Merajut Simpul Damai Lintas Iman di Bulan Ramadhan


komunitas jamaah ahmadiyah dan gusdurian malang
Keberkatan Tuhan di bulan Ramadhan sejatinya bukan monopoli umat Islam saja, setidaknya itu yang dirasakan beberapa komunitas  keagamaan dan keyakinan yang ada di kota Malang. Damai sebagai berkah dari Tuhan, telah disemaikan  oleh komunitas Gusdurian Kota Malang dengan mengadakan kegiatan SAFARI DAMAI RAMADHAN.


Mengutip dari web Gusdurian Malang, SAFARI DAMAI RAMADHAN adalah kunjungan ke komunitas-komunitas atau tokoh lintas keagamaan di Malang Raya. Kegiatan ini merupakan sarana untuk mempererat persaudaraan, dan sebagai wahana belajar memahami puasa perspektif agama-agama, kedamaian, keberagaman, toleransi dan persatuan dalam momentum Puasa Ramadhan di bumi Nusantara Kita, Indonesia.

dialog ahmadiyah dan gusdurian malang
Gayeng; diskusi Ramadhan menjelang berbuka puasa

Safari Damai Ramadhan telah dilaksanakan sejak tanggal 13 Juni 2016 ke komunitas lintas agama dan keyakinan seperti Syiah, Katolik, Pondok Pesantren Sabilurrosyad, GKI Tumapel, Klenteng Eng An Kiong (Konghucu), Vihara Dhammadipa Arama (Budha), Baha’i, Kejawen Boworoso dan terakhir ke Jamaah Ahmadiyah.

Misi yang mereka bawa selama Safari Damai Ramadhan, senantiasa menebarkan nilai-nilai yang diwariskan oleh Gus Dur, yaitu ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, persaudraan, kesederhanaan, keksatriaan serta kearifan lokal. Dimana nilai-nilai tersebut bisa dinikmati tanpa mengkotakkan perbedaan agama dan keyakinan.

lokasi ahmadiyah malang
Gusdurian Malang bersama komunitas Jamaah Ahmadiyah

Seperti yang saya rasakan saat mengikuti Safari Damai Ramadhan Gusdurian Malang di komunitas Jamaah Ahmadiyah, nuansa damai dalam keberagamaan begitu adem. Se adem es buah yang disuguhkan tuan rumah sebagai ta’jil berbuka puasa. Beragam buah berbeda dan berwarna, bercumbu damai tersaji dalam sebuah gelas. Seolah menggambarkan suasana saat itu, begitu adem dan damai, meski yang hadir dari beragam agama dan beda keyakinan. Semoga virus kedamaian yang tebarkan komunitas pengagum Gusdur di kota Malang ini, semakin mewabah menjangkiti umat manusia dimanapun berada.

Sumber referensi dan gambar:

Lokasi Safari Damai Ramadhan
warta-ahmadiyah.org
17 Komentar untuk "Merajut Simpul Damai Lintas Iman di Bulan Ramadhan"

Kalau saya mah belum pernah mas kumpul kumpul seperti ini, karena selalu sibuk masing masing jadi sulit sekali untuk menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan saudara saudara kita yang ada diluar sana.

Kegiatan positif pasti akan berdampak positif ya Mas...

Semoga kegiatan seperti ini membawa kepada kebaikan dan keberkahan mas

kegiatan yang positif banget pastinya kangmas, semoga kerukunan antar umat beragama selalu terjaga dengan baik dengan cara saling menghormati, saling menghargai dan menjunjung tinggi sikap toleransi dalam beragama

Ya beginilah yang harus tercipta di tanah air Indonesia yang berbhineka tunggal ika... mantep mas wong... salut! :D

wah kayaknya seru bisa kumpul bareng kayak gitu, saya mah orang-orangnya pada sibuk masing-masing, susah di ajak kumpul bareng

silaturahmi itu emang sangat berharga sekali iya kan mas

Silaturahmi lintas agama ini bikin adem. Semoga tercipta pemahaman saling memahami dan menghormati.

salam
http://alrisblog.wordpress.com

semoga kebahagiaan hakiki dapat di raih oleh para peserta lintas iman diatas ya mang

Semoga misi damai ini akan terus terwujud bukan hanya dibulan ramadhan ya kang...oya, selamat hari raya kang admin...

Memang ramadan menjadi momen yang pas untuk mempererat kerukunan..

Islam sangat menganjurkan untuk menjalin Silahturahmi..hheemmm.

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman palsu di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu.

Saya telah menjadi korban penipuan pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasinya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM.

Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda sebaiknya menghubungi SANDRAOVIALOANFIRM.

Email: sandraovialoanfirm@gmail.com
Nomor kontak dewan direksi: +12512278012
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Nama: Malik
Negara: Indonesia
Jenis Kelamin.: Pria
Pekerjaan.::::: Pabrik Tenaga Surya
WhatsApp.(***+62-877-9447-8178***)
Lamar Sekarang :(financialserviceauthority400@gmail.com)


DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan bereputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah jadi jika Anda membutuhkan pinjaman hubungi mereka sesegera mungkin terutama di era pandemi ini untuk meringankan beban keuangan Anda. Saya mendapat pinjaman Rp.4,5 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya dan juga dalam seminggu saya memiliki hak untuk memperkenalkan kepada mereka seorang teman saya yang berada di Malaysia sejak saya berhasil sehingga dia juga mendapatkan pinjamannya senilai RM 270.000.
____WARNING: Harap berhati-hati di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang fiktif. Saya telah ditipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu dan saya dapat membuktikan kepada Anda bahwa dengan DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY Anda sama sekali tidak perlu takut. Perusahaan ini ditahbiskan oleh Allah jadi hubungi mereka sekarang untuk pinjaman Anda. Semoga Allah Membantu Anda.

email:((m7472736@gmail.com))


Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top