Pemandian Air Panas Cangar, Kota batu, Jawa Timur

Pemandian air panas Cangar terletak di dusun Cangar, Desa Sumber Brantas, kecamatan Bumiaji, kota Batu, masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) R. Soerjo. Menuju lokasi wisata ini harus melalui jalan menanjak dan berkelok menempuh jarak sekitar 20 km dari kota Batu.

Gerbang Tahura R. Soerjo menjadi penanda bahwa kita sudah sampai di pemandian air panas Cangar. Gerbang Tahura R. Soerjo sendiri merupakan pintu masuk jalan yang melintasi kawasan hutan R. Soerjo menuju Pacet, Mojokerto. Jalan ini biasa dilalui wisatawan dari arah Pacet, Mojokerto yang ingin menuju Pemandian Air Panas Cangar.
Hanya saja perlu diantisipasi jika melalui jalur ini, jalanan lebih menanjak dan berkelok, dengan kontur jalan yang tidak rata karena bebarapa bagian aspal mulai mengelupas meninggalkan kerikil serta lubang. Pengalaman melalui jalan ini dari arah Pacet, Mojokerto, jika menggunakan kendaraan baik roda empat atau roda dua harus benar-benar prima. Khusus roda empat lebih aman yang 4wd, atau setidaknya benar-benar jossss mesinnya dan jangan kelebihan muatan. Beberapa kejadian rem blong, mundur karena tidak kuat, nyelonong ke jurang, bahkan saya menyaksikan sendiri ketika jalan menanjak penumpang harus turun menyisakan sopir saja, meskipun menggunakan mobil keluaran terbaru. Berbeda jalur yang dari arah kota Batu relatif lebih mudah.
Di kawasan wisata pemandian air panas Cangar, menyediakan beberapa fasilitas yang bisa dinikimati oleh pengunjung. Meskipun pengelolaannya nampak masih sangat sederhana dan fasilitas yang biasa saja, sebanding dengan harga tiket masuk yang sangat murah, cukup dengan Rp. 3000 saja. Berikut beberapa fasilitas yang bisa dinikmati,

Pemandian air panas, disediakan beberapa kolam, mulai dari kolam yang cukup besar dengan air hangat, kemudian dua kolam yang lebih kecil dengan airnya yang lebih hangat. Bagi kaum wanita disediakan pemandian khusus yang tertutup. Ada juga pemandian yang lebih privasi, khusus untuk satu orang berupa kamar semacam sauna.
Taman Bermain, berupa taman dengan beberapa fasilitas mainan untuk anak-anak, disediakan juga saung-saung untuk istirahat atau bersantai.
Camping Ground, areanya cukup nyaman untuk mendirikan tenda-tenda, disediakan juga aula terbuka yang cukup besar di area ini. Untuk menggunakan fasilitas ini kita tidak bisa hanya ijin ke petugas ditempat, tetapi harus kekantor perhutani yang ada di kota Malang.
Villa dan Aula, ditempat ini ternyata juga tersedia villa, ada dua villa yang bisa disewa dengan harga sewa cukup murah. Disamping lokasi villa tersedia aula yang bisa digunakan untuk sarana pertemuan, memiliki daya tampung sekitar 350 orang. Fasilitas wc, kamar mandi dan mushola juga tersedia. Untuk menyewa fasilitas ini prosedurnya seperti penggunaan camping ground.
Goa Jepang, letaknya tidak jauh dari lokasi pemandian, bisa ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak, jaraknya sekitar 600 meter.
Flying fox, bisa dinikmati bagi penyuka adrenalin
Kuliner, banyak jajanan yang bisa dinikmati, mulai dari makan berat atau hanya sekedar camilan, tetapi ada yang paling khas yaitu tape beras ketan hitam. Kuliner ini sangat cocok dinikmati disini, rasa khas dan bisa menghangatkan tubuh.
Pemandian air panas Cangar bisaa menjadi alternatif liburan anda.
16 Komentar untuk "Pemandian Air Panas Cangar, Kota batu, Jawa Timur"

wah udah bertahun-tahun gak main2 ke Cangar :D

masih panas ya airnya? ;) heheheheh...

@Alief Nartama Kurniawan [@aLiefNK]; sdah lama ya sob..lmayan sob masih panas, klo krang bsa rbus sndiri :)

ane pernah kesini sob. emang manteb. berendam air panas sambil makan tape ketan :)

@Cartenz Pyramid: mmang mnteb sob, dket lg dr mlg

Mohon do'anya ya kang moga aku bisa kesana sambil bawa keluarga..hahahhayyyy

Oya bang...
di goa jepang ada tour guidenya gak?

@Icabanjarmasin: aamiin, insya Allah
@Muhammad Wildan: kagak ada gan, sprtinya masih apa adanya, blum bgtu tersentuh

asyik tuh tempatnya sob,, pengen main dahh

jalanan berlubang hampir semua daerah wisata mengalami-nya...btw-tempatnya asyik untuk wisata keluarga :)

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

segar ini badan biasanya kalo sudah mandi air panas dari alam ,,,
kalo kesana pasti tak sempetin mampir,,,


wilujeng ngeblog

Semoga nanti bisa menikmati liburan di twmpat wisata ini. kelihatannya mantaf banget

@yAhyA: mmang asyik sob
@BlogS of Hariyanto: betul bang, ttpi ttep aja didatangi
@Leadership Developmant Training: thanks kata mutiaranya, langsung ktmpat sobat
@sakahayang.com: pasti sob, suegerrr
..wilujeng ngeblog, sami2 kang
@Sundul: mantaf sob, masih dijatim lmyan deket :)

sayangnya sekarang cangar tdk seperti dulu,banyak tempat2nya yg rusak.mau berendam di sungainya saja sekrg sdh tdk bisa karna sudah sngat dangkal.apalagi sudah banyak pabrik di dirikan di sekelilingnya membuat lingkungan disana rusk dan tercemar

PERMISI NUMPANG LEWAT MIN...

Yang butuh Transportasi ke WISATA KE BROMO, SEMERU, BATU, MALANG
hubungi:
083 848 392 999 (Sms/Whatsapp/Line)
081 333 088 832 (Telphone)
Pin Blackberry: 75FC6FDA
www.sahabatsemeru.blogspot.com

akhirnya kesampaian juga berendam bareng anak istri di cangar.... perjalanan bermobil dari pacet melewati hutan tahura sungguh menegangkan... alhamdulillah selamat.

ALLOHU AKBAR

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top