Candi Jago, Tumpang, Malang, Jawa Timur

Letak Candi Jago

Candi Jago dengan Tamannya

Candi Jago terletak di desa Tumpang, kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur, sekitar 22 km dari Kota Malang. Pasar Tumpang bisa jadi patokan, karena posisinya hanya sekitar 200m
dibelakangnya. Candi Jago juga berada di jalur wisata menuju Gunung Bromo dan Gunung semeru, jadi sangat mudah untuk diakses dengan kendaraan. Dari terminal Arjosari Kota Malang cukup sekali naik angkutan kota TA (Warna Putih), turun di pasar Tumpang, kemudian jalan kaki sudah dekat.


Sebelah kanan jalan dari pasar Tumpang

Sejarah Candi Jago

Candi Jago nampak dari Belakang

Candi ini diperkirakan sama dengan Jajagu  di dalam Kitab Negarakertagama, sebagai tempat pendharmaan raja Wisnuwardhana dari Kerajaan Singosari yang meninggal pada tahun 1268 M.    Relief Candi

Candi Jago Nampak dari depan

Candi jago berbentuk empat persegi panjang, menghadap kearah barat. Bangunannya didirikan diatas batur berteras tiga semakin kecil keatas, sehingga masing-masing teras terdapat selasar untuk mengelilingi candi. Teras ketiga agak bergeser kebelakang merupakan teras tersuci. Susunan bangunannya yang berteras-teras dan bertitik sakral di belakang mengingatkan pada bangunan punden berundak zaman Megalitikum sebagai tempat pemujaan awah leluhur.

Candi Jago Nampak dari Kanan Belakang

Candi Jago Nampak dari Kiri Belakang

Sesuai agama Wisnuwardhana yaitu Siwa Budha, dicandi jago dipahatkan relief cerita Siwaistis dan Budhistis. Relief Budhistis yang dipahatkan adalah relief cerita tantri/Pancatantra dan Kunjarakarna. Sedangkan relief hinuistis yaitu relief cerita Partayajna dan Arjunawiwaha serta relief tentang Krisna.
Relief cerita Tantri dipahatkan pada bingkai atas teras pertama berisi cerita-cerita binatang, dilanjutkan relief kunjarakarna bersambung ke bingkai bawah teras kedua, menceritakan perjalan Kunjarakarna murid Budha Wairocana ke neraka tempat penyikasaan sahabatnya Purnawijaya. Setelah kembali kedunia mengajak Purwawijaya belajar agama Budha sehingga dosa-dosanya diampuni.

Panorama dari atas

Sumber: Lokasi
39 Komentar untuk "Candi Jago, Tumpang, Malang, Jawa Timur"

Candi, bukti eksistensi org2 jaman dulu, h-hee...

@Pri Enamsatutujuh: alhamdulillah :)

Kalo eksistensi kita jaman sekarang, sering update bin narsis di medsos mas :)

peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan....

Kya nya pernah saya ke candi ini.. tapi dulu waktu kecil.. jadi rada-rada lupa.. :)

Nyimak pemandangan Candi Jago baru tau saya
Mas Wong. ternyata di Kota Malang ada candi yah
Mas Wong. terima kasih deh atas Adventure candinya :)

Tempatnya bersih adem asri, teduh dan sejuk
Cocok sekali untuk liburan sekeluarga yah Mas Wong?

keren nih candi jago di malang, semoga suatu saat saya bisa kesana untuk menikmati keindahan daerahku di malang :D
makasih sharingnya mas :)

saya belum pernah ke candi ini walaupun pernah ke Jatim :D

candi jago ini muncul di mata pelajaran ips jaman saya sd...rupanya nilai sejarahnya dalem

Panorama dari atas candi ya mas?
Kayak di sekitar rumah2 ya

ssaya suka ngeri kalo liat candi kaya gini hehe

banyak juga candi ya di malang ya mas

ciri khas candi di jawa timur daerahnya selalu asri dan bersih , sama persis dengan canti bajang ratu dan candi tikus , suasananya asri.
kalau untuk sejarahnya saya malah tidak mengikuti mas, hehehe

tempatnya bersih ya keliatannya. tamannya juga asri.. di malang ya? hmmm bolehlah klo kesana nanti mampir :)

Pengen ke candi jago tapi jauh, cintik dan indahnya pasti teduh

@Beranda Kata: sepakat sob

@irpan sah: sdah lama banget ya sob, bisa kunjung lagi, sambil nostalgia :)

@Saud Karrysta: iya mas saud, umumnya peninggalan kerajaan singosari, cocok bnget buat wisata keluarga, murah dan nambah pngetahuan sejarah buat anak

@Indri Lidiawati: klo pulkam bisa diagendain buat kunjung mba'

@Yobert Parai: lain kali bisa mmpir sob :)

@Valentino Febrian: cocok banget, nuansa jman krajaan :)

@khusna khairunnisa: bener mba, kan kerajaan singosari kekuasaannya cukup luas di indonesia

@MaYa KayLa: iya itu dari atas candi, memang di tengah pemukiman penduduk

@Intan Sudibjo: memang kenapa mas Intan?

@opik: banyak sob, kebanyakan pninggalan jaman singosari

@Agus Setya: bener mas agus, terawat rupanya..klo sejarahnya minimal liat wujudnya :)

@Yulita Widya.N: iya ini daerah malang, trawat mba', silahkan mmpir :)

@anisayu: smakin jauh, smakin berkesan :)

belum pernah kesana malah,tetapi dengan melihat gambar diatas seperti cocok buat liburan sekaligus mengerti sejarah dunia..
Malang is the best dech..

wah kapan2 boleh tuh mampir kesana :)

wah yang seperti ini nih yang harus dijaga peninggalan bersejarah :)

Indonesia memang kaya akan warisan kebudayaanya...
Kita sebagai pemilik harus menjaga dan melestarikannya :)

Saya selalu kagum dengan pahatan2 pada candi, Pak. Pernah ke Jawa lihat candi tapi cuma satu kali: candi Borobudur

Hadir kembali Mas Wong. menikmati keindahan
Candi jago ini, salam sejahtera sekeluarga yo Mas?

Biar puas menikmati Panorama Candi Jago 2 kali Akh
Mas Wong. jadi betah nih di artikelnya Mas Wong. makasih

Hmmm candi jago.. Baru dengar!!! Kukira bentuknya seperti ayam jago eeehh ternyata bukan

mengagumkan banget bos, hehehe...

Orang zaman dulu emang sudah kreatif ya mas. bisa buat candi dari batu-batu besar

mantep deh mas, saya jauh gak bisa ke jatim :D

@Elfrida Chania: org jaman dulu termasuk luar biasa memang, nilai seninya jg tinggi

@Devy Indriyani: cocok mba' banyak manfaat

@Nandar Sunandar: silahkan mas

@Jagad Kawula: sepakat sob :)

@Heri Assidiqi: bener banget sob

@Mugniar: candi borobudur memang paling terkenal, sebenarnya masih banyak candi lain yg tersebar di jawa. dg kekhasannya yg tersendiri

@Saud Karrysta: monggo mas

@handri setiawan: silahkan mas, ok

@Muya Devoteeshonesty: beda asal katanya, jadi beda makna, meski sama2 jago :)

@comtel cell: betul mas :)

@Achmad Fazri: bener sob,nggak kebayang gmna buatnya

@Mawan Cradlez: bisa kapan2 :)

@Valentino Febrian: nah itu mas, jadi bikin betah :)

Malang juga memiliki lokasi obyek wisata candi yang indah, dan tentunya sangat banyak pembelajarannya di sana ya ? Keren,,,,,, kapan-kapan saya juga mau mampir ke lokasi ini.

Salam

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top