Alun Alun Kota Pasuruan Jawa Timur

Alun-alun Kota Pasuruan Berada di jantung Kota Pasuruan, ditandai dua buah gapura berwarna hijau yang berada disisi timur dan barat alun-alun.

Jika menilik lebih dekat, alun-alun kota Pasuruan lebih identik sebagai sebuah taman, dengan deretan tanaman hias yang tertata rapi menyembul diantara hamparan rerumputan hijau.  Nampak begitu asri serta terasa sejuk terutama di pagi dan sore hari.
Di sebelah barat  alun-alun nampak megah Masjid Jami’ Al Anwar, merupakan bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak lebih dari lima abad yang lalu, dengan beberapa kali mengalami pemugaran. Masjid Jami’ Al Anwar saat ini menjadi salah satu pusat kegiatan keagamaan umat Islam di kota Pasuruan.
Di bagian belakang Masjid Jami’ Al Anwar terdapat makam ulama dan para tokoh penting, diantaranya makam KH. Abdul Hamid.  KH. Abdul Hamid yang dilahirkan di Lasem, Rembang, Jawa Tengah ini dikenal sebagai seorang ulama besar kharismatik, tokoh pendiri Pondok Pesantren Salafiyah. Makam beliau tidak pernah sepi dari peziarah yang datang dari berbagai daerah.
Sedangkan di bagian timur  alun-alun terdapat pemukiman penduduk, dibagian selatan pertokoan, dan di bagian utara terdapat kantor pos serta tower PDAM. Alun alun kota Pasuruan secara geografis tidak jauh dari pantai utara Jawa, hanya sekitar 3km kearah utara sudah mencapai bibir pantai. Disepanjang sisi pantai lebih didominasi pemukiman penduduk, yang sebagian warganya berprofesi sebagai nelayan.
Alun-alun Kota Pasuruan bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang murah meriah.

6 Komentar untuk "Alun Alun Kota Pasuruan Jawa Timur"

Wah mantep bener ini sobat, ternyata Alun-alun Kota pasuruan ini benar-benar indah sekali, semua pemandangan di alun-alun selain hijau sangat indah dan bersih, kayaknya untuk duduk nyantai di sore hari sepertinya enak sekali sobat, memang cocok untuk dijadikan Wisata..terima kasih sobat, postingan yg bagus...dan menarik

terakhir kesini tahun 2009. waktu itu ziarah bareng keluarga. ga terasa udah 3 tahun yang lalu.. :)

nice post :D

@Penyuluh Perikanan: betul, nyaman dan pastinya murah meriah :)
@Cartenz Pyramid: wah sdh lama tuh sob, klo ane mmang sring lewat :)
@Muhammad Wildan: smga lekas kesana sob :)

Alun alun yang sangat sangat keren ... asri ...
Support

pengen banget jalan2 ke luar pulau...
tapi duit tak ada...
T.T

oya, kunjungi juga http://esha-hitam-putih.blogspot.com/

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top