kedua :), suwun yo..
@Mas Nady: pasti cwe' pada pnasaran :), nah makanya jari tengahnya dipake buat yg lain aja..hehe

Saya senang dengan berbagai falsafah karena orang tua dulu selalu mengajarkan kebaikan, keburukan haram, dan halal selalu dengan falsafah.

.. wachhhhhhhh,, baru tau aq bang ttg jari tengah. he..86x. upzZz,, Arjuna untuk cowok,, lalu cewek apa ya?!? he..86x. met menjalankan ibadah puasa bang,, ..

@walidin_wall: sama mas, cara pendekatan nalar yang mudah diterima
@Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa: itu jari tengah jangan disalah gunakan :), buat yg cewek arjuniwati heheh
met puasa juga, smoga sllu beberkah, aamiin

Ya betul bos, Pendekatan nalar yang mudah diterima.
@Vpie: mungkin yang pernah saya baca: tribhuana tungga dewi.

Hadir kembali demi filosofi arjuna.

@walidin_wall: nah itu, tribhuana tungga dewi, siip
@Djangkaru Bumi: monggo mas :)

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top