DONOR DARAH DAN MANFAATNYA BAGI KITA

Ekspresi pendonor pemula

Donor darah memberikan manfaat dan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Inilah yang menjadi salah satu alasan bagi saya untuk selalu rutin per tiga bulan mendonorkan darah. Manfaat lain yang tak kalah penting adalah bisa membantu sesama yang membutuhkan.
Bersama rekan-rekan remaja masjid di Sidoarjo, akhir pekan kemarin (19 Januari 2014) kami mengadakan bakti sosial berupa donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sidoarjo, serta pengobatan gratis dan bazar murah bagi warga sekitar. Bukan bermaksud pamer kegiatan sosial, tapi semata-mata berbagi informasi akan manfaat donor darah bagi kita semua.

Pemeriksaan dan pengobatan gratis dokter

Bazar murah; menyediakan sembako

Donor darah bersama

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan dan Sesama
1. Mengontrol kesehatan secara teratur, seperti tekanan darah, kadar HB
2. Mengurangi resiko penyakit jantung, hipertensi, dan kolestrol.
3. Mendeteksi penyakit berbahaya, seperti HIV, Hepatitis, dll
5. Meningkatan produksi sel darah merah, karena adanya regenarasi sel.
6. Memperlancar peredaran darah dalam tubuh.
7. Membantu menurunkan kelebihan berat badan.
8. membantu menyelamatkan nyawa orang lain.

Syarat-syarat Donor Darah
1. Umur 17 – 60 tahun
2. Berat badan minimal 45 kg
3. Kadar hemogoblin 12,5 g/dl atau lebih
4. Tekanan darah 100 – 180 / 60 – 100 mmHg
5. Tidak berpenyakit jantung, hati, paru-paru, ginjal, kencing manis, pendarahan, kanker, penyakit kulit kronis, malaria, hepatitis, HIV/AIDS, Sypilis
6. Bagi wanita tidak sedang hamil, menyusui, menstruasi
7. Tidak menerima donor darah/komponen darah 6 bulan terakhir.

Beragam Ekspresi Pendonor ketika Ditusuk Jarum

Tetap Ceria

Pandangan Kosong

Lebih Baik Pasrah

Serasa melayang

Menahan Sakit; Tahan Nafas

Tanpa Ekspresi

Tetap eksis di medsos

Tetap Pede aja

Senyum selalu; meski dipaksakan
Tag : Unik
58 Komentar untuk "DONOR DARAH DAN MANFAATNYA BAGI KITA"

Waah kegiatan yang bagus juga pak, Alkhamdulilah saya sudah pernah dua kali mendonorkan darah. namun sayangnya saya tidak setiap per 3 bulan sekali, seadanya saja.. hehe
Salam Sukses selalu pak.

Waktu kuliah dan msh aktif di KSR Kampus mah tika aktif donornya, udah 7 kali.. Tp sudah lama tidak donor lagi..

Benar skali, sy sendiri pun merasakannya dulu bahwa dgn sering donor darah membuat berat badan sy turun...

Waktu kuliah dan msh aktif di KSR Kampus mah tika aktif donornya, udah 7 kali.. Tp sudah lama tidak donor lagi..

Benar skali, sy sendiri pun merasakannya dulu bahwa dgn sering donor darah membuat berat badan sy turun...

jujur saja saya belum pernah donor darah, karena segan kalau disuntik...

@dadang hidayat: wah sudah pernah jg ya mas, smoga bisa mnjadi rutinitas :)

@Etika Maria: mesti dilanjutkan lagi mba' Tika, sayang darahnya :) apalagi sdah mrasakan manfaatnya

@Beranda Kata: biar nggak segan, mesti dicoba sob :)

Kegiatanannya sangat bagus Kang, apalgi untuk kepedulian sesama. Dan pastinya sangat bermanfaat untuk kemaslahatan orang banyak.

Salam

sampe sekarang saya belum pernah donor darah nih ,,,hehe

wkkkwk.. sampe didokumentasikan hehe

saya belum pernah kalau sampai donor darah...sebab kalau cek darah saja saya pejamkan mata...ngeri

Donor darah sebenarnya berguna sekali ya. soalnya kemaren liat tetangga yang sedang sakit. beliau membutuhkan darah Namun Stok darah sudah habis. Sedih juga liatnya..
Bener gak sih, donor darah bikin ketagihan..terus kalau orang sudah sering donor darah tapi gak donor lagi bisa sakit..

met pgi kang. wah trnyata banyak ya mas manfaatnya. trmksih bnyk kang infonya.

@Indra Kusuma Sejati: makasih pak, smoga berkelanjutan

@fiu choppie: boleh dicoba, kalo memenuhi syarat :)

@Intan Sudibjo: biar keliatan ekspresinya sob :)

@jenx indah: biar nggak ngeri dicoba mba' :)

@Achmad Fazri: bener mas, stidaknya bisa mmbantu yg mmbutuhkan, pas kmari di PMI kata petugas stok O jg kosong, kbetulan saya O, jadi pas banget.
kalo sakit saya kira bukan karena tdk donornya, memang kalo habis donor trasa lebih nyaman buat tubuh, meski nggak signifikan, tapi setidaknya kita jadi tau kondisi kesehatan kita, karena dicek tkanan darahnya. kalo sudah pernah memang pengin rutin terus, mungkin bisa dibilang ketagihan yg positif :)

@Brebes VS Lamongan: slamat pagi mas, smoga bermanfaat, dan slamat aktifitas pagi jelang siang :)

Donor darah adalah MULIA. Satu tetes darah bisa menyelamatkan NYAWA. Saya selalu mendorong kawan kawan saya untuk DONOR DARAH di PMI. Walau begitu banyak orang yang mau DONOR, tetaplah harus lolos seleksi dan pemeriksaan Dokter PMI dahulu. Jika lolos TEs Darah, artinya darahnya Layak baru boleh donor

jadi pengen donor darah tapi takut di suntik ? :-D

saya belum pernah sekalipun mendonorkan darah saya mas...pengen sih tapi takut di suntik dan katanya setelah donor itu mbliyeng ya? hehehe
membaca penjelasannya kok ya pengen juga mengikuti anjuran itu

@Asep Haryono: benar sekali kang asep, smoga makin bnyak yg mau donor

@Mukhamad Sholikudin: sekali pernah nggak takut lagi, dijamin :)

@Agus Setya: mbliyeng sitik mas, sak bare yo biasa neh, biasane karena kpikiran

@Pri Enamsatutujuh: gedangan mas :)

hamdalah, sungguh mulia Pak Wong...donor darah bikin badan sehat (kata temen saya)...sayangnya saya ndak bisa donor darah karena berat badan saya nggak ada 45 kg...

ketawa semua gan,, heheheheh . itu berarti orang ikhlass ya

ternyata manfaat ganda ya kalau donor darah, pertama amal kedua sehat

ternyata manfaat ganda ya kalau donor darah, pertama amal kedua sehat

temen gue pengalaman oom..
pas waktu donor darah, jarumnya pake tinta. jadi pas selesai donor darah, tangannya jadi ada gambarnya..

Pernah waktu sekolah dulu Boku ikut donor darah, tapi saat itu setelah donor darah rasanya ngantuk terus, mungkin Boku lagi kurang fit..

ternyata banyak juga ya mas manfaat dari donor darah, tapi saya malah takut nih :)

Enak ya sebetulnya kalau donor darah, sekalian bisa cek tensi darah, kadar HB secara gratis. hehe

@khusna khairunnisa: mesti dinaikin brarti mba' BBnya :)

@febriansyah haq: kliatan dari senyumnya ya :)

@Wisata Murah: lengkap brarti pak :)

@oomguru: haha..batik malahan

@Boku no Blog: memang harus fit mas, biar dampaknya jg baik buat tubuh, biasanya kan diperiksa dulu

@Wahyu Eka Prasetiyarini: kalo takut dimenin mba' :)

@Muh Hendrik: nah itu salah satu keuntungannya :)

saya juga pernah beberapa kali donor darah, bagus juga buat kesehatan kita yah sob, selain itu seneng juga bisa bantu orang dengan darah kita :)

Haha saya mah gak berani donor haha

Sekalipun blm pernah mendonorkan darah, soalnya badan sya gag besar.

aku malah dah taunan ga pernah donor lagi
padahal badan lebih seger, makan lebih enak kalo abis donor. apalagi kalo mbak mbak yang pmi nya cakep, betah rasanya... :D

ane terkahir kali donor 2 tahun yang lalu sekarang setelah menikah malah blum blas.. hehe.. kalo donor enak sih di kasi susu ama roti ama PMInya :D

Sehat nih badan kalau kita mau ikut donor

@Wahyu Alfiansyah: gedangan, deket aloha arah bandara mas

@Anthonie Eka: bener banget sob, berbagi apa yg kita miliki, dan nggak perlu beli :)

@Mohammad Robih: coba dulu sob :)

@MaYa KayLa: skali2 dicoba mba' :)

@capung2: yg penting memenuhi sarat sob, wah perlu digemukin :)

@Rawins: bisa pasang modus mas :)

@Rachmat Kiki: kmarin dapet mie sama p*cari :)

@Cahyo Kusumo: nah itu sob...

saya dulu sering donor pas masih di SMA :)
orang kalau belum pernah donor pasti meringis pas dipegangi doank ya mas, padahal belum dicubles, hehehe :D
makasih telah berbagi :)

Sepertinya acaranya seru ya, ngakak liat berbagai ekspresi pendonor darah haha :D

Waahahaha ekspresinya unik unik mas, donor darah sakit diawal doang dan tegang pas pelaksanaan

@Indri Lidiawati: bisa dilanjutin tuh mba'..wah bener tuh sdah nyengir duluan :)

@Elfrida Chania: bener rame, ya tuh unik2 ekspresinya, palagi yg perdana :)

@Muhamad Wahyu: hehe, nah itu sob, mesti dibawa rileks biar nggak tegang :)

Salam suatu tindakan yang sangat manusiawi yah Mas
Ini sangat Mulia karena Donor Darah adalah menyelamatkan nyawa orang lain, di samping
Terkontrolnya kesehatan dalam tubuh kita. Lanjutkan
Mas Wong Insya Allah usaha ini tidak sia-sia Dunya dan
Akherat salam saling peduli sesama :-bd

Tetap tersenyum demi untuk kepedulian sesama
Yah Mas Wong. semoga tindakan dan rasa kepedulian
Ini di berkahi Allah SWT Amin

@Saud Karrysta: aamiin, matur suwun mas saud...
smoga bisa saling berbagi untuk sesama selagi bisa

banyak juga manfaatnya, ntar kalo ada acara donor darah mau nyoba

Saya kok malah ngeri ya kalau lihat jarum suntik, he he...

@Yaumil Akbar Firdaus: monggo sob bisa berpartisipasi, smoga bermanfaat

@Kang Sun: jarumnya segede bagong kang, hehh...hehe :)

ternyata bagus sekali manfaatnya ya mas donor darah itu, saya belum pernah. takuuuuuuuuuuuuuuuut

banyak juga manfaatnya, kang..tambah sehat tambah pahala besar lagi, menyelamatkan banyak orang

hehehe...jujur, saya termasuk orang yang masih takut banget sama donor darah.. ngeri sama jarumnya. padahal saya pernah bekam, tapi bekam kan ga berasa sakit, sedangkan kalo donor darah takut sakit..hehe...

Ternyata donor darah banyak juga manfaatnya ya gan.. :)

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top