BLOG DIHAPUS GOOGLE

Keluar dari google sandbox sehari yang lalu sudah buat bahagia, kebahagiaan ternyata tidak berlangsung lama, sebab tadi malam mendapat shocktherapy dari google, blog wongcrewchild dihapus! Kejadian ini saya alami tadi malam ketika mau bloging.

Seperti biasa untuk masuk kepostingan blog bisanya pake keyword yang sudah masuk firstpage google search. Untuk tadi malam saya pakai keyword “hikmah ibadah” (gambar 1) yang biasanya ada di firstpage dan firstrank google search, dan kondisinya saya lihat masih sama (gambar 2).
Nah ketika link artikel dengan keyword tersebut diklik ternyata tidak mengarahkan ke page yang dimaksud (blog wongcrewchild) tetapi menuju kesebuah halaman BLOGGER (gambar 3), yang menginformasikan bahwa blog dimaksud telah dihapus (gambar 4). What! Becanda neh google. Berkali-kali saya coba masukan url blog, tetap saja masuk kehalaman info dihapus tadi.
Betul sobat blogger, ini betul-betul dialami blog saya tadi malam. Dengan perasaan yang masih terkaget-kaget coba menenangkan diri, dan berpikir positif, serta menerka-nerka, mungkin ada kesalahan pada browsernya, saat itu pake firefox. Setelah firefox dimatikan, coba pake googlechrome, ternyata kondisinya masih sama “blog telah dihapus”. Busyet dah, blog kesayangan yang usianya hampir 3 tahun lenyap begitu saja, bahkan saking sayangnya templete blogpun tidak pernah diganti sampai sekarang (setia bro). 
Selanjut coba masuk melalui akun blogger, ternyata bisa masuk tetapi yang aneh disitu tidak ada tampilan dashboard dan disebutkan bahwa akun saya bukan pemilik dari sebuah blog dan belum pernah membuat blog sebelumnya. Wah, tambah bingung neh....sesaat hanya bisa menggerutu dan berprasangka buruk, jangan-jangan ada yang jahil dengan blog saya (karena dihalaman akun juga ada peringatan “pendeteksian aktifitas mencurigakan pada komputer anda”) atau dibanned google, entahlah.
Coba diotak atik dan tanya-tanya sama google mengenai kejadian seperti ini belum juga menemukan postingan yang membahas secara detail kejadian seperti ini. Coba berpikir jernih, saya kembali lagi ke BLOGGER dan masuk ke halaman pertanyaan umum, disitu ada keterangan mengenai sebab blog di non aktifkan secara otomatis oleh google, seperti ini isinya :

Mengapa blog saya dinonaktifkan?
Penonaktifan disebabkan karena sistem klasifikasi otomatis kami menandai blog sebagai spam. Jika blog Anda bukan blog spam, berarti sistem otomatis kami salah mengklasifikasikan blog Anda dan kami mohon maaf. Jika blog Anda dinonaktifkan, blog akan tetap tercantum di Dasbor, tetapi Anda tidak dapat mengeklik blog tersebut untuk mengaksesnya. Jika hal itu terjadi, Anda akan diberikan masa tenggang untuk meminta agar blog Anda ditinjau dan dipulihkan.


Dengan penjelasan diatas saya mencoba masuk kehalaman blogger, kemudian saya masukkan email dan sandinya, disitu saya tidak dibawa masuk ke dashboard blog sebagaimana biasanya, tetapi sebuah halaman account google dan ada satu link “tidak dapat mengakses akun”, setelah diklik ada petunjuk supaya memasukan nomor HP untuk verifikasi pemulihan, ternyata tidak berapa lama setelah memasukkan nomor HP, saya mendapat sms dari google berupa kode verifikasi pemulihan akun blogger. Selanjutnya kode tersebut tinggal dimasukkan ke kolom yang tersedia. Akun blogger sudah diverifikasi, saya coba cek masuk melalui akun blogger lagi, Alhamdulillah, sekitar satu jam berkutat, blog “wongcrewchild” pulih lagi, hanya saja beberapa keyword postingan blog yang sebelumnya ada di firstpage dan firstrank ada yang merosot hingga saat ini. Walaupun demikian sudah sangat bersyukur karena bisa blogging lagi dengan blog kesayangan.
Sayang kronologis kejadian diatas lupa saya dokumentasikan penampakannya, karena panik. Kejadian diatas benar-benar jadi shocktherapy, dan lebih berhati-hati dalam blogging, mungkin ada kesalahan blogging yang tidak saya ketahui sehingga terjadi kejadian diatas.
Sebelum kejadian ini sebenarnya artikel terbaru saya (Gua Selomangleng Kediri, Jawa Timur) juga masuk google sandbox, tetapi alhamdulillah sudah pulih. Tadinya pengalaman ini yang mau saya posting, ternyata ada kejadian yang lebih bikin shock dengan blog saya, makanya tema diatas yang saya posting kali ini. Semoga tidak menimpa sobat blogger

Tag : Unik
50 Komentar untuk "BLOG DIHAPUS GOOGLE"

untung balik ya mas... mudah mudahan yang lainnya tidak mengalami, terkadang bila saya tanya ke seseorang belum ada jawaban pasti, makanya agak bingung supaya nggak masuk perangkap google, kalau ada jawaban pasti kan enak kita bisa waspada...

Hahay untung bisa balik blognya mas, saya pernah ngalami yg kayaq gini pas join ke blog bilang blog anda telah dihapus, saya bersihin browser saya terus join lg bisa join juga akhirnya, kehilangan artikel saja paniknya minta ampun apalgi kehilangan blog, lebih hati2 aja sob klo merasa ada yg jahil cek akun googlenya trus ganti apa yg harus diganti

@agusbg: iya neh, bersyukur bnget, thanks sob
@ARMAN: iya sob, alhamdulillah, rupanya mas Arman pernah ngalamin jg, iya tuh gmana gak khawatir, postingan kena GS aja sdah bikin cemas, palg yg ini, mmang mesti hati2, thanks sob

ane pernah ni bang yang kaya ginian sempat panik juga sich tapi alhamdulillah bisa balik lagi dengan verifikasi dan langkah langkah lainnya

Alhamdulillah yach akhirnya Blog Sobat telah Kembali eksis dgn Selamat sehat wal afiat... Siswanto banget tuh!!!
Hwehehe...
Ayas baru2 ini juga mengalami hal serupa dgn Sobat, ternyata solusinya cuma memberi Nomer hape aktif aja sebagai konfirmasi bahwa akun itu ada Pemiliknya yang Sah!!!
Hmm... Ayas sampai kini masih bertanya2 kenafa bisa begitu, apa alasannya, apa penyebabnya, faktor apa????
Belum ada jawaban pasti.
^_^

saya juga dulu sempat ngalami seperti itu sobat, itu karena kita melakukan blogging menggunakan hape sobat dan kita dikira telah melakukan spam dan akhirnya blog kita dihapus oleh google, tapi setelah di verifikasi ulng semuanya kembali normal sobat...

Berkunjung lagi sobat memupuk silaturahmi diantara para blogger, belum ada update terbaru ya sobat

Untung balik lagi blog kesayangan sobat
Semoga dilain waktu tidak akan mengalaminya lagi & keep blogging sobat :D

yups begitulah sebuah akibat dari sesuatu yang dibuat oleh manusia..contohnya Google dan Blogger, tidak ada yang sempurna dari buatan manusia..pasti ada celah atau bug yang mempunyai resiko efek salah satunya seperti yang sobat alami..Blog Terhapus Temporer.
BTW-alhamdulillah blog-nya sudah kembali..keep happy blogging always :)

@wahid sahidu: betul bang pasti panik klo belum pernah ngalmi, thanks sob
@@bagi bagio: alhamdulillah, buat pngalamn, untung punya nomer hp, klo jman dulu gmna ya :), mesti dicari jwabannya knapa, sam.. thanks sob
@Asis Sugianto: mngkin jg spti itu, aktftas kita bloging mlah dianggp spam, pdhl slma ini pke lptp, alhamdulillah msih bisa pulih, thanks sob
@BlogS of Hariyanto: betul bang sllu ada resikonya, stidaknya dg kjadian tsbt sbg pngalaman yg bsa mnjdi pmblajaran, thanks bang. happy blogging too :)
@all thanks

wah sabar ya sob :)
Tenang aja kan sudah kembali

jalan jalan sore lagi ni bang disini, salam sukses ya :D

belaja dri pengalam sob...!!!! semoga yang lein ngak ngalamie seperti itu sob...!!! nice share son...!!!

alhamdulillah blog sobat sudah kembali, belakangan ini google memang bermsalah sobat, ujungnya kita yg kena imbasnya sobat...

@Rama Arif Maulana: iya sob, alhamdulillah, trims
@wahid sahidu: slmt sore sob, sukses juga buat sobat :)
@ArhyErna_Blog: ok sob, mnjd pmbljaran n lbih hati2, trims
@Asis Sugianto: iya sob, alhamdulillah, spertinya google blakangan ini spti itu, trims
@all trims atas suportnya, happy blogging

wah bisa jadi bahan pelajaran ni bang, kenapa dan bagaimananya agan masih belum tau ya sampai sekarang? musti hati hati. ane CTRL D dulu ah.

wah musti hati hati ni, ko bisa sampai begitu ya.? agan ga tau darimana dan bagaimanaya ya? wah ane CTRL D dulu ah buat waspada.

Jadi harus hati-hati yah gan. makasih ne atas ilmunya. salam dari SR11. :)

@Drieant: iya tuh sob, sebabmusababnya kurang paham, klo disldiki sih mnrut ggle aktftas sy mnglola blog ada yg dianggap spaming..mungkin itu sob, klo komen shbt Asis bsa jg krna blogging lwat Hp, bsa jd pnyebab, krna dianggp spam. mesti hati2 aja sob, ada baiknya data blog dibackup.

Syukr dah blognya udah kembali lagi,, mudahan aja gak terjadi dengan blog saya..

@Taruna: iya sob, bersyukur bnget, thanks (sorry balas komentnya disini, kelewat :))
@Kakang Adi: betul gan, slam, thanks

@Muhammad April Asry: alhamdulillah sob, smga tdk minmpa shbt, thanks

trims y sob ats tutornya....

salam sukses n semangat ;)

Mungkin si mbah lagi salah pencet tuh bang...wkwkwkwkwkw..selamat datang kembali dech bang blognya..hahahahyyyy

Saya sering menjumpai saat searching artikel untuk literatur, ternyata saat klik link muncul tulisan blog sudah dihapus. Saya pikir blog memang dihapus sama pemiliknya, ternyata juga merupakan efek dari google sandbox ya bang

stiap kjadian past ad khikmahx ya gan. Dn smg tidak trulang kjadian sprti ini lg

berkunjung sambil mennunggu postingan selajutnya sob...!!!!

Hampir kehilangan sahabat, untungnya masih bisa kembali. Selamat pagi selamat beraktifitas.

@Admin Jejak Puisi: thanks sob, slam sukses :)
@Icahbanjarmasin: lupa pake kaca mata katanya :) thanks bang icah, hahayyy
@arie5758: sptinya spti tu, bbrp artkelq akhir2 ni bbraps kna GS
@katils: iya sob, thanks
@ArhyErna_Blog: iya neh sob, blom posting lg, sering kgiatan off air
@Bagus Sugiarto: iya neh mas, alhamdulillah, met aktftas jg, trims
@all thanks

Terima kasih sahabat telah berbagi pengalamannya.Jadi kita memang harus berhati-hati yah

Semoga blog saya, gak kayak gitu yah sobat..

Mkasih infonya sob, saya jadi bisa berhati-hati

wahh ngeri juga yaa.. hii. udah tiga tahun blognya jadi partner hidup eh tiba2 dihapus. wah mantap sob infonya :D

@ferry Nurse: iya sob, smg tdk trjdi lg
@Master Sofware Mobile: smoga tdk mnimpa blog sbat, sllu brhti2
@asalasah: betul sob, thanks ya
@all, thanks

ceritanya sangat bermanfaat mas... mungkin bisa dijadikan pelajaran, agar tidak panik ketika menghadapi masaalah seperti ini... terima kasih

Semoga gak terulang lagi Sobat ....
Ngeri banget ...
mengingat betapa susahnya membangun sebuah blog

@aspa: betul bnget sob, blajar dri pngalaman
@Sundul: iya sob, palagi sudah bnyak postingannya, jg trmasuk bgian sjrh hidup
thanks sobat semua

alhamdulillah yah mas... blog yang dibanggakan dapat kembali.. :)

@arimjie blog: iya sob, bersyukur bnget, thanks ya..
@Admin ./Boriel Cyber ++==: thanks sob, ngomong2 namanya susah amat :)

Hehehe. Q juga pernah kaya gitu. Tapi itu dulu

salah satu blog pembelajaranku pernah di KO google, untung bukan blog Les Privat ini

wah seremm bro.. takut juga ane kena apuss.

Kejadian yang benar" bisa bikin shok tuh..Hhe^
tapi alhamdullillah sudah di terbitkan lagi ama google.,

Thanks sob infonya.,
Bisa buat bahan pembelajaran nih kalau sewaktu waktu mengalami hal yang serupa.,

waduh puyeng juga nih, detik ini blog ane dihapus juga sama google dan tidak faham apa alasannya

@Madjongke: wah sama nasibnya :)
@les privat gepe: pernah juga sob, jadi pngalaman brharga
@Caraku Terbaru: mesti hati2 sob, so be happy :)
@odhzar jhadeya: iya sob alhamdulillah, pngalaman brhrga buat saya
@Budi Majid: kena juga sob, wah klo kjadiannya sma sprti blog ane, mungkin bsa dipulihkan dg cara diatas, moga bsa sgra balik lagi sob

@Budi Majid: stelah sya cek mllui blog sobat, spertinya kjadian sama kyak blog ane, coba aja langkah diatas, smoga sgera pulih

wahduh jadi ketar-ketir nih.. padahal waktu tuk ngotak atik blog, hampir 80 % cuma tuk menjaga blog doang.. ckckckc..

Persis seperti yang saya alami mas. Saya sudah bisa masuk ke dashboard dan sudah saya klik pulihkan blog nya. Tapi sampai sekarang belum bisa online lagi blog nya hmmm :)

bersyukur bisa cepat pulih kembali, jadi caranya seperti itu ya mas, kalau blog dihapus google

ini jadi pelajaran juga buat bloger pemula kayak saya. makasi sob infonya.

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top