Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur

Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, merupakan monumen bersejarah kebanggaan warga Kota Surabaya. Tugu Pahlawan menjadi bukti sejarah perjuangan heroik arek-arek Surabaya melawan sekutu dan Belanda yang hendak menjajah kembali pada 10 November 1945. Semangat perjuangan mereka nampak jelas tercermin pada wujud monumen Tugu Pahlawan.



Tugu Pahlawan terletak di pusat kota Surabaya, menjadikannya sangat mudah untuk diakses, berada di samping Kantor Gubernur Jawa Timur dan hanya setengah kilometer dari Stasiun Semut Kota Surabaya. Angkutan umum baik dari terminal atau stasiun banyak yang melalui jalur ini.


Tugu Pahlawan berada ditengah-tengah tanah lapang yang cukup luas, dilengkapi beragam fasilitas pendukung yang bisa dinikmati pengunjung. Tugu berbentuk lingga ini memiliki ketinggian sekitar 41 meter. Pada bagian dibawah tugu Pahlawan terdapat museum untuk mengenang perjuangan para pahlawan, yang berisi ruang auditorium, patung, aneka senjata perang, koleksi peninggalan Bung Tomo dan beragam benda yang berkaitan dengan tema perjuangan.

Ditembok bagian luar atau depan Tugu Pahlawan terdapat relief yang menggambarkan betapa gigihnya perjuangan para pahlawan dalam mempertahan kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Tugu Pahlawan sebagai monumen perjuangan pahlawan kemerdekaan, menjadi ikon wisata sejarah Kota Surabaya. Daya tariknya tidak pernah terlewatkan dari wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Selain menjadi ikon wisata sejarah, Tugu pahlawan juga menjadi jujugan warga surabaya untuk menikmati liburan setiap hari Minggu dengan olah raga.




Terutama pada hari Minggu pagi di seputaran lokasi Tugu pahlawan selalu ramai dengan pasar dadakan. Beragam barang dagangan mulai dari yang baru sampai bekas dijajakan disini. Tinggal pandai-pandai memilih dan menawar, anda bisa mendapatkan barang istimewa dengan harga terjangkau. Kuliner khas juga banyak dijajakan, mulai dari sate ayam kelapa, soto Madura, aneka pentol dan masih banyak lagi yang bisa memanjakan lidah anda.


Berkunjung ke Tugu Pahlawan pada hari minggu akan menjadi pilihan menarik bagi anda yang datang ke kota Surabaya. Selain dapat menikmati wisata sejarah, juga bisa merasakan suasana keramaian wisata belanjanya.
21 Komentar untuk "Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur"

Kayanya cocok nih jadi alternatif liburn sklah

wah jadi ngingetin sepenggalmalam ku di sana, yang telah lama tak pernah kubongkar menjadi tumpukan sejarah sob.

@Muhammad Wildan: betul sob, murah meriah nambah pngetahuan sjarah :)
@BUDI PRASETYO: wah knangan ditempat bersejarah yg jadi sjarah trpendam :), pasti sngat brkesan...

melihat foto-fotonya..berharap saja suatu waktu bisa jalan-jalan ke tugu pahlawan di surabaya :)

wah Kenangan dulu pas hari minggu di sana, ya lumayan sih, cuman yang berkunjung kesana banyak juga yang tidak tahu sejarahnya?

tapi tugu pahlawan tidak seberapa menonjol dibandingkan monas,

Kalau ada kesempatan lagi ke Surabaya... pengen menikmati lagi keindahan tugu Pahlawan ...Dulu kalau hari libur di depan Kota Madya ramail banget orang merolahraga. Sekarang masih ada gak ya??

@BlogS of Hariyanto:smoga bisa brknjung ksanan bang
@Andik Rasida: knjungan yg brkesan rupanya sob, betul sob, smga yg brknjung tdak hnya brwsata ttpi mau tau dg sjarahnya
@atdayyan: betul sob, monaskan ada di ibukota jadi lebih dikenal, palagi monas sendiri mrpkan monumen nasional jadi sngat mnonjol dan klo lihat ketinggiannya jelas monas lebih "menonjol" :)
@Sundul:smoga bisa brkunjung lagi sob, klo depan balaikota sprtinya gak seramai dulu sob
@all thanks

kayanya seru nih disini untuk refreshing..
I like it..

Ingat dulu waktu pertama ke Surabaya, mutter-muter bingung mau masuk ke Pasar Turi......

khusus untuk tugunya seniri, mengingatkan saya akan tugu2 pagan :( heheh.. gak bermaksud sih.. mirip aja :) keren mas sukses terus!!!

Indonesian Strong from Home

@Lukman Hakim: pastinya sob :)
@Bagus Sugiarto: wah pasti cari grosiran ya mas :)
@PS Holic: wah bgtu ya sob..pa mmang mrip :), thanks sob, smga sukses jg
@all thanks

. . wachhhhhhhhhhhhhh,, aq serink lewat. kalo berhenti gak pernah. he..86x . .

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: tuh klo dilampu merah prmptan brhenti :), pantesan sering liat ..

aha bila melihat tugu pahlawan ini jadi teringat dulu semasa kuliah di ITS sob ,,, terimakasih ,,,


wilujeng ngeblog

mampir gan
by agungsoftware.co.cc

@sakahayang.com: wah lama brarti jdi arek suroboyo :)
@AGUNGSOFTWARE: monggo gan

Blogsite bagus bgt Mas, salut. Berkarakter dan atraktif bgt..!

Sekalian mau laporin Follow ke : 300 Succes.., Follback ya Mas...! Thanks

@khabaranunik, thanks sob, ok folw u'r blog..

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top