SIMPANG LIMA GUMUL KEDIRI, JAWA TIMUR

Arc de triomphe nya Indonesia

Arc de triomphe atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Gapura Kemenangan adalah monumen yang sangat terkenal  di kota Paris. Monumen ini terletak di bukit Chaillot dan berdiri di tengah area Place de I'Etoile, di ujung barat wilayah Champs-Elysees.
Monumen yang berada di tengah konfigurasi persimpangan jalan raya berbentuk bintang lima ini, di bangun atas  perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa tentara kebesarannya.

Untuk bisa menikmati kemegahan dan keindahan monumen ini dari dekat bisa jadi merupakan sesuatu yang mustahil, terutama bagi wisatawan yang berkantong tipis, di Paris, Perancis bro.... Eits jangan patah semangat dulu, rupanya tidak sejauh yang saya bayangkan. Dengan modal bensin 3 liter ternyata sudah bisa menikmati kemegahan dan keindahan  Arc de Triomphe dari dekat. 
Gambar diatas tuh buktinya, walaupun bukan aslinya tetapi memiliki citarasa seni serupa. Kata pepatah “Tak lihat Arc de Triomphe, Simpang Lima Gumul pun jadi”, miripkan? Memang sangat mirip, yang membedakan mungkin lebih ke pahatan reliefnya dengan diorama sejarah Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul yang terletak di Kediri, Jawa  Timur  memang sebuah monumen yang bentuknya sangat mirip dengan L’arch de Triomphe di Paris, Perancis. Letaknyapun memiliki posisi yang serupa, yaitu merupakan persimpangan lima akses jalan ke wilayah Kediri. Arah selatan ke Wates/Gunung Kelud, Timur Ke Gurah, Utara ke pagu, Timur laut ke Pare, dan arat Barat ke Kota Kediri. Monumen yang memiliki luas 804 m2 dan tinggi 25 m ini, pembangunannya di gagas Bupati Kediri, Bapak Sutrisno. Selain menjadi ikon baru Kediri, diharapkan juga bisa menjadi sentra perekonomian untuk kemajuan wilayah Kediri. Serta menjadi gerbang wisata kediri.



25 Komentar untuk "SIMPANG LIMA GUMUL KEDIRI, JAWA TIMUR"

Thank You

Hello, I visit and give your full support and please support me back. Thank you in advance.

ini namanya kemiripan yang bermanfaat :-)
entah siapa ya yang jadi ikutan mirip-miripan pertama, GAPURA PARIS atau GAPURA KEDIRI :-D

BlogS of Hariyanto

Tidak kalah dengan yang di Paris. Keindahan dan budaya Indonesia memang tiada bangingnya.

This is nice post. I thank you very much.
Hello, I visit and give your full support ads and please support ads me back. Thank you in advance.

@GLace Tlng; Thanks for visit, support you ;)
@BlogS of Hariyanto; bener sob, smga bermanfaat untuk kemajuan kediri
@Bagus Sugiarto; Dukung terus wisata Indonesia
@Admin-Wahid Sahidu: thanks sob
@all thanks

Ini Blogku & Blog'e Cah Nganjuk HADIR DI SINI dan mensupport blog sobat agar trs berkarya...keep write sob biar cpt dpt pr dr google :)

Follower 243

Follow me too my friend.
Love your blog

Literasura

@ Berbagi Ilmu Pengetahuan; thanks sob kunjungan dan supportnya, langsung knjung ktempat sobat ;)
@ Christian Tadeo; Langsung ketempat sobat n follow, thanks sob, love your's too

Terus terang kang..aku suka sama blog yang menampilkan KEDAERAHAN..dan itu sangat membantu untuk memperkenalkan pada dunia,,INI LHO INDONESIA ITU...lanjutkan kang,jgn pernah bosan dalam memposting..aku suka blog kakang.

jadi pengen k sana sobat :D kapan ya hmmm

@Icahbanjarmasin: thanks supportnya bang, smoga Indonesi makin dikenal keindahannya
@sampeweweh: smoga bisa kesan sob.. ;)

wah baru tahu saya ada yang seperti itu di Indonesia serasa ke Prancis aja hehe ...

Kereen sekali..
Itu mirip banget dengan konteks di luar negeri.
hooo
pengen kesanaaaa.. :D

Ane malah menyukai kesejukan Gapura Simpang Lima Gumul,benar-benar indah.
Thanks ya infonya,happy blogging.

panoram baru akan makin memperkaya keindahan kota gan

panoram baru akan makin memperkaya keindahan kota gan

panoram baru akan makin memperkaya keindahan kota gan

wah, meski saya sering ke Pare, gak pernah di ajak sama mas ke simpang lima... jadi pengen rasanya..

hehehehe
salam kenal kang,
Nafi @ http://muara-info.blogspot.com

@Friski Gatra: iya sob, gak perlu mahal
@Putrie Jrs: SLG pasti setia menunggu kdatangan puput :)
@Raihan Mar'ie Ramadhan: saya juga menyukainya, sllu ingin kmbali kesana
@Obat Sakit 2011: Betul gan, dan bisa menambah daya tarik kunjungan wisata
@Nafi' Abdul Hakim: mesti kesana mas, sayang tuh sudah deket :) salam kenal juga
@all: tahnks comment dan kunjungannya

wah.. ternyata.. gak perlu jauh2 ke paris, ke kediri aja udh nikmatin suasana paris :D

@Richa (Icha): murah meriah, rasanya sama:) , thanks

Walahhhh.... apajya yg miripp ? Jauuuhhh banget bedanya

Walahhhh.... apajya yg miripp ? Jauuuhhh banget bedanya

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top