Pantai Balekambang, Malang, Jawa Timur

Pantai Balekambang terletak di desa Srigonco, kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sekitar 60 kilometer selatan kota Malang.
Pantai Balekambang menawarkan keindahan panorama pantai yang memikat, deburan ombak susul menyusul berlarian menuju hamparan pasir putih di bibir pantai. Semilir angin terasa kuat menerpa, mengabaikan sengatan panas matahari yang terik.



Pantai ini semakin menarik dengan keberadaan tiga pulau kecil, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni yang terletak berjejer tidak jauh dari tepi pantai. Pulau Ismoyo terlihat lebih menonjol dibanding yang lain, pulau ini bahkan sering diserupakan dengan sebuah pulau di Bali yang begitu tersohor yaitu Tanah Lot. Di pulau Ismoyo berdiri sebuah Pura, yang masih digunakan untuk beribadah umat Hindu. Melihat penampakkannya memang sangat mirip dengan pulau di Tanah Lot, Bali, baik dari bentuk maupun keberadaannya, bisa anda bandingkan sendiri. 
Yang beda adalah akses jalan menuju pulau Ismoyo, disediakan sarana jembatan penghubung dari bukit karang di tepi pantai sepanjang sekitar 200m. Dengan sarana jembatan ini memudahkan pengunjung yang berminat melihat dari dekat keberadaan Pura di pulau Ismoyo.

Akses jalan menuju pantai Balekambang pada umumnya sudah memadai, sepanjang jalur sudah dilapisi aspal, hanya saja beberapa kilometer menjelang lokasi ada bagian aspal yang mulai sedikit mengelupas, meninggalkan beberapa titik lobang, bagi pengendara motor supaya lebih waspada. Jalur dari kota malang yang harus dilewati yaitu Gadang-Bululawang-Gondang Legi-Bantur-Srigonco-Pantai Balekambang. Jika menggunakan angkutan umum dari terminal Arjosari atau stasiun Kota Malang bisa menggunakan angkot jurusan Gadang. Dari Terminal Gadang ada angkutan menuju Bantur. Dari Bantur menuju lokasi biasanya menggunakan jasa ojek, disarankan lebih baik sewa kendaraan dari kota Malang, terutama jika rombongan.

Fasilitas yang bisa dinikmati diantaranya lahan parkir cukup luas, warung makan, kios cideramata, toilet serta kamar mandi, mushola, tempat informasi, taman bermain anak, camping ground dan pendopo. Kuliner khas yang banyak ditemui adalah pentol bakso kecil semacam cilok, minumannya es kelapa muda.

Untuk harga tiket masuk cukup unik, sebenarnya lumayan murah, yang tertera di karcis hanya Rp. 5.000/orang, tetapi jangan kaget karena kita  akan membayar dua kali lipat dengan dua lembar tiket. Aneh bukan? Memang seperti itu yang didapatkan, melihat tiket yang diterima ternyata kita harus membayar kepada dua pengelola yaitu kepada Pemda kabupaten Malang dan Perum perhutani. Begitu juga dengan tiket kendaraan juga akan dikenai dua kali tarif, pertama di pintu masuk dan kedua di tempat parkir. Rasanya jadi banyak pungutan yah, tapi gak apa-apalah.. mungkin seperti itu mekanisme yang diterapkan pengelola. Jika dikalkulasi memang tidak terlalu mahal, dibanding dengan panorama pantai yang begitu memikat. Hanya jika HTMnya lebih bersahabat, dengan fasilitas pendukung yang semakin baik, pasti akan lebih diminati wisatawan dikemudian hari.


Pantai Balekambang yang memiliki garis pantai cukup panjang, dengan pasir putih dan airnya yang jernih, serta keberadaan Puranya, akan menjadi daya pikat wisatawan untuk selalu kembali berkunjung ketempat ini. Pantai Balekambang menjadi tujuan wisata di Jawa Timur.
42 Komentar untuk "Pantai Balekambang, Malang, Jawa Timur"

catat...untuk menjadi target wisata...thanks pals

wah ternyata ada hal indah ya di malang, persis bali ya. ehm, harga tiketnya dua. hehehe. ada ada aja, tapi masih murah lah itungannya.

sungguh menarik nie bang, ane ga tau ada ini nie, coba kalau tau, ehm. mungkin dulu mampir ya.. sayang, telat, lain waktu dah. tenkyu nie ulasanya.

. . berarti harga masuk nya 10rb y?!? emmmmmmmmmmmmmm,, . .

semua bangunan peninggalan sejarah di nusantara rata2 berundak seperti itu kang iia.. knp penggalian di gunung padang gag dilanjutin kang iia?!? padahal kan sapa tau ajja.. akan terkuak semakin banyak lagi peninggalan2 sejarah purba atawa tua di endonesa yg keren nii :p

Indonesian Strong from Home

subhanallah..benar-benar menakjubkan..dan memang benar kawan ..mirip-mirip suasana pantai di tanah lot :)

@yadi baroos: monggo bang :)
@Drieant: mmang msih bnyak ptensi wsta mnarik yg blum ppler, lain kali smga bsa knjung kesini sob, psti mnarik :)
@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: betul.. seratus!!!
@PS Holic: itulah ptensi yg msti digali, bnyak hal mnarik yg bsa didpt
@BlogS of Hariyanto: lmyan bang, gak prlu jauh2 dri rumah, sdah srasa di Bali :)

tempat-tempatnya indah sekali sobat..
i like it..
kapan aku kepantai lagi..
udah lama gak ke pantai..
mudah2an tahun ini aku bisa refreshing ke pantai. apalagi ke pantai ini.. asyiikk.. :)

pantainya indah banget mas..

salam kenal blognya sudah saya follow#292 jika berkenan boleh minta follbeknya,, masih newbie butuh dukungan terimakasih..

Aku kalo denger pantai bawaannya pengen mau kesana aza bang..indah banget ya bang pemandangannya.

@Lukman Hakim: smgo thun ini bsa brsantai dipantai mas, syukur bsa ke Balekambang :)
@Cah warungkopindeso™: ok sob, lngsu keblog sobat n flbek, smga sukses sob, thanks
@Icahbanjarmasin: sama neh bang, pngennya jdi anak pantai yg sllu santai :)

Pernah denger namanya, namun belum pernah berkunjung ke sana, mudah-mudahan kedepannya bisa diagendakan. Ngomong-ngomong ramai pengunjungnya sekitar bulan apa ya?

@Andik Rasida: kalo pas ritual, sprti Hari Raya Nyepi ada upacara keagamaan Melasti yg hadir bisa ribuan. Kalo wisatawan umum pas liburan atau hari raya

klo ada kesempatan, ane bakalan ke sana gan. coba klo ente ga nulis tulisan ini, ya ane juga ga tau ada di malang ini. tenkyu nie gan.

nih cocok nih buat nanti kalo saya hanimun sama anisa chibi :D

Semakin menggodaku untuk main ke Malang lagi. Semoga besuk2 ada kesempatan dan waktu yang lebih longgar sehingga bisa menikmati keindahan Kota Malang lebih banyak lagi

aamiin mas..
doanya dari mas semoga bisa ke Balekembang yah. :)

selamat menyambut bulan suci Ramadhan..mohon maaf lahir batin :)

sangat menarik nih mas bro, wah kapa ya bisa mampir ya..

@Drieant: smga bsa lekas ksna gan, brsantai diapantai :)
@oomguru: mantep neh gan, nnti mnta tndatngannya anisa chibi ya :D
@Sundul: smga saja sob
@Lukman Hakim: insya Allah
@Bang Gopar: thanks bang
@BlogS of Hariyanto: mohon maaf lahir batin, smga kbrkatan ramadhan sllu trcurah untuk kita semua, aamiin
@BUDI PRASETYO: smoga bsa ksana sob

indah sekali pantainya sob...
I like it...

balekambang adalah pantai pertama yang saya kunjungi selama hidup saya. [seingat saya, kalau ga balekambang ya sendang biru.. hehehe]

aku hadir lagi untuk silaturrahmi sahabatku.. :)

heheh, ok bang. btw ud maaf maafan belum ya maupuasa, maafin ya bang klo ada salah salah kata atau ucap.

@Lukman Hakim: mmang luar biasa sob
@Cartenz Pyramid: pantai yg brkesan ya..malang banyak bnget pantainya sob
@Lukman Hakim: ketemu lagi :)
@Drieant: saling mmaafkan smg bnyak brkahnya :)
@Febriansyah Haq (Just Copy and Leave It!!!): HTM murah dan pmandangan mnawan sob :)

masih nunggu postingan yang akan datang.

BIsa dijadikan tempat tujuan wisata keluarga. Beautiful..........

keren sekali ya mas, mirip seperti di bali... yang tampak indah banget adanya ke tiga pulau itu...

Nuansanya kaya di Bali...amazing Banget...

@BUDI PRASETYO: wah iya neh lama gak post
@Bagus Sugiarto: cocok skli mas
@BUDI PRASETYO: ketemu lagi :)
@agus bg: betul sob, gak perlu jauh2
@Nur Prasetiyo (Zutonx Blog): mmang amazing sob :)
@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: iso mba'e ;)

Berwisata ke Pantai Balaikambang ini tentu mengasyikkan apalagi ma keluarga saat lebaran seperti ini

sungguh indah sekali wisata indonesia.

Wah, tenyata di jawa timur banyak pantai yang indah" ya.,
kalau boleh tau, kalau dari
surabaya berapa jam perjalanan ya.,

Pantai Yang indah di jawa timur...aku suka..

@Harun Ar: betul pak :), asyiiik
@mariyanto widodo: tidak kalah dg luar negri sob
@odhzar jhadeya: iya bnyak bnget sob, dari sby skitar 160 km, klo lamanya relatif, standar sktar 3-4 jam klo lancar gak bnyak macet
@Photograph: mmang indah sob...
@all thanks

itu turun di stasiun kota lama atau baru ya bang :)

@Iannd kaumkucel: bisa di st. kota baru, dari situ bnyak angkot yg ketrmnl gadang trus sambung angktan kelokasi, ato sewa carteran jg bnyak, tinggal pilih

This comment has been removed by the author. - Hapus

Menarik. Pantai Balekambang memang tempat wisata yang indah dan pantas untuk dikunjungi. Salam kenal dari Sewa Mobil Malang, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 082141 555 123

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top