GUNUNG SLAMET, JAWA TENGAH

Lokasi Gunung Slamet
  
di puncak Gunung Slamet, untukmu ibu
“Pendaki sejati tak pernah ingkar janji”
@arifOmkrucil#pendakian untuk ibu

  
Kawah Gunung Slamet

Gunung Slamet terletak di perbatasan antara Kabupaten Purbalingga, Banyumas, Pekalongan dan Tegal. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah atau nomor 2 di Pulau Jawa setelah Gunung  Semeru Jawa Timur. Gunung setinggi 3.432 mdpl ini termasuk gunung berapi aktif, letusan besar terakhir terjadi pada tahun 1988.

Jalur Pendakian Gunung Slamet

Trek menuju puncak, berbatu

Ada beberapa jalur pendakian untuk mencapai puncak Gunung Slamet, diantanya dari utara melalui Gambuhan, dari Selatan lewat Baturaden, dan Timur  lewat Bambangan, Purbalingga.  Jalur Bambangan dan Gambuhan dianggap sebagai jalur paling dekat dan lebih aman, sehingga lebih sering digunakan, sedang jalur baturaden cukup berbahaya.

Pos 4 Samarantu

Seperti pendakian kali ini menggunakan Jalur Bambangan. Dari Bambangan melewati beberapa pos diantaranya dari Base camp/pondok pemuda menuju pos 1  Pondok Gembirung (1 jam), pos 2 Pondok Walang (2 jam), Pos 3 Pos Cemara(1 jam). Pos 4 Samarantu (1 jam), pos 5 Pos Air (1 menit) disini ngecamp dan dilanjutkan summit sebelum subuh, Pos 6 Samyang Rangkah (1 jam), Pos 7 (1 jam), palawangan (1jam), puncak (1 jam).

Puncak Gunung Slamet

Seperti umumnya di puncak gunung berapi aktif, sebaiknya jangan berlama-lama, karena beresiko dengan gas beracun, terutama menjelang tengah hari. Karena pendakian dilakukan di bulan Desember, curah hujan cukup tinggi, hal ini juga perlu diantisipasi. Khusus pendakian kali ini didedikasikan buat para ibu yang telah melahirkan anak-anaknya.


Diatas awan

GUNUNG SLAMET; Pendakianku untukmu Ibu

Hari ini ku berhasil menggapai puncak tertinggi Tanah Jawa (tengah).
Ibu, kau lah yang membuat aku hebat seperti ini.
Gagah perkasa laksana Gunung Slamet yang tinggi jumawa.
Ibu, rasa kasih sayangmu mengalahkan tingginya Gunung Slamet.
Kesabaranmu mengalahkan indahnya panorama Gunung Slamet.
Ibu, hari ini ku dedikasikan pendakian puncak Gunung Slamet ini untukmu.
Walau aku tahu, ini belum ada apa-apanya, bila dibandingkan dengan jiwa raga yang kau pertaruhkan ketika melahirkanku ke alam dunia.
Walau aku tahu, ini belum seberapa bila dibandingkan dengan perjuanganmu yang penuh dengan air mata membesarkanku sampai dewasa.
Ibu, ribuan langkahku ke atas puncak Gunung Slamet ini, mengingatkanku ketika kau berjalan mencari sesuap nasi untuk anakmu ini.
Ibu, ketika sesak dada ini kehabisan napas di tengah pendakian, ku teringat begitu dahsyatnya usahamu membuatku jadi orang agar hidup tidak kesusahan.
Ibu, ketika aku kehujanan kepayahan dalam petualangan pendakian ini, ku teringat begitu hebatnya engkau menahan malu meminjam uang kesana kemari hanya agar aku bisa bayar uang sekolahan & ujian.
Ibu, ketika dahaga mencengkeramku dalam upaya penaklukan ini, ku teringat betapa luar biasanya kau menyiapkan dan memberi aku makan agar tidak kelaparan & mati kehausan dari sejak buaian.
Ibu, Ku dedikasikan semangat jiwa pendakian Gunung Slamet ini hanya untukmu.
Permata hatiku.Tempat terindahku dikala jemu mengarungi dunia yang penuh dengan sejuta palsu.
Ibu, Keindahan kesejukan Gunung Slamet belum seberapa bila dibandingkan dengan syahdunya do'a-do'a kudusmu untukku.
Gelegar kemarahan Gunung Slamet belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan kutuk laknat do'a kemarahanmu pada anak-anakmu, jauhkan itu.
Ibu, ku menyayangimu melebihi besarnya Gunung Slamet.
Ibu, doakan aku semoga SLAMET dunia dan akhirat, aamiin

@Sajak2KiSWAH#Dinuperdian


Sumber:
Report pendakian dan gambar @arifOmkrucil


42 Komentar untuk "GUNUNG SLAMET, JAWA TENGAH"

Keren sekali eh, Tika belum pernah daki gunung..
Adek saya juga seorang pendaki, waktu kuliah dulu dia anak mapala... setiap kali pulang dari mendaki beliau pasti deh pamer foto ke aku, ih bikin ngiri euy...

mau sih ikut daki, tapi gak sanggup bawa bekalnya hehehe :D

Selamat Pagi Mas Wong gak ketinggalan saya simak
Adventure pendakian Gunung slamet sebagai Gunung
Tertinggi no 2 di pulai jawa ini. salam sukses Mas Wong
Sangat Indah Panorama juga Teks artikelnya Tentang Ibu

indahnya .... itu puncak gunung slaemt tho ....

mantap gan, pengalaman luar biasa bisa mendaki setinggi itu :)

Perjalanan mendaki yang luar biasa pastinya, rasa cape pasti terpuaskan dengan pemandangan luar biasa di puncak Gunung Slamet. Lebih keren karena perjalanan ini dipersembahkan untuk ibu tercinta.

dedekusn.com

Sangat berkesan untuk mendaki sebuah gunung tertinggi di jawa tengah, mengingatkanku pada pendakian gunung ciremai ( tertinggi dijawabarat) bersama teman - temanku, namun bukan untuk ibuku, tetapi untuk persahabtan :) Salam sukses

Sukses pendakiannya mas...waduh tantangan yang mengasikkan aalah menjadi pendaki gunung...sukses selalu

Lihat fotonya jadi ngiri nih, keren...pengen banget kesana!

wah sepertinya baru aja muncak di semeru, ini sudah muncak lagi di gunung selamet hehehe :D luar biasa mas :)

wow sungguh keren dipuncak gunung berpose dengan tulisan "mamah i love u" hehe...pemandangnnya sungguh sangat indah sekali mas

momen yang sangat penting, kalau berhasil sampai di puncak kepuasan tidak bisa digantikan ya mas

Bahgianya saat mencapai puncak tak ternilai dan tak bisa di lukiskan kata kata. Sayang ga bisa berlama lama di puncaknya

susah payah ketika mendaki, saat tiba dipuncak kepuasan hatipun luruh oleh kebesaran Yang Maha Kuasa ya mas
sungguh pengalaman yang mengagumkan

Hadir kembali Mas Wong saya di artikel
Indahnya Gunung Slamet salam sukses
Mas Wong dan selamat jelang tahun baru
2014 semoga tambah sukses yah Mas Wong?

asyiiik. kalo ini sih gunung paling sering saya naiki, Mas.dan langganan naik hampir selalu dari Bambangan. cuma 2 kali aja saya lewat Baturraden

Kereeeen fotonya, spesial hari ibu :)

mamah ini ibunya mas crew atau istrinya ? hehehe
jadi ingat lagunya iwan fals, ibu..masih terus berjalan walau telapak kaki penuh darah penuh nanah.

Sking tingginya dari daerah saya keliatan puncaknya kalo pagi-pagi.

Jadi ingat jaman muda mendaki kawasan gunung Slamet Jawa Tengah yang indah. Kalau sekarang hanya dapat melihatnya saja dari gambar Kang. Hm,,,,, jadi kangen......


Salam,

Wah, kl yg aktif gini, saya mundur dulu deh, mas. H-hee...

kapan-kapan . . . diposting yah . .. jika sobat sudah menaklukkan puncak gunung rinjani Lombok :D

wauau indah nian yaaaa
anak mama juga ya mas

Penjelajah alam ya mas? wiihh :D
kapan kapan ke gunung semeru mas :D hehehe

Admin
Cyber4rd.blogspot.com

Indah juga gunungnya mas, tapi apakah gunung ini masih hidup???

Selamat Malam Mas Wong masih penasaran saya
kembali mengunjungi artikel yang penuh keindahan
Gununung Selamet ini Mas. o ya Selamat Tahun Baru
2014 Mas Wong semoga makin sukses buat Mas Wong
Sekeluarga salam hormat selalu Mas :)

Ceritanya seru mas.. trs foto2nya keren2 pula,, menggiurkan saya utk 'pengen' mendaki haha.. :D

kalau sama gunung lawu beda ya mas. hanya orang yang memiliki jiwa pemberani dan kuat yang bisa mendaki gunung tersebut..

saya malah belum pernah nnich lihat gunung selamet, soalnya tempat nya agak jauh :)

Kalo dari tp istri sy gunung ini keliat jelas dari depan rumah

wah jadi pengin hiking lagi nih mas, udah lama ga naik gunung hehe...gunung slamet indah banget ya mas...

Selamat tahun baru 2014, daki gunung lagi kah sambut tahun baru nya :)

tadabbur alam itu menyenangkan, sayang fisik ga kuat kalau naik gunung

kren sekali sob, sungguh menakjubkan

ah elah si om
bikin kangen aja...

dulu hampir tiap minggu aku nongkrong disini.
paling keren emang jalur baturaden. eh dulu belum ada jalurnya ding tapi merintis jalur baru. tapi gagal mulu gara gara digangguin entah apa, hehehe...

wah serasa duduk di atas awan

Suka ngedaki Mas??
Rencana Februari saya juga ke selamet..:)
Folbek yo..:)

Selamat Malam Mas Wong maaf baru mampir Lagi di
Artikel Mas Wong. di hari ke enam tahun baru 2014 ini
Salam silaturahmi yah Mas Wong? Gunung Slamet
Tetep yang terindah di Jawa tengah :)

Keren Mas pendakiannya. Bersatu dengan keindahan alam

foto2nya bikin ngiri.... keren banget :)

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top