Falsafah Puasa Ramadhan

filosofi puasa ramadhan
Puasa, Menjadi Arjuna

Arjuna dalam pewayangan merupakan salah satu tokoh dari lima bersaudara Pandawa. Pandawa terdiri dari lima orang yaitu, Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Dalam syiar Islam di Indonesia, kelima tokoh pandawa ini mempresentasikan rukun Islam. Arjuna sebagai saudara ketiga, identik dengan ibadah Puasa.

Silahkan Baca: Islam dalamPewayangan

Sosok Arjuna digambarkan sebagai tokoh yang sangat tampan, lemah lembut, pemberani, pemanah ulung, pembela kebenaran, senang tirakat dan idola kaum wanita. Arjuna merupakan rangkaian dari suku kata Ar, ju dan na. Ar kependekan dari kata Arsa, artinya akan atau mengharapkan, Ju kependekan dari kata maju, dan Na kependekan dari kata rahina, artinya terang karena penerangan dari langit atau agama. Jadi, ARJUNA bermakna mengharapkan kemajuan atau kesuksesan ruhani (agama). Sejalan dengan amalan ibadah Puasa, bagi yang berpuasa akan menjadikan hatinya suci. Karenanya Tuhan berkenan mengaruniakan petunjuk, yang membuat hatinya penuh cahaya rohani.  Oleh karena itu sejarah membuktikan bahwa sebelum para nabi menerima petunjuk (wahyu), biasanya mereka melakukan puasa lebih dahulu atau tirakat.

Arjuna sebagai tokoh yang tampan mengisaratkan bahwa Ibadah Puasa di bulan Ramadhan memiliki pesona pahala luar biasa, yang menarik hati kaum Muslim untuk mengamalkannya. Sedangkan keahliannya dalam bertempur dan memanah, merefleksikan Ibadah Puasa sebagai senjata untuk melawan hawa nafsu. Sifat lemah lembut Arjuna merupakan manifestasi kasih sayang orang yang berpuasa kepada sesamanya. Saat berpuasa kita merasakan sebuah pengalaman riil menjadi orang yang terbatas dengan makanan. Hal ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa empati serta jiwa sosial kita dengan banyak bersedekah.

Puasa, Seperti Jari Tengah

Arjuna dikenal juga sebagai Ksatria Penengah, maka jika kita menilik lima jari tangan kita maka Arjuna seperti jari tengah. Sebagaiman tokoh Pandawa, kelima jari tangan kita juga bisa menjadi simbol kelima rukun Islam. Nah, untuk puasa, jari tengah menjadi simbolnya.


Jari tengah letaknya berada ditengah (ya jelas OM, mosok dipinggir), jika disejajarkan dengan jari lain maka posisinya menjadi paling tinggi. Jika dikaitkan dengan puasa, maka orang yang berpuasa akan memperoleh derajat rohani yang tinggi di hadapan Allah SWT.

Jari tengah juga terlihat menjadi penyeimbang bagi jari-jari lainnya. Seperti halnya puasa, orang yang menjalankannya bisa menyeimbangkan emosi sehingga mengendalikan hawa nafsunya. Karenanya terhindar dari segala pengaruh keburukan dan godaan maksiat.

Saat berpuasa, jangankan yang haram atau yang dilarang, barang-barang atau hal-hal yang halalpun kita tinggalkan. Menjadi pelajaran hikmah yang begitu luhur, mentarbiyati kehidupan jasmani dan rohani kita untuk menjadi insan yang lebih baik.

Sumber dari tulisan saya sebelumnya:
-Falsafah Jari Tangan dan Rukun Islam
-Islam dalam Pewayangan
Tag : Ibadah, ISLAM
17 Komentar untuk "Falsafah Puasa Ramadhan"

Orang beriman bisa dilihat dari puasanya ...

Moga saja kita slalu INGAT dengan ALLAH SWT..amiin.

Banyak belajar tentang falsafahnya mas, bener sekali puasa adalah penyeimbang segala betuk dari nafsu, agar kita selalu mengindari nafsu-nafsu yang buruk.

jari tangan di bikin 5 karena untuk berpikir ya kang...sesuai rukun islam dan iman...kalau yang tengah penyeimbang...maka yang lainnya akan seimbang dengan kekuatan sabar dan tawakkal ya kang...ok deh terima kasih atas pencerahannya.

setuju...maka dari itu puasa juga tempat untuk merenungi perjalanan hidup, sekaligus untuk sadar kalau kita perlu berbagi untuk kesejahteraan bersama.

orang yang baik imannya akan terlihat dari tingkah laku saat berpuasa....karena bisa terlihat tenang dan menenangkan...iya gak admin?

Waaahhh keren mas, cerdas, saya suka artikel kayak gini, seperti ada isinya gitu, tapi ringan... :)

Dapet buku beginian dimana gan ?
-Falsafah Jari Tangan dan Rukun Islam
-Islam dalam Pewayangan

Seperti jari tengah
Puasa membawa kita kederajat tinggi dan berkah
Sungguh indah beribadah
Keberkatan pun terus tambah

itu artikel mas, postingan saya yang lama, ada linknya di artikel diatas, yg warna biru muda

wah mbah dinan ini, saya seneng dg wejangan mbah juga

nah itu, sempurna, endingnya empati untuk sesama

iyo mbah, mbah dinan pasti lebih pengalaman :)

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top