Air Terjun Sedudo, Nganjuk, Jawa Timur

Air Terjun Sedudo, Nganjuk, Jawa Timur berada di selatan kota Nganjuk, tepatnya di desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 105 meter dan berada pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini,
menawarkan keindahan alam yang eksotic. Air terjun yang jatuh dari ketinggian begitu memikat, airnya yang jernih mengalir dari bawah lereng gunung Wilis. Meyakinkan setiap pengunjung untuk menikmati kesegarannya dibawah guyuran air terjun.

Air terjun sedudo tidak hanya menawarkan keindahan wisata alam, diwaktu-waktu tertentu bisa dijumpai upacara ritual. Air terjun Sedudo memang tidak hanya dianggap sebagai tempat wisata, tetapi sudah menjadi kepercayaan yang melegenda sejak dahulu bahwa air Terjun Sedudo mempunyai kekuatan supranatural. Tempat ini biasa diadakan acara ritual, seperti yang rutin digelar setiap tahun pada tanggal 1 Suro (penanggalan Jawa), diadakan acara ritual Mandi Sedudo yang dihadiri ribuan pengunjung yang datang dari berbagai pelosok negeri. Konon menurut mitos Air Terjun  Sedudo dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun  tersebut.

Upacara ritual di bawah air Terjun Sedudo bahkan bisa kita jumpai pada hari biasa, hal ini nampak pada saat berkunjung ketempat ini ternyata bertepatan dengan diadakannya upacara ritual dari rombongan jamaah yang datang dari luar Jawa Timur. Rombongan Jamaah ini melakukan ritual tepat dibawah air terjun sambil berendam melemparkan uang koin. Sempat merekam dan sedikit mewawancarai salah seorang jamaah, sebut saja bernama Ridwan, beliau menyampaikan bahwa ritual ini adalah lelaku yang memiliki filosofi “memberi dengan tidak mengharap kembali”. Masih menurut beliau, ritual ini hanya dilakukan 15 tahun sekali. Yang datang melakukan ritual ditempat ini memang tidak terbatas pada satu keyakinan agama saja, tetapi dari beragam keyakinan dan kepercayaan. Semua berpulang kepada masing-masing individu akan keyakinan dan kepercayaannya mengenai tempat ini.

Bagi setiap pengunjung yang datang ke Air Terjun Sedudo selain mandi, biasanya tidak akan ketinggalan untuk membawa pulang air yang langsung diambil dari guyuran air terjun. Karenanya di warung sekitar air terjun banyak dijual jerigen yang bisa digunakan untuk mengambil air.

Terlepas dari semua mitos yang sudah melegenda diatas, air terjun sedudo memang sangat menarik dan layak untuk tujuan wisata anda. Selain situs wisatanya yang menawan, akses jalan menuju tempat ini sangat memadai. Jalan sudah beraspal mulus, mungkin yang sedikit menjadi tantangan adalah medan jalan yang naik turun dan berkelok, tetapi masih bisa di jangkau dengan moda transportasi baik roda empat dan roda dua. Untuk roda empat disarankan jangan menggunakan bus besar, karena jalan yang menanjak dan tidak terlalu lebar.


Air Terjun Sedudo berada sekitar 31 km selatan Kota Nganjuk, Kota Nganjuk sendiri bisa diakses dari arah Surabaya kearah barat sekitar 116 km. Harga tiket masuk Air terjun Sedudo terbilang sangat murah, hanya Rp. 3.000/orang. Lokasi parkir kendaraan tidak jauh dari Air terjun, hanya sekitar 300 meter dengan menuruni anak tangga. Disediakan juga area camping bagi pecinta alam. Kuliner yang khas ditempat ini biasanya aneka ragam gorengan dan jagung bakar. Kunjungan sebelumnya bisa dijumpai penjual nasi jagung dengan lauk sayur ditambah ikan asin, menggugah selera dan sangat nikmat disantap dengan diselimuti segar dan dinginnya hawa lereng gunung Wilis, sayang tidak nampak lagi, entah apa sedang libur jualan.
  Air Terjun Sedudo Nganjuk, Jawa Timur, tujuan wisata keluarga anda.
29 Komentar untuk "Air Terjun Sedudo, Nganjuk, Jawa Timur"

sepertinya keren sob.. ane belum pernah ke situ.

subhanallah.. air terjunnya aku suka..
sukses selal buat mas..

Support untuk tempat wisata di Jawa Timur. Semoga bisa mendukung perekonomian Rakyat Jawa Timur, juga Indonesia

@Cartenz Pyramid: manteb sob..buruaan :)
@Lukman Hakim: thanks mas, sukses juga buat sobat
@Sundul: smoga smakin maju potensi wisata jatim
@all thanks

Jalan lumayan bisa dilalui denga mudah asyik deh,Maju pariwisata Jawa Timur. Ada satu yang belum kutanyakan, yang ngambilin uang koin yang di lempar disana siapa ya?

@Bagus Sugiarto: monggo mas..
@Andik Rasida: pnginnya ikut ngambilin sob :), yang pada mandi kyaknya sob... :)

pasti seru ya sob klo main kesana :)

jaman sekarang masih aja ada yang percaya hal hal begituan ya? kurang iman atau kurang maju teknologinya? heheh. tapi emang menarik nie air terjunnya, murah lagi ya, cuma 3 ribu...

Alam yang sangat indah namun masih banyak banget sob mistery2 yang ada :D dan belum terpecahkan :D

air terjun yang menakjubkan dan penuh mitos :)

waduh manteb mas bro, jadi pingin banget kesana..

bawa pacal asik tuh kang
ahihihi

wowww gambar yg kee2 ngambil angle nya keren kang!!!

Belajar Photoshop

@Cirebon-Cyber4rt: mesti diagendakan sob :)
@Drieant: mmang sdah jadi kpercayaan sob..yg pnting bsa mnikmati wstanya sob, bener murah bnget
@Fahmi Setiawan: betul sob, jadi rhsia alam :D
@BlogS of Hariyanto: betul bang, itu smakin mnjadi daya tarik :)
@BUDI PRASETYO: buruan kesana gan :)
@rupi-adam: wah gak punya sob, adanya istri :)

pemandangannya indah, sama pacar asyk ntu :)

Asatga bangg...cantik banget..moga aku bisa kesana nanti bareng keluarga..amiennn.

. . aq belum pernah kesana. ajakin donk. he..86x . .

cantik benar pemandangannya pals, pasti pada saat ritual tersebut dilaksanakan pengunjung ke air terjun ini pasti rame sekali ya pals

senang sekali rasanya kalau bisa jalan^ di Air terjun sedudo, kota nganjuk...
ocae sob.......kapan^ saya akan ke sana...
terima kasih.....

@Bisnisworld: cocok sob, bsa brduaan :)
@insanicita.blogspot.com: pasti sob
@Icahbanjarmasin: aamiin, insya Allah bang
@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: ntar, pas weekend aja :) he..86x . .
@yadi baroos: yg pasti mnarik dan rame sob
@Penyuluh Perikanan: smga lkas ksana shbt, pasti mnarik
@all thanks

Pengen ke sana jadinya nih..tapi kapa ya.. :)
Salam kenal ya mas :)

@budi os 19: secepatnya aja sob :), slam knal jg..
@Lukman Hakim: suwun mas..

. . horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee,, beneran loh ya?!? he..86x . .

Air terjun Sedudo Ngajuk, kelihatan ramai pengunjungnya mas...., selain ritual asyik untuk berwisata

Nyata...... masa kecil saya tinggal disitu dan sedudo tempat main saya dulu,terbukti saya awet muda heheh..biar umur dah tua tapi setiaap orng tdk mengira kl gw umur dah banyak. jadi kangen masa kecilku.

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top