GUNUNG PENANJAKAN; VIEW POINT GUNUNG BROMO

Gunung Penanjakan merupakan gugusan gunung yang berada disisi utara Gunung Bromo yang menjadi tempat pos pantau aktifitas Gunung Bromo. Selain menjadi pos pantau, tempat ini juga menjadi tujuan wisata untuk menyaksikan ‘The Famous Sunrise’ dan ‘The Sea of Sand’.

Gunung Penanjakan merupakan tempat yang sangat strategis untuk mendapatkan panorama eksotic kawasan wisata alam Gunung Bromo, ini dikarenakan ketinggiannya yang mencapai 2770 mdpl atau lebih tinggi dari Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2329 mdpl. 
Untuk mencapai Gunung Penanjakan bukanlah perkara yang mudah, membutuhkan perjuangan dan keberanian, karena biasanya untuk mencapai tempat ini dilakukan pada dini hari dengan jalan yang terjal dan harus melewati lautan pasir yang luas khususnya yang melalui jalur pintu masuk melalui Probolinggo, Malang (Tumpang) dan Lumajang. Sedangkan yang melalui Pasuruan relatif lebih mudah. 
Sesampainya di gunung Penanjakan kita tidak perlu khawatir walaupun tengah malam, karena disini banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman hangat, tersedia juga aneka suvenir sebagai kenang-kenangan.
Untuk menyaksikan ‘The Famous Sunrise’, kita harus sudah sampai di gunung Penanjakan pada pukul 04.00. Setidaknya bisa mencari tempat yang strategis supaya mendapatkan moment istimewa ini dengan maksimal, karena tempat ini akan penuh sesak oleh pengunjung terutama pada hari libur. Pengunjung yang datang bukan hanya wisatawan domestik tetapi banyak wisatawan asing yang juga ingin menyaksikan  ‘The Famous Sunrise’ ini.  Moment ini tidak berlangsung lama, karena itu jangan sampai terlambat datang  jika tidak ingin menyesal. Setelah ‘The Famous Sunrise’ meninggi, kita juga bisa menyaksikan ‘The Sea of Sand’ disekitar gugusan gunung Bromo dan gunung-gunung yang ada disekitarnya. Begitu menakjubkan, lautan pasir luas itu bertambah eksotic tatkala ditutupi awan putih yang menyebar dibeberapa bagian, seolah-olah kita berada diatas awan.
Setelah puas menikmati panorama alam Gunung Bromo dari atas Gunung Penanjakan, kita bisa merasakan langsung sensasi menyusuri ‘The Sea of Sand’ dan dan mendaki Gunung Bromo sampai kepuncaknya.
Dari Gunung Penanjakan kita tinggal turun melewati jalan beraspal yang cukup terjal, setelah melewati jalur menurun kita akan dihadapkan pada hamparan lautan pasir yang luas. Ternyata tidak semudah yang kita bayangkan untuk melewati lautan pasir ini, harus benar-benar hati-hati, apalagi jika menggunakan kendaraan roda dua. 
Untuk datang kesini dianjurkan menggunakan kendaraan sewaan yang disediakan pengelola wisata, karena dengan kendaraan yang sesuai medan, dengan sopir setempat yang memiliki ketrampilan dan pengalaman, keselamatan kita menjadi lebih terjamin.
Setelah melewati lautan pasir kita bisa memarkirkan kendaraan dilokasi yang sudah disediakan, dari sini banyak ditawarkan jasa sewa kuda yang siap mengantarkan kita melalui lautan pasir menuju kaki Gunung Bromo. Untuk sewa kuda rata-rata ditawarkan Rp. 80.000 untuk perjalanan berangkat dan pulang. Tetapi bagi yang menyukai petualangan lebih asyik jika berjalan kaki, dan jaraknya juga tidak terlalu jauh hanya sekitar 3 km saja.
Selain itu kita juga bisa mengunjungi bangunan pura yang letaknya sebelum Gunung Bromo.
Untuk mendaki gunung Bromo, kita tinggal menaiki tangga  permanen yang katanya memiliki anak tangga sekitar 250 buah. Hanya untuk saat ini anak tangga tersebut banyak mengalami kerusakan dan tertutupi debu tebal sebagai dampak sisa-sisa erupsi beberapa bulan yang lalu. Dengan kondisi ini dibutuhkan tenaga ekstra untuk sampai puncak Gunung Bromo, selain tenaga ekstra sebaiknya kita juga mengenakan masker karena sewaktu-waktu sering kali datang badai pasir, jangan lupa bawa air minum, karena sesampainya diatas bisa melepaskan dahaga.
Sesampainya di puncak Gunung Bromo terbayarlah perjuangan kita, karena bisa menyaksikan maha karya Tuhan yang begitu luar biasa. Untuk saat ini kawah Gunung Bromo tampak semakin terjal serta dalam, dan pagar pelindung juga sudah banyak yang rusak, jadi harus benar-banar hati-hati ketika berada disini, terlebih tempat berdiri juga sangat sempit hanya sekitar dua meter.
Dukung terus wisata Indonesia yang tidak kalah dari wisata Luar Negeri.

Baca juga Gunung Bromo ada keterangan jalur yang bisa anda lewati
24 Komentar untuk "GUNUNG PENANJAKAN; VIEW POINT GUNUNG BROMO"

Kasian ane hanya baru tahu nama besar dan keelokan G Bromo saja,ingin rasanya langsung berada di Tkp setelah membaca postingan ini.Promo wisata yang fantastik dan memikat,salam hangat kebersamaan dari Papua,makasih infonya.Happy blogging.

baru sekali ketempat indah ini,.. malem hr dinginnya minta ampun, tp indhnya pagi hari ... luarbiasa .....

Wow Amazing sekali, jujur sob ane kepingin sekali, tapi belum keturutan nih.Kuda Rp 80.000 itu diantar naik dan turun juga sob?Banyak transportasi sewa juga ya.Trims infonya.

silahkn mampir

@Asis Sugianto: smoga bisa mnikmatinya langsung sob..
@Er'end: Smoga ada kesempatan mnjelajahnya sob
@Mastokkenari: betul sob luar biasa, gak ada bosannya walau pernah ksna bbrp kali..
@Bisnis Online Blog: smoga ada ksempatan kesana so, itu dianter sampai bawah tangga sob, naiknya skitar seratus meteran lg, 80 rb jg masih bisa ditwar, tinggal pnter2 nwar aja, klo gak pake motor transpotasi disediakan, biasanya pake hardtop 4WD, sewanya skitar 400rb
@all sobat thanks commentnya

wwuuuiihh gila indah banget disana. sobat suka jalan jalan ya :D banyak banget pengalamannya di post lainnya juga

trims infonya sob.kalau malam hari transport sewa apa juga beroperasi ya?

mantabz mas bro, pesona wisata yg benar2 menakjubkan. salam sahabat

http://malangnews.blogspot.com

wah bener2 menajubkan,pemandangannya yang indah seperti di luar negri,yang kelihatan mengerikan itu pada foto kawah,kelihatan serem ya sob.

Saya pernah kesana, suhunya dingin banget yah.. Dan memang sangat elok untuk di jadikan tujuan wisata..

Furchange Indonesia

@Farixsan : ada waktu bisa lihat langsung sob..jalan2nya smbil cari sesuap nasi ;)
@B.O.B : setahu saya 24 jam sob, justru kebanyakan sewa kndaraan untk prjalanan dini hari
@Yudi: betul mas bro, mas bro pasti sering kesana..salam satu jiwa ;)
@Marinda Jaya: bener sob, tidak kalah dari wisata luar negri, kenyataannya banyak tusris asingnya
@ Muhammad Jumani: betul sob, pasti pengen kesana lagi ;)
@all thanks commentnya

Pemandanganya bagus sekali sobat..jadi followers sini juga

dari dulu cuman bisa lihat nih gunung dari gambar aja, . . saya belum pernah nih kesana, , jadi ngiri, , :D :D

kagum deh ane sama ente yang banyak waktu luang dan bisa menghibur dirinya :)

@Ferry: thanks sob
@Bayu Aldi Yansyah: smoga ada kesempatan bisa kesana sob
@Farixsan :aamiin, thanks sob
@Bagus S : kebesaran Tuhan

sangat menakjubkan, kapan ya bisa kesana.. :)

gugusan gunung d bromo emang yahud,
g bakalan rugi maen k sini pokoke puas ^_^

@Unsyarifa; siap mengantar menikmati alam bromo ;)
@KasGUs; betul mas bro, memang yahud ;)

Jazakumullah pak atas di buat kan variasi di blog saya. saya senang skali

This comment has been removed by the author. - Hapus
This comment has been removed by the author. - Hapus

BROMO TANJUNG PONDOK TANI (HOMESTAY)
Dalam rangka Memperkenalkan “Kawasan Tengger-Bromo" dari segala aspek, Kami buka Pondok Tani (Cottage) Tanjung - Tosari untuk umum
# hub per sms/tlp: *081385458993-081553258296(Dudy).* - *081249244733-085608326673(Elie)*
# Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian
* rute: pasuruan-warungdowo-ranggeh-pasrepan-puspo-tanjung KM 95 pos jaga doreng turun.(Tanjung Pondok Tani) -> (Baledono-Tosari)<-
=Menuju Bromo melalui pintu gerbang: >Pasuruan-Tosari-Wonokitri<
HARGA KAMAR :
@.kamar los + 2 km mandi luar, kapst: 9 s/d 16 orang. Rp.350.000,-/malam.
@.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 4 s/d 6 orang. Rp.250.000,- /malam.
@ fasilitas:.Kamar mandi air panas,.dapur,.kulkas,.ruang makan,.teras serba guna (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top