MASJID TIBAN, TUREN, MALANG, JAWA TIMUR

Lokasi dan Mitos Masjid Tiban

Masjid Tiban terletak di Desa Sanan Rejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, sekitar 25 km dari Kota Malang. Masjid Tiban ini sebenarnya merupakan bangunan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Disebut Masjid tiban karena mitosnya, bangunan pondok pesantren yang tampak megah ini, dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam tanpa sepengetahuan warga sekitar, atau tiba-tiba muncul begitu saja.

Sejarah Masjid Tiban atau Masjid Jin

Masjid Tiban atau Masjid Jin

Ketika menyimak informasi dari website resmi pondok pesantren tersebut, ternyata bangunan megah itu sudah mulai dibangun sejak tahun 1978, tatkala mulai ada  santri yang menetap. Pada waktu itu pembangunannya masih bersifat kecil-kecilan, apa adanya, hingga tahun 1992 berhenti. Baru sekitar tahun 1998 akhir, kegiatan pembangunan pondok dimulai kembali hingga sekarang.

Salah Satu Bagian Bangunan

Yang menjadikan orang sekitar tidak tahu tahap pembangunan bangunan megah tersebut adalah karena proses pembangunannya dilakukan oleh para santri sendiri. Jadi wajar jika masyarakat tidak mengetahui dan menganggapnya sebagi Masjid Tiban atau Masjid Jin, karena tiba-tiba sudah berdiri megah.

Pondok Pesantren Bi Ba’a Fadlrah

Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) tepatnya berada di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur No. 10, RT 07 / RW 06, Sananrejo, Turen, Malang 65175. Didirikan oleh Romo Kyai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kyai Ahmad, yang mulai dirintis sejak tahun 1963. Nama Pondok Pesantren Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) memiliki arti, Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat.  

Wisata Religi di Malang dan sekitar

Banyak Peziarah Berkunjung

Terlepas dari mitos Masjid Tiban atau Masjid Jin, sekarang Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) telah menjadi salah satu tujuan wisata religi di Malang dan sekitar. Bahkan sudah banyak orang yang datang dari berbagai penjuru nusantara, hampir setiap saat ada yang berziarah ketempat ini.

Fasilitas Bangunan Ponpes

Bangunan bertingkat

Bangunan pesantren yang memiliki 10 lantai ini, tidak hanya difungsikan untuk keperluan ibadah saja. Tetapi berfungsi juga sebagai sarana hajat hidup warga sekitar, bahkan disediakan fasilitas layaknya tempat wisata dan pusat perbelanjaan bagi pengunjung. Seperti di bagian lantai dasar terdapat aquarium dengan beragam spesies ikan, di pelihara juga berbagai jenis binatang.
Sedang di bagian lantai yang lain dibuat stand-stand untuk menjual beragam aneka souvenir dan kebutuhan rumah tangga.

Arsitekstur Unik dan Indah

Desain Kaligrafi Indah

Yang paling menarik dari pondok pesantren ini sudah tentu seni arsiteksturnya. Secara kasat mata bangunan megah ini merupakan perpaduan seni arsitekstur dari berbagai negara, seperti Arab, China, India dan lainnya. Terdapat kubah-kubah berukir kaligrafi Arab dengan warna mencolok dominan biru, nampak begitu indah.

Seperti Ruang Kerajaan

Ornamen lain pada setiap ruang juga sangat unik dan tidak biasa. Hampir setiap bagian memiliki desain yang berbeda. Ada bagian yang layaknya ruang kerajaan lengkap dengan singgasanya, bahkan kita bisa menyaksikan stalaktit seperti di gua-gua di rungan lainnya.




Bagian atas bangunan dibuat mirip sebuah bukit, dari atas ketinggian ini kita bisa menyaksikan pemandangan alam sekitar ponpes menjadi semakin eksotik.

Bermainat dan tertarik? Silahkan Kunjungi Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah), bukan Masjid Tiban atau Masjid Jin.

Jika anda berwisata ke Pantai Sendang Biru atau ke Pulau Sempu, Masjid Tiban ada di jalur jalan yang anda lewati, yaitu ketika sudah berada di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Sumber:
-Lokasi Masjid Tiban
-www.ponpesbibaafadlrah.or.id
59 Komentar untuk "MASJID TIBAN, TUREN, MALANG, JAWA TIMUR"

masjidnya unik banget, cantik dan megah...

anehnya, masyarakat cenderung membuat berita simpang siur tanpa landasan yang jelas...emang dari sononya mungkin ya Pak, masyarakat kita hobi bikin gossip nggak jelas...wong masjid dibangun oleh santri secara bertahap kok dibilang dibangun jin...

@khusna khairunnisa: bener mba, mungkin sdah karakter masyarkt spti, akibatnya bnyak yg bertujuan lain ketika kesana, spti ngalap berkah dll.
tapi ada untungnya buat masyarakat, secara ekonomi mningkat dg banyaknya pngunjung :)

Luar biasa sekali dari bangunannya sampai pemandangannya..dari yang saya tau masyarakat selalunya menganggap sesuatu yang tiba2 ada itu seperti sebuah keajaiban

wah indah sekali bila diliat dari atas yah :)

siiiph.. nanti kalo saya pulkam ke jawa timur,insyaAlloh main2 ke malang dan masjid ini masuk daftar wisata yg akan saya kunjungi.. ^_^

Megah sekali ya mesjidnya. Arsitekturnya juga sangat unik..
Nambah pengetahuan tentunya. Makasih infonya Mas..

@jenx indah: bener mba' mreka gak peduli prosesnya dan kadang tidk dikaji scara ilmiah dulu

@Intan Sudibjo: eksotik :)

@Yulita Widya.N: dari jatim jg to, klo ke malang pasti puas dg destinasi wisatanya

masjidnya megah banget,,,,
kapan" bisa jadi tujuan wisata ni,,,,

cuma mitos kan mas?
atau jin beneran?

waw, mesjidnya subhanallah...indah sekali!

@zachflazz: iyo, gaweane jin :)

@MaYa KayLa; mitos aja, pas kesana juga ada yg lagi kerja mbangun terus

@Etika Maria: luar biasa

sebenarnya secara keseluruhan bukan masjid, tapi bangunan pondok, malah mesti cari2 tempat dulu kalo shalat, meski disediakan

aku percaya masjid tersebut dibangun oleh para santri

Asli ini masjid yang unik dan keren banget mas, buat tempat wisata juga yah..

Luar biasa sungguh menakjubkan.Mudah2an yg solat berjamaah nya banyak....amin

Kapan kapan pingin liat dari deket :)

saya belum pernah ke sini mas, tapi waktu itu teman saya mengunjungi teman yang lagi nikah di pakisaji malang, dan mampir ke masjid tiban ini. beli ote-ote atau hheci besarnya sak lepek harganya dua rebu. hehehe.

Masjidnya indah dan cantik, saya pernah mendengar kisah cerita tentang masjid tiban turen Malang ini, namun belum sempat ke sana. Bisa menjadi refrensi nantinya bila saya ke Malang Jawa Timur.

Salam,

masjid tiban turen di malang ini mempunya desain arsitektur yang indah, dilihat dari kejauhan saja sudah membuat orang-orang berdecak kagum.

Masjid nya bener" bagus banget kang .. mantab deh !

makasih kang info nya , salam kenal yah :D

hahaha pengen kesono gan jadinya :D

megah sekali sob bangunan nya di tambah arsiteknya bagus :-)
pasti daerah sekitar bnyk pedagang nya

Percaya atau tidaknya tentang berdirinya masjid jin tersebut, hanya Allah yang tahu. Mungkin itu kekuasaan Allah :) Salam sukses

Subhanaallah, bagus banget yaa mesjidnya >.< Indah bangettt..

sugestinya bakal sangat mendalam, tanpa dilakukan gotong royong untuk membangunnya...pagi berikutnya jleg...udah jadi..

unik banget yah.. bangunannya artistik dan megah... Kapan2 klo jalan2 ke Malang mampir ahh...

arsiteknya pandai banget ya. saya juga pernah liat di tv tentang berita masjid tersebut

wah ternyata mesjidnya sangat bagus sobat, semoga saja saya bisa datang kesana nantinya, terima kasih atas informasinya yg berguna sobat

masjidnya megah sekali, semoga tak hanya indah tapi juga makmur jemaahnya

@catatan-r10.com: bener sob, nyatanya memang spti itu
@Muroi El-Barezy: bener sob, smoga tdk hanya skedar wisata tapi bnyak buat ibadah

@Agus kompac: smoga sob, trutama para pngunjung jg pada shalat :)
@budi os 19: smoga bisa secepatnya liat langsung sob :)

@Agus Setya: iso tuku neh ote-otene mas, kalo ke sendang biru bisa mampir, kelewatan lokasinya

@ejawantahtour: smoga kalo kemalang bisa liat langsung pak

wah bagus banget ya masjid nya. kok bisa-bisa nya ya di sebut masjid jin hmmm aneh deh ^^

@Elsawati Dewi: bener mbak, tdk salah jika bnyak yg mnyangka buatan jin :)

@Carel Felix: iya sob, salam kenal jg

@andre-tkj: hayo gan..:)

@sopyan nurcahyana: bener sob, banyak yg kecipratan berkahnya

@dadang hidayat: kuasa Nya melalui tangan-tangan manusia :)

@Ranii Saputra: bener mba' luarbiasa

@Cilembu thea: bikin kaget :)

@Lina Marliana: monggo mba' smoga lekas jalan2 ke malang

@Fazri: padah itu hasil karya romo yainya katanya, bner sob bberapakali liput tv

@Penyuluh Perikanan: smoga sob, bisa menikmati keindahannya

@berandakata: itu yg penting sob, memakmurkannya

@cara-ririn: mungkin krna keindahannya dan warga tdk tau prosesnya

bisa jadi referensi saat keluarga saya berkunjung ke malang.. :D

@Imam Fahrur Rofi: monngo mas, smoga bisa brkunjung bersama keluarga disini

wah, ada masjid yang muncul dalam waktu semalam ya mas, apakah itu benar-benar terjadi mas, maaf nih. belum baca sampai selesai soalnya :D

@Kang Ucup: cuma mitos kang, dibangun normal, cuma nggak melibatkan masyarakat umum, hanya orang dalm pesantren

Mitos masjid tiban yg di bangun hanya semalam itu yg mmbuat masjid itu diknal bnyak org.. eh taunya bukan,,
mantap mas artikelnya,, saya jadi lebih tau ttng masjid tiban ini :D

masjidnya meriah warna warni, apa jamaahnya juga banyak ya

Wah masjidnya unik dan sangat megah banget ya mas...hebat

Wah masjidnya unik dan sangat megah banget ya mas...hebat

ote-ote porong yo ora popo mas, hehehehe
saiki jare ibuku dbangun maneh ya mas ? terakhir sak ulan wingi ibuk u mari ko kono

@Agri Ahyar Prasetya: memang mitos sllu punya nilai jual tinggi dikalangan masyarakat kita, trimakasih mas

@Obat Sakit: bnyak pengunjungnya, jamaah spertinya nggak banyak hanya kalangan santri

@rahmat arifin: iya mas, itu sebenarnya bangunan pesantren secara keseluruhan

@Agus Setya: wah wingi bar liwat porong lali ora tuku ote2 :)
iyo terus dibangun, kelihatannya masih banyak bagian yg belum selesai

salam kenal mas..dulu pas ke sempu ga tau kalo dijalurnya ada ponpes ini... :)

kalau gitu mas wong ote ote aja di depan rumah, hehehe
tahu kan ote-ote ? gak pakai baju alias mblodet itu lhooo

subhanallah masjidnya ,
jd pngn ksana gan

kl soal "tiban-meniban" ini di tempat saya dulu yg paling banyak malah gereja. ada ditutupi kain, dpt beberapa hari, JGERRRR!!! udh berdiri aja tuh bangunan.

aah sayang dulu ketika masih di malang belum sempat ke situ

@opik: salam kenal juga, iya satu jalur, sedikit masuk dri jalan utama

@Agus Setya: tak kira ote2 heci, hehe, iyo nek ote2 nang ngarep omah nek wisa awan, lha nek ote2 nang porong yo iso geseng tenan, po neh nyemplung lumpure

@seomob: silahkan sob, pasti mnarik :)

@Pri Enamsatutujuh: jadi gereja tiban mas...iyo jaman saiki ijik okeh tiban meniban, paling fenomenal ponari

@Topics: balik lagi gan :)

Subhanallah indahnya, mau kunjung ke sana juga deh ^^
itu perbelanjaannya di dalam masjid? padahal jual beli didalam masjid itu dilarang lho..

subhanallah.. sangat indah ya masjidnya :)

Lihat koleksi foto bangunan Masjid Tiban Malang http://www.hariesdesign.com/photos/event/wisata-religi-ke-masjid-tiban-turen-malang.html

Lihat Video bangunan MAsjid Tiban Malang http://www.youtube.com/watch?v=elvjUMpDr4g

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top