Gua Selomangleng, Kediri, Jawa Timur

Wisata Gua Selomangleng Kediri adalah salah satu situs wisata peninggalan sejarah yang sangat populer di Kediri. Gua ini cukup sensasional karena letaknya berada pada sebongkah batu menggantung pada bukit padas. Dinamakan selomangleng juga karena posisi gua tersebut.
Selomangleng berasal dari kata Selo artinya “Batu” dan mangleng artinya “Menggantung”.
Jadi Selomangleng diartikan sebagai batu yang menggantung. Gua Selomangleng dulu pernah digunakan oleh Dewi Kilisuci sebagai tempat pertapaan. Dewi Kilisuci adalah putri mahkota Raja Erlangga yang menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya, dan lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan tapa brata di Gua Selomangleng.

Tidak jauh dari Gua Selomangleng juga terdapat Museum Airlangga, di museum ini banyak terdapat benda-benda peninggalan masa lampau yang bisa dijadikan studi sejarah.

Jika melihat maket proyek pengembangan wisata di gua selomangleng, nampaknya akan menjadi tempat wisata yang cukup potensial. Pengunjung akan dimanjakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati. Maket proyek pengembangan wisata Gua selomangleng bisa dilihat pada gambar disamping.

Sumber: dari lokasi wisata
35 Komentar untuk "Gua Selomangleng, Kediri, Jawa Timur"

bagus sob..jadi kepengin berkunjung kesana.
Menggantung ternyata yah guanya

wah nice info sob... :)
izin nyimak gua nya

Hbt ya, bisa mengantung gitu btunya. Jmn skrn g ad yg kaya kilisuci, aslkan ad ortu kaya, y d manfaatin. Bukanya merendah mlh menjadi. Btw airlanga nama raja ya? Wah kya kampus d surabya aj, tnyt ngambil namany dri sni to. Bru tau ane

asik ntu bang. . . sekalian ke malang . . .. . heehehe

@Ferry I: smoga bisa melihat langsung sob :)
@Asis Sugianto: betul sob
@Rama Arif Maulana: silahkan sob
@Drieant: yah bgtu klo anak gak tau diri sob, iya sob Airlangga nma raja
@Susu Segar: betul mas, silahkan kemalang, ditunggu :) banyak yg asyik disini..
@all thanks

tak ngumpulin duit dulu yak bang hehehehehe

mampir lagi sobat menyambung silahturahmi di blog terbaik imi

busyeet, canggih bgt tuh gua...
kpn ya aku bs kesitu?

Follow sukses di posisi 263,,,,,,,,

Follow back di tunggu,,,,,,,,

PERTAMA berkunjung di blog sobat

sepertinya menarik goanya di atas sebongkah batu...

lho..
nek mlebu guo iki
mbayar opo dibayar mas..? :)

@Susu Segar: monggo mas, nabung yg bnyak, asal jngan pake uang kuliah :)
@Asis Sugianto: silahkan, trims sudah mmpir mnyambung silaturahim
@Penghuni 60: org jaman dlu mmang canggih mas..secepatnya aja kesna..
@Falah Mulyana: ok sob pasti dbls folwnya, lngsung kblog sobat, thanks knjungannya n slm knal :)
@agusbg: betul sob, sngat mnarik, palg pninggalan sjarah
@Susu Segar: malm mas, ktemu lg :)
@bazokawap: yo mbayar to mas, nek pengin dibayar melu resik2 disik :)
@all thanks

Info yang menarik. Menambah wawasan kita tentang tempat2 wisata.

bsa jd tempat wisata jg ya goa nya...

Yang namanya Kediri, sejak baru procot dari gendongan, saya sudah dengar kehebatan dan keagungannya. Sejarah masa lalu, selalu menarik untuk dinikmati.

Konon, Gua Selomangleng dulu memang pernah menjadi tempat bertapa Dewi Kilisuci.

God bless you, Saudaraku.

Budaya kita memang beragam, tinggal kita saja lagi yang ingin melestarikannya atau tidak, terima kasih banyak Mas, artikelnya sangat positif dalam pelestarian budaya kita.

situs wisata peninggalan sejarah yang patut kita terus lestarikan,semoga proyek pengembangan wisata Gua selomangleng bisa berjalan lancar

datang lagi menyambung silahturahmi sobat...

mampir lagi kemari menikmati gambar gua selomangleng.

tempat yang unik...jadi niat berkunjung ke sana sobat :)

wah gua yang mantabss mas..
semoga wisatanya makin maju, salam kenal:}

ditunggu follow baliknya gan.. :D

artikel yang sangat menarik sobat :)

wah GUA nya unik banget ya hehehe

kunjungan sore ah bang. . .. .

Bang link blog ini telah terpasang di sidebar kanan blogku. Sahabat SR11.
pasang balik yah bang di sidebar Link's Blog Sahabatnya.
sastraremaja11.blogspot.com
kalo udah konfirmasi bang. makasih. :)

@Zainudin: thanks sob
@Sadeva Aldy Pratama: betul sob
@CanNdeso: betul bnget sob, thanks
@vandroid: supaya ingat sjrah dan budaya sob, thanks
@Marinda Jaya: aamiin
@Asis Sugianto: Silahkan sob, salam silaturahim :)
@Drieant: silahkan sob
@BlogS Of Hariyanto: betul sob, smoga besa kesana :)
@Muro'i El-Barezy: betul sob, smoga saja, salam kenal jg
@ARMAN: mungkin sob, perlu decek dulu :)
@bazokawap: ok gan, pasti di flw balik, thanks
@Cirebon-Cyber4rt: thanks sob :)
@system of blog: betul sob, :)
@Tabah: monggo mas, sugeng sonten
@Kakang Adi:ok sob, link sobat lngsung saya pasang jg, thanks
@all thanks

wow pengen jalan-jaln kesan sob...!!! kapan yach punya unang kesana nyaksikan guanya sob,,,??? mmmmm...!!! ijin nikmatin guanya lewat fotonya dulau ah...!!1 niace sahre sob...!! kujungan perdana dan salam kenal sob...!!!

mampir lagi menyambung silahturahmi sobat...

Berkunjung lagi diblog sobat dengan penuh senyuman

@ArhyErna_Blog: smoga bisa kesana sob, silahkan dinikmati, salam kenal jg, thanks sob
@Asis Sugianto: silahkan sob, thanks
@ARMAN: menyambut kunjungan sobat dg senyuman :) thanks sob

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top