JEMBATAN SURAMADU

Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan pulau Jawa tepatnya di Surabaya dengan pulau Madura yaitu Bangkalan.

Jembatan yang awal pembangunannya diresmikan oleh Presiden Megawati dan resmi dibuka untuk umum oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada 10 Juni 2009 ini, menjadi sarana vital untuk percepatan pertumbuhan pembangunan diberbagai bidang di Pulau Madura.

Mencoba melihat dan merasakan sensasi melewati jembatan Suramadu ternyata menjadi sesuatu yang menarik. Walaupun jembatan suramadu merupakan fasilitas jalan umum, tetapi karena bentuk dan keberadaannya yang sensasional, bagi sebagian orang menjadi jujugan objek wisata yang tak terlewatkan, terutama jika berkunjung ke Jawa Timur. Untuk melaluinya kita bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dan untuk masing-masing kendaraan disediakan jalur tersendiri.
JALUR RODA EMPAT
JALUR RODA DUA
Bagi pengendara roda dua mesti lebih hati-hati, karena ruas jalan tidak terlalu lebar, bahkan disepanjang jembatan terdapat rambu dilarang mendahului. Kecepatan kendaraan juga harus diperhatikan, karena angin yang berhembus cukup kencang sehingga bisa mempengaruhi kestabilan dalam berkendara. Jangan lupa juga persiapkan kendaraan dalam kondisi baik, coba bayangkan jika mesin mogok atau ban kempis ditengah jembatan, setidaknya anda harus berjalan kaki sambil menuntun sepeda motor minimal sejauh 2,5 km.
Karena jembatan ini menjadi jujugan wisata, terutama di sisi Madura sudah banyak berdiri kios-kios yang menjajakan suvenir atau makanan khas sebagai oleh-oleh, atau sekedar melepas penat juga disediakan tempat istirahat. Perlu di ketahui bahwa jembatan suramadu sisi Madura ternyata cukup jauh dari kota terdekat di madura yaitu bangkalan. Untuk sampai di kota Bangkalan harus menempuh jarak lebih dari 10 km. Sebelum sampai ke Kota Bangkalan, sepanjang jalan masih berupa tanah kosong yang belum berpenduduk (untuk saat ini).
30 Komentar untuk "JEMBATAN SURAMADU"

saya ada rencana awal Desember akan ke Surabaya dan akan mampir ke jembatan Suramadu.

@Johson ; semoga lancar rencana perjalanannya shbt, dan bisa menikmati kemegahan jembatan suramadu

dengan adanya jembatan suramadu akan makin memudahkan orang berlalu lintas antar pulau gan

@obat sakit: betul gan, dan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat disana, krna tdk terisolir lg dg dimudahkannya akses..

kok ruas lebar jalan-nya agak diskriminasi ya bagi pengendara motor,namun apapun itu dengan segala kelebihan kekurangan-nya, jembatan suramadu merupakan salah satu karya anak bangsa yang patut di banggakan :)
jadi minat mencoba melintasi-nya suatu saat nanti

sangat menajubkan sob,kapan ya bisa kesana jadi penasaran nih,terimakasih

belum pernah menyebrangi jembatan suramadu sob...

@Hariyanto: iya sob, mungkin disesuaikan dg kpasitasnya, smga suatu saat bisa mnikmati karya anak bangsa ini dari dkat
@Marinda Jaya: betul sob memang luar biasa, smoga bisa kesana dan terobati rasa penasarannya
@all thanks commentnya

@Asis Sugianto: mesti kesana sob, pasti berkesan..

aku belum pernah melewati jembatan suramadu
padahal kalau dipikir kalau lewat di depannya sering sekali gan

@obat sakit 2011; sekali2 perlu nyempetin lewat gan, pasti menarik, wah agan ini rupanya deket ya..

golden gate nya indonesia,love,peace and gaul.

luar biasa jembatan ini, berharap bisa kesana sob..

Yes Alhamdulillah sudah dua kali kesana, kesannya indah sekali apalgi kalau malam hari, lampu gemerlap gemintang kayak di paris hehehehe ^_^

pembangunan di indonesia sangat diskriminas...coba lihat di indonesia timur,sangat memprihatinkan infrastrukturnya...

@saryadinilan: oke sob..smoga brtambah maju
@Unsyarifa: semoga bisa sgra mnikmati keindahannya
@Bisnis Online Blog: betul sob memang indah, wah deket ya sob..
@Fakhruzi: pemerintah harus lebih perhatian ya sob..bisa berakibat buruk jika tdk ada pmerataan, bisa mncul gjlak sosial
@all; thanks commentnya

Tiap kali kesini saya tak lupa melihat dan membaca postingan ini,itu sudah satu keharusan bagi saya.Kayanya saya tertarik nieh untuk wisata ke Suramadu.Nice post Gan,happy blogging ajah.

sungguh pemandangan yang indah apa bila di lihat dari tengah tengah jembatan yang membentang lautan itu sob :) wahhh jadi kepingin kesana :)

memang terasa sensasional saat melewatinya... br sekali ngerasain .... posting bagus....

@Er'end: thanks sob , smoga bisa kesana ..
@Farixsan: iya sob mmang mnakjubkan, smoga bisa ksana
@mastokkenari: wah sudah pernah rupanya, alhmdllah

trima kasih infonya...kapan ya bisa lewat di jembatan itu..

wach,cakep ya,,,jembatan suramadu,kapan kapan mau ach mampir kesana,,thank's

. . awal^ dulu aq pernah ketilang ma pak pol. huhh. gara^ nya aq berhenti. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . konyol banget . .

@Abdul Rohim S: secepatnya aja sob :)
@kehidupan: smoga bisa sgra kesana sob :)
@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : wah ksian bnget neh mba e ...pasti sering kesini ya..
@allthanks

. . sering kesini dimana?!? lha rumah aq aja deket ma suromadu kok. he..86x . .

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: ya ke suramadu to mba'e..po meneh deket situ :), asyik neh deket suramadu, klo lewat bisa mmpir...:D

. . boleh mas silahkan. he..86x. tp dengan ada nya suromadu ini jalanan jadi rame. huhh. kayak nya enak kan dulu. trz gak pake putar balik lagi. he..86x . .

Sura madu, surabaya madura atau hiu makan madu

Mari kita jaga jembatan ini karena merupakan aset bangsa yang memerlukan biaya yang cukup besar, saya bangga menjadi salah seorang yang ikut membangun di sisi Madura (Labeng).....

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top