GUNUNG KELUD & MYSTERIOUS ROAD, KEDIRI, JATIM

Wisata Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur
Gunung Kelud merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur, tepatnya diantara kabupaten Kediri dan Blitar. Gunung yang memiliki ketinggian 1.731 mdpl ini, bisa diakses melalui Kabupaten Kediri, untuk dari kabupaten Blitar juga bisa, hanya pada akhirnya juga melewati jalur Kabupaten Kediri.
Puncak gunung Kelud sekitar 40 km dari Kota Kediri atau sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. 
Jalan sudah beraspal sampai lokasi, hanya saja banyak tanjakan dan turunan yang cukup extreem, jadi harus diperhatikan kendaraan yang dipergunakan jika ingin kesini. Jalur yang bisa dilalui yaitu dari:
Kota Kediri – Wates - Gunung Kelud (sktr 40 km)
Malang – Pare – Wates – Gunung Kelud (sekitar 100 km)
Jombang – Pare – Wates – Gunung Kelud
Blitar – Wates – Gunung Kelud

Di tempat wisata Gunung Kelud saat ini tersedia berbagai fasilitas yang bisa kita nikmati. Mulai dari lahan parkir luas yang bisa menampung ratusan kendaraan roda dua dan empat, warung-warung makanan dan wc yang memadai juga tersedia.  Untuk memanjakan pecinta adrenalin disini juga tersedia fasilitas flying fox dan kendaraan ATV (All Train Vehicle).

Sebelum memasuki kawasan kawah Gunung Kelud, terdapat jalan menurun menuju sungai pemandian air panas. Sangat cocok untuk berendam, yang katanya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan bisa meningkatkan stamina tubuh. Minimal bisa menghangatkan tubuh, karena disini suhunya cukup dingin.

Menuju kawah Gunung Kelud kita harus melalui terowongan dengan panjang sekitar 200m. Terowongan ini cukup gelap walaupun sudah disediakan lampu penerangan, tetapi justru ada sensasi tersendiri ketika melewatinya.

Selepas terowongan kita akan melihat penunjuk arah yang akan mengantarkan kita menuju kawah/kubah lava dan gardu pandang. Tetapi jangan pergi dulu, karena naik sedikit ternyata disini terdapat lokasi panjat tebing. Cocok bagi anda yang suka petualangan dan merasakan terjalnya tebing Gunung Kelud.

Jika tidak berminat dengan panjat tebing, kita bisa menggantinya dengan naik ke Gardu Pandang yang lokasinya tidak jauh dari tempat ini. Untuk sampai keatas membutuhkan stamina, karena jalan dilalui menanjak dengan meniti anak tangga yang jumlah ratusan. Tetapi sesampai diatas kita akan disuguhi panorama yang luar biasa, seolah menjadi ganjaran atas usaha keras kita.

 
Selain Gardu pandang, tidak jauh dari tempat ini kita bisa menyaksikan kubah lava/anakan Gunung Kelud yang dulunya berupa kawah. Fenomena Kubah Lava yang menggantikan kawah terjadi sejak bulan November 2007 lalu. Kondisi ini menjadikan Gunung Kelud semakin eksotic dengan pemandangan yang berbeda.
Tetapi perlu anda perhatikan ketika berada ditempat ini, karena gunung kelud merupakan Gunung berapai aktif jadi sewaktu-waktu bisa muncul bahaya diantaranya gas beracun. Selalu ikuti petunjuk yang terpasang dilokasi dan jangan melanggarnya.

Mysterious Road (Jalan Misteri)
Mysterious Road atau Jalan Misteri sepanjang kurang lebih 100 m, sekitar 2km sebelum Gunung Kelud. Apa sebenarnya keistimewaan jalan ini? Saya juga penasaran, bahkan salah satu yang menjadikan orang ingin ke Gunug Kelud adalah misteri jalan ini. 
Dilokasi ini kendaraan roda empat atau roda dua, jika mesin dimatikan dan gigi dalam posisi netral akan berjalan sendiri, meskipun  secara kasat mata jalan menanjak. Konon Mysterious road mirip jalan  jabal Magnet di Arab sana. Walaupun banyak kalangan memiliki pendapat berbeda, diantaranya ada yang berpandapat ini karena ada jin yang menariknya, ada juga yang berpendapat karena pengaruh grafitasi, ada juga pendapat yang mungkin lebih rasional, bahwa ini hanya merupakan ilusi mata yaitu jalan yang secara kasat mata menanjak sebenarnya menurun. Tapi entahlah, mungkin suatu saat bisa dibuktikan secara ilmiah dengan data yang lebih valid lagi. Apapun itu, justru inilah yang menjadi daya tarik dan ketika saya melihat dari dekat memang jalannya tampak menanjak dan ketika mencoba memang benar-benar bisa berjalan sendiri, meskipun mesin dalam kondisi mati. Silahkan anda perhatikan gambar yang ada, atau jika sangat penasaran datang langsung kelokasi. Fenomena yang jarang ada di tempat lain, semoga anda penasaran dan terbawa dalam mimpi :)
26 Komentar untuk "GUNUNG KELUD & MYSTERIOUS ROAD, KEDIRI, JATIM"

berpotensi meletus ga gan????


Visit me
http://pamulangberniaga.blogspot.com/2011/11/tas-murah-25-tangsel.html

Tak bisa berucap, semua ini adalah kebesaran Tuhan. Begitu indah dan menakjubkan.

Wow Keren sobat.Ane masih belum pernah ke sana nih.

@Pamulang: berpotensi gan, masih aktif. langsung ktempat agan..
@Bagus Sugiarto: Maha Besar Allah swt
@Bisnis Online Blog: smoga bisa kesana sob...
@all: thanks alot..

Serasa sudah berada di TKP Gan,makasih banyak infonya,salam wisata.

Salam Blogger Indonesia...
..Nice Info Sobat..
Dulu pernah aq pernah dengar dari Nenek tentang Ramalan Djawa kuno yang menyebutkan "..Kediri dadi Kali,Blitar dadi latar,Tulungagung dadi .." apa lupa aq hehe yg artinya Kediri jadi sungai-kota blitar jadi rata tanah, hal ini terkait jelas dengan keberadaan G.Kelud suatu ketika akan meletus dan efeknya (tpi smua Wa Allahu A'Lam ) terhadap kota2 tsb..
Saya sendiri tahun kmren sempat menyusuri menuju G.Kelud pake Motor melalui Kediri-Pare-memotong jalan Arus lahar G.Kelud( Tanpa Jembatan, Sungai lebar, trus ada jalan Cor yg qta lewati diatas sungai mati tsb) tembus ke Candi Penataran kota Blitar.. Sungguh menakjubkan bagi saya,terutama ketika menyaksikan Fenomena Gunung Anakan ny

Selayaknya qta mensyukuri & memuji smua Kebesaran Allah swt dan menjaga alam sekitar qta

Maaf kepanjang amat nie komeng,abiz menarik bgt nie artikel

Happy Bogging Sobat

Ayo bareng-bareng ke sana sesama blogger hehhehe

saya belum pernah kesana, tapi membaca postingan sahabat, jadi pingin banget datang kesana, sekaligus membawa Waterpass buat ngukur berapa kemiringan jalan tersebut apakah sudut-nya naik atau menurut, juga membawa alat ukur medan magnet, untuk mengetahui apakah benar ada medan magnet di situ, yang terakhir mengajak TIM PRODUKSI ACARA TV DUNIA LAIN, agar bisa di shooting untuk acara tv DUNIA LAIN, dan aku serta tuan rumah Blog ini jadi pemeran utama-nya :-D
BlogS of Hariyanto

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
terimakasih infonya dan sungguh indah parawisata di indomesia, saya dulu sangat hoby mendaki pegunungan di indonesia dan banyak hikmah yang saya dapatkan dan kadang air mataku berlinang diantara bahagia dan takut, karena aku merasa begitu kecil diketinggian, Allah maha besar yang telah menciptakan alam hingga jagat raya ini.

berkunjung
gunung kelud daerah perbatasan kediri blitar ini masih aktif

@Er'end; semoga bisa langsung ke TKP sob
@(Aku Bukan ) Bang Thoyib: Bener sob memang ada ramalan spti itu, rupanya sudah kesana juga ya, memang sangat menarik dan harus di syukuri dg mnjga alam ini
@Bisnis Online Blog: boleh sob, hayo rame2 kesana..
@BlogS of Hariyanto: semoga bisa kesana sob, wah..comment terakhir tuh menarik bnget klo terealisasi, siaplah jadi pmeran utama bersama bang hariyanto ;)
@Dakwah Syariah: Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh, memang benar sob, kebesaran Nya memang tiada tara bandingannya, dari ciptaan Nya saja kita tidak apa2nya.
@Obat Sakit 2011: betul sob, mesti sllu waspada
@all: thanks commentnya

wuihhh keren sob, pengen berwisata disana sayangnya jauh dari kota Ambon

@Sadeva Aldy Pratama: thanks sob, smoga sukses
@Wahid Sahidu: semoga suatu saat bisa kesana sob, thanks

indah banget nih pemandangannya

asik,nich walaupun ane belum pernah berwisata ke gunung kelum namun sudah bisa menikmati betapa indahnya ber rekresi ke gunung kelum melalui tulisan di atas,,hehe

@Zh!nTHo; bener sob, memang luar biasa potensi wisata alam indonesia
@kehidupan; semoga suatu saat bisa merasakan langsung sob, thanks sob

senang baca keindahan alam negri sendiri.......

postingan yg menarik..
terimakasih atas infonya, gan..

@mastokkenari; brarti ikut mensukseskan wisata dalam negeri sob :)
@o2-fresh; terima kasih gan

Luar biasa Fenomena yang terdapat di obyek wisata
Gunung kelud yah Mas Wong? kapan saya bisa
Berdarma wisata kesana, kayanya, hanya Khayalan deh

Innalillahi....
Dan....gunung kelud pun meletus, saya tinggal di kab kediri. Jadi kena imbas hujan pasir + abu dan penadaman lampu.

Innalillahi....
Dan....gunung kelud pun meletus, saya tinggal di kab kediri. Jadi kena imbas hujan pasir + abu dan penadaman lampu.

Innalillahi....
Dan....gunung kelud pun meletus, saya tinggal di kab kediri. Jadi kena imbas hujan pasir + abu dan penadaman lampu.

Innalillahi....
Dan....gunung kelud pun meletus, saya tinggal di kab kediri. Jadi kena imbas hujan pasir + abu dan penadaman lampu.

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top