Gunung Merapi Meletus; ada apa gerangan?


WEDUS GEMBEL” DALAM AL QURAN ?

لِلَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا الْحُسْنى وَزِيَادَةٌ ط وَلاَ يَرْهَقُ وُجُوْهَهُمْ قَتَرٌ وَّلاَ ذِلَّةٌ ط اُولئِكَ اَصْحَبُ الْجَنَّةِ ج هُمْ فِيْهَا خلِدُوْنَ

Bagi orang-orang yang berbuat baik ada balasan yang lebih baik serta tambahan berkat yang lain. Dan muka mereka tidak akan ditutupi debu hitam dan tidak pula kehinaan. Mereka itu penghuni surga, mereka akan tetap didalamnya”. (QS Yunus: 26)


26/10/2010 lalu terjadi dua bencana besar yang melanda Indonesia, yaitu tsunami di Kepulauan Mentawai dan meletusnya gunung Merapi. Bahkan meletusnya gunung Merapi berlanjut sampai beberapa hari dan menyebabkan dampak bencana yang lebih luas serta korban yang semakin banyak. Dengan kenyataan ini, keprihatinan sangat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia. Bantuan dan relawan pun sudah banyak yang berdatangan kelokasi bencana, diharapkan bisa meringankan penderitaan para korban bencana ini.

Bencana apapun yang melanda negeri ini, selain menimbulkan penderitaan juga ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil. Walaupun menyakitkan, tidak ada salahnya kita mencoba untuk merenung dan menerkanya. Coba kita lihat tanggal terjadinya bencana ini, yaitu pada tanggal 26 bulan 10, entah ada hubungannya atau tidak, ternyata jika kita lihat dalam Al Quran pada ayat 26 surah ke 10 (QS Yunus) disitu disebutkan:
Bagi orang-orang yang berbuat baik ada balasan yang lebih baik serta tambahan berkat yang lain. Dan muka mereka tidak akan ditutupi debu hitam dan tidak pula kehinaan. Mereka itu penghuni surga, mereka akan tetap didalamnya”

Adakah yang dimaksudkan dengan “DEBU HITAM” dalam ayat ini, adalah “WEDUS GEMBEL” atau awan panas yang disertai debu berwarna gelap yang diluncurkan gunung merapi saat meletus dan yang begitu banyak memakan korban jiwa dan harta? Wallahu ‘alam.

Kita memang tidak bisa mengatakan bahwa bencana ini merupakan murka Tuhan atas kesalahan yang diperbuat manusia yang ditimpa bencana tersebut, tetapi kita harus melihat secara luas bahwa bencana ini berdampak atas seluruh elemen bangsa. Ada apakah dengan bangsa ini? Mengapa begitu banyak bencana yang ditimpakan, apakah hanya sekedar gejala alam ataukah memang ada pesan Tuhan yang hendak disampaikan atas kuasa Nya?

Marilah kita merenung, alam merupakan kuasa Nya dan apapun yang terjadi dengan alam ini juga merupakan kuasa Nya. Lantas pesan apa yang hendak Tuhan sampaikan atas kuasa Nya ini. Kalau kita lihat dalam Al Quran terutama sebelum ayat diatas, Allah swt berfirman:
Sesungguhnya misal kehidupan dunia ini adalah seperti air yang Kami turunkan dari awan, lalu bercampur dengannya tumbuh-tumbuhan bumi, diantaranya dimakan manusia dan binatang ternak. Sehingga apabila bumi telah memakai perhiasannya dan indah kelihatannya dan pemilik-pemiliknya menduga bahwa mereka berkuasa atasnya, maka datanglah keputusan Kami di waktu malam atau siang dan kami menjadikannya ladang yang telah disabit seolah-olah tidak pernah ada kemarin. Demikianlah Kami jelaskan tanda-tanda Kami bagi kaum yang berfikir. Dan Allah menyeru ketempat keselamatan. Dan memberi petunjuk siapa yang Dia kehendaki kejalan yang lurus”. (QS Yunus: 24-25)

Rupanya Allah swt berpesan kepada setiap bangsa didunia ini, jangan menjadi congkak atau sombong atas apa yang telah dimilikinya, tetapi pelihara dan rawatlah dengan baik untuk kemanfaatan umat manusia. Sehingga manusia mendapat jalan keselamatan baik di dunia ataupun diakhirat nanti. Berbuat baiklah kepada sesama manusia, serta jauhkan kejahatan dan fitnah atas sesamanya. Semoga Allah swt senantiasa melimpahkan rahmat serta kasih sayang Nya kepada bangsa tercinta ini dan diringankan beban penderitaan seluruh korban bencana dimanapun terjadi saat ini, aamiin.
Tag : Unik
13 Komentar untuk "Gunung Merapi Meletus; ada apa gerangan?"

semoga ALLAH senantiasa memberikan kesabaran bagi semuanya...

smoga bncana sgra reda

abu di merapi itu kyknya warna putih bukan warna hitam . ,

semoga korban2 tsb bukan org yg dibenci Allah . ,

Terimakasih atas pencerahannya sob

@marso: Smoga mrka mndapat ktawakalan
@ladida: bner sob, intinya debu, ya memang smoga Allah swt snantiasa mngasihi mrka
@kisah: smoga dihindarkan
@safrudin: sama-sama, smga Allah swt mmbrkati bangsa kita

ya sob Alloh memperingatkan kita agar tidak sombong di muka bumi ini

smoga kta smua mnjadi orang yng snantiasa introspeksi diri, & slalu mrasa rendah dhadapan Nya, amin

Menurut Ane "debu hitam" dalam ayat diatas bermaksud konotasi atau kias.

@endowment: apa yg saya tulis diatas hanya sekedar mncoba mngkaitkan prstiwa alam dg apa yg ada dlm Al Quran, kbnarannya hanya Allah swt yg tau, wallahu 'alam, & smg bsa ada hikmahnya, tp pd dasarnya sy juga setuju dg sobat krna memang bisa brmakna knotasi, thanks commentnya..smga mnambah wwasan sy

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top