MANFAAT DONOR DARAH

Kepedulian pada Kemanusian dan Kesehatan
Donor darah bagi saya sudah menjadi rutinitas per tiga bulanan yang tidak pernah terlewatkan. Donor yang kesekian puluh kali ini, terasa special karena berhasil mengajak rekan-rekan untuk ikut serta sebagai pendonor pemula. Mereka tertarik dengan manfaat donor darah bagi kesehatan dan kepedulian sosial, karena setiap 
tetes darah yang kita donorkan memberikan dampak baik bagi kesehatan dan yang terpenting dapat memberikan kesempatan hidup bagi penerima donor.

Berikut beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan dan kepedulian sosial:
1. Mengontrol kesehatan secara teratur, seperti tekanan darah, kadar HB
2. Mengurangi resiko penyakit jantung, hipertensi, dan kolestrol.
3. Mendeteksi penyakit berbahaya, seperti HIV, Hepatitis, dll
5. Meningkatan produksi sel darah merah, karena adanya regenarasi sel.
6. Memperlancar peredaran darah dalam tubuh.
7. Membantu menurunkan kelebihan berat badan.
8. membantu menyelamatkan nyawa orang lain.
9. Mendapatkan kalender tahun baru 2013, maklum akhir tahun, makanya buruan sebelum kehabisan :)

Syarat-syarat Donor Darah
1. Umur 17 – 60 tahun
2. Berat badan minimal 45 kg
3. Kadar hemogoblin 12,5 g/dl atau lebih
4. Tekanan darah 100 – 180 / 60 – 100 mmHg
5. Tidak berpenyakit jantung, hati, paru-paru, ginjal, kencing manis, pendarahan, kanker, penyakit kulit kronis, malaria, hepatitis, HIV/AIDS, Sypilis
6. Bagi wanita tidak sedang hamil, menyusui, menstruasi
7. Tidak menerima donor darah/ komponen darah 6 bulan terakhir.

Persiapan sebelum Donor Darah
Sebelum donor darah sebaik jaga kondisi badan selalu fit, yaitu dengan cukup tidur pada malam harinya dan sedikit olah raga pada waktu pagi, setidaknya bisa memacu kinerja aliran darah. Cukupi gizi makanan dengan menu yang lebih special dari biasanya. Seperti yang saya lakukan bersama rekan-rekan sebelum donor darah kali ini.
Pada malam hari sate kambing menjadi menu special sebagai hidangan makan malam.
Tidur tidak terlampau larut, sekitar jam 11 malam sepakat sudah tidur semua.
Paginya bangun jam 3 persiapan olah raga jasmani rohani dengan shalat tahajud dilanjut shalat subuh.
Selepas Shalat Subuh olah raga ringan jalan pagi di seputaran kompleks Bandara Abdur Rahman Saleh Malang menjadi pilihan, kebetulan tempat tinggal berada di sebelah bandara. Udaranya masih sangat segar, walaupun dekat bandara tetapi masih banyak kita jumpai pepohon hijau yang rimbun dan hamparan sawah yang luas.
Sekitar pukul 8 pagi sudah kembali kerumah untuk sarapan pagi dan persiapan menuju PMI kota Malang.
Minggu, 9 Desember 2012 pukul 11.00 wib donor darah sukses  kami laksanakan, Alhamdulillaah.
Tag : Unik
46 Komentar untuk "MANFAAT DONOR DARAH"

Postingan yg sangat bagus...
memang banyak sekali manfaatnya donor darah, dan yg lebih penting adalah untuk kemanusiaan guna menyelamatkan nyawa org lain yg sangat tinggi nilainta,...
Kegiatan yg baik dan bermanfaat sobat
semoga tetap sukses dan maju terus
terima kasih yah sudah berbagi

mlm genk. trmks,ni infonya genk. ini yng bikin tertawa hahah. Pada malam hari sate kambing menjadi menu special sebagai hidangan makan malam.
Tidur tidak terlampau larut, sekitar jam 11 malam sepakat sudah tidur semua.

@Penyuluh Perikanan: thanks sobat, selagi masih diberi kempatan :)
@Brebes VS Lamongan: met mlm jg, wah iya itu..hehe, sbenarnya terlalu larut :)

Wah kalau saya takut pas darah kita di ambil sob. Serem he he he.



berbuat sesuatu untuk sesama plus menjaga n meningkatkan kesehatan pada diri ya mas...duble manfaat yg di dapat...

Tapi takut juga,..

Ingat kalau sakit harus di suntik ngeri rasanya...

wah, ane hingga saat ini belum pernah donor gan... takut jarum suntik soalnya... heeeee

Betul banget bang manfaat dari donor darah memang banyak sekali,kalau saya biasanya disaat ada keluarga yang membutuhkan bang langsung saya tampil..hahahhayy

@Masnady: mesti dilawan rasa takutnya, skli coba pasti ketagihan :)
@budi os 19: betul bnget mas, slagi masih bisa
@Bagus Sugiarto: wah mas bagus ini, lagian jauh dari hati nusuknya :)
@Cendekiawan IT: wah jarumnya mesti dibungkus biar gak klihatan :)
@Icah Banjarmasih: kyak superman bang hahahhayy :)

Terimakasih atas Infonya
Ohh iya, maaf ganggu, saya cuma ingin mengajak anda bekerja sama.
Maksud kerjasama itu adalah, anda Follow Blog saya, nanti akan saya FOLLBACK.
Dalam pengertian YOU FOLLOW I FOLLBACK.
Semoga mau yah?

@Muehammad Yuezha: ok, cuma link blognya kemana?

sate kambing nya tuh mas...bikin kepengen...wkwk :)

TEruskan saja Sobat, ini merupakan kegiatan yg mulia, semoga yg kuasa tetap memberikan yg terbaik dan ia lebih tahi akan apa yg dilakukan hambanya
sukses selalu kawan

sungguh mulia sobat ini sebagai pendonor darah yang aktif, semoga menjadi berkah bagi semua, bagi sobat sendiri dan yang membutuhkannya.

@budi os 19: tu mmang special mas, jarang2 :)
@Mas Tosu: bner sob, buat diri sndiri dan org lain
@Wahyu Andini: aamiin, trims sobat
@TABUHGONG: aamiin, trims sobat

wah nice post sob,makin nambah ilmu ane.,
dan maaf baru bisa berkunjung..
#commentback

@romi boz: ok gan, thanks
@pemula.info: thanks kawan
@blog-supercoolzz: sama2 gan :)

ternyata jiwa sosial sobat emang bener2 tinggi
pasti sobat orang yang sehat, pastinya, klo ga sehat mana mungkin bisa donor darah, hee
:D

mampir lagi mas sekalian silahturahmi di sini :)

wahhh ternya banyak juga manfaatnya , setau saya cuma membantu orang yang membutuhkan ..

trims infonya sob .. ^_^

Informasi yang sangat menarik sobat..
Penuh dengan pembelajaran akan indahnya berbagi dengan makhluk sosial lainnya..
Salut sob dengan aktifitasnya..
Dan ternyata mendonorkan darah juga sangat bermanfaat ya buat tubuh kita..
Baru tau saya..
Terima kasih deh untuk informasinya..

. . wauw,, makan sate. aq mau,, aq mau,, he..86x. oia tuch nampank nya kok gak ajak^ aq sich. huhh . .

@Agung Ak: alhmdlh donor bsa jadi sara mngontrol ksehatan, thanks sob
@budi os 19: monggo sobat...:)
@emmethe: iya sob, simbiosis mutualisme :)
@odhzar jhadeya: betul sobat, bermanfaat untuk semua
@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: ane jg cuma nampang tngan doang, yg paling atas :), ntar deh klo narsis bareng2, he..86x

wah mas . . kalo saya takut sama jarum yang segede bagong itu jeh :D

asyik Mas. saya juga Alhamdulillaah rutin donor darah. badan jadi sejuk dan kepala jarang cekot-cekot, hehe

@ADS: supaya gak takut mesti nyobain :)
@zachflazz: alhamdulillah, betul bnget mas..badan trasa lebih fit

kalo saya belum memenuhi syarat jadi pendonor sob, berat badan aja masih kurang hihhii :D

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: ntar dicall :)
@Cirebon-Cyber4rt: masih slim ya sob..mesti terapi gemuk kyaknya :)

Saya juga Pernah melakukan kegiatan Donor darah, malah kalau ditempat saya itu dikasih macam^ seperti telur, susu dan juga yang lainnya
selamat malam sobat, terima kasih dan tetap semangat utk maju terus...

@Penyuluh Perikanan: betul sob, spti jg disini, trimakasis suportnya, slmt mlm jg, sukses sllu buat sobat

.. ocae,, aq tunggu loch col colan nya. he..86x ..

Waduhh saya takut kalo udah donor darah, soalnya saya kurusan pak. heheheh sehat aja saya belum tentu....

Wah mesti penggemukan dulu gan, biar darahnya bnyak :)

Saling tolong menolong adalah perintah Allah, semoga berkah

Donor darah....
ku belum pernah nyoba lagi...
serem suntik nya panjang banget...
salam kenal...
berikan komentar terbaik sobat di sini mengenai sastra blog

http://retakankata.com/fbsi/#jp-carousel-3668

Kemanusiaan banget tuh yang suka donor darah....

@Andik Rasida: insya Allah
@Ahmad Saadillah: klo dah nyoba gak sberapa ngerinya :), salam knal jg sob, langsung ke blog sobat, thanks
@modalpinjamangratis: thanks sob
Muhammed Af: thakns sob

bagaimana rasanya selepas menderma darah?

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top