Bendungan Karangkates, Malang, Jawa Timur

Bendungan Karang Kates atau biasa disebut juga Waduk Ir. Sutami, terletak di desa Karangkates, kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sekitar 35 km sebelah selatan Kota Malang. Berada disepanjang jalan raya sebelah kiri menuju kota Blitar.

Bendungan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1977 ini, memiliki luas permukaan 15 km2, dengan kedalaman air 31 m dan volume air 343.000.000 m3. Bendungan Karangkates merupakan bendungan  dari aliran sungai Brantas yang bersumber dari mata air gunung Arjuno.  Bendungan ini dikelola oleh Perum Jasa Tirta I.
Bendungan karangkates berfungsi sebagai pengendali banjir aliran Sungai Brantas, pembangkit tenaga listrik, penyediaan air irigasi, keramba ikan jaring terapung dan area wisata keluarga. Bendungan ini juga biasa dimanfaat kan akses warga yang tinggal diseberang waduk dengan membayar retribusi.
Wisata Bendungan Karangkates berupa taman wisata, dengan beragam fasilitas pendukung, yang sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Disediakan perahu untuk berkeliling diseputaran areal bendungan dan bisa juga dimanfaatkan untuk memancing, menambah keasyikan tersendiri menikmati bendungan ini.
Untuk masuk kelokasi wisata dikenakan tarif Rp. 5.000 per orang. Sedangkan yang hanya ingin menikmati panorama bendungan, tinggal melewati  jalan yang terletak tepat diatas bendungan. Tidak perlu membayar karcis masuk, dari sini kita bisa puas mengeksplorasi keindahannya. Terlebih diwaktu pagi atau sore hari, sunrise dan sunset begitu exotic memanjakan mata kita.
Bagi yang kebetulan melewati jalur ini tidak ada salahnya untuk mampir sejenak sambil melepas penat perjalan anda. Bahkan bisa juga menjadi alternatif destinasi wisata keluarga, murah meriah dan mudah dijangkau.

Sumber: lokasi dan wikipedia


29 Komentar untuk "Bendungan Karangkates, Malang, Jawa Timur"

mlm genk. pemandangan yng sangat indah genk. trmkasi infonya genk.

nice post sob:)
jangan Berhenti membuat artikel seperti ini ya..!
emm dan jangan lupa mampir ke blog ku juga:)
thanks :)
http://www.rengga-tikus.blogspot.com/

Wihh kayakx lebiH gede dari di sampean baru bondowoso nih gan.

http://Trikbaruseo.blogspot.com

Wah keren pemandanganya sobat.. Hmm..jadi pengen kesana dan melihat langsung keindahanya sobat.

Kalau ini ane pernah kesini...bagus deh!hehe

.. wachhhhhhhhhhh,, bagus banget. oia itu baek yang mancing maupun yang hanya ingin menikmati keindahanya, tarif nya tetep ato beda?!? ..

@Brebes VS Lamongan: mlm jg genk,trims
@rengga andani: thanks sob, langsung ke tkp
@Tutorial Seo: wah gitu ya sob..
@Masnady: pasti asyik sob :)
@Andik Rasida: wah prnah jg sob, mmang asyik
@Cah Dabloeng: monggo sob
@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: klo cuma nikmati pmandangan gratis, bisa langsung dari atas bendungan, yg bayar klo masuk taman wisatanya, mancing bayar klo naik prahu aja..

@Arpan-Komunitas.blogspot.com: secepatnya aja sob :)

sama2 genk selamat mlm'y genk semoga sukses selalu buat anda genk Amin

This comment has been removed by the author. - Hapus

Luar biasa pemandangannya bagus sekali. Hehehe saya berkunjung lagi nih cuma sekedar silaturrahmi sekalian numpang baca-baca.

ane pernah kesitu gan, 3 kali kayaknya...

Trus berhenti di tengah2 situ sambil poto2...

haaaaaaa

@Brebes VS Lamongan: aamiin
@Juniyarsa Ardilla: silahkan sob :)
@Cendekiawan IT: lumayan sering tuh sob..wah pasti asyik tuh foto2nya

masih awet juga ya, padahal peresmiannya sejak tahun 1977, hebat :-)

Mantap juga bendungannya sobat, begitu besar dan bermanfaat untuk pertanian dan perikanan, kalau seperti ini pasti masyarakatnya sukses ya sob, soalnya banyak lapangan kerja yah...
info yg bermanfaat, terima kasih sudah berbagi kawan

wah kalau deket dengan tempatku mungkin bisa untuk lokasi mancing nih..

murah juga ya gan, 5000 per orang. sayang ane dulu waktu kuliah di surabaya ga mampir mampir kaya gini. ada yang wisata di jogja ga gan? ane lagi di jogja nie. siapa tau aja bisa. hehehe

@BlogS of Hariyanto: lmayan tahan lama :)
@Penyuluh Perikanan: mmang bndungan yg bermanfaat,trims sobat
@TABUHGONG: bener, asyik buat mancing
@cerita anak kost: murah meriah, sayang bnget gak sampe sini, lagi liburan dijogja neh sob, asyik tuh, klo dijogja bnyak bnget tmpat wisata..wah blom pernah post yg jogja neh :)

belum pernah kesini saya, Mas. taunya dari pelajaran IPS sejak SD dulu. boleh juga, indah ya kayaknya, kayak danau betulan.

@zachflazz: suatu saat smoga bisa lihat langsung bang..tempatnya enak, mmang kyak danau betulan

wih mantab sob, aku orang tulungagung tapi jarang ke malang hehe

@Herman Bagus: pdahal deket tuh,klo kemalang bisa mampir ksini sob, pasti mnarik :)

bendungannya panjang juga yah sob, hehe

@Agung Ak: betul sob, indah deh..

wah indah banget...ya mas bisa buat wisata mancing juga ya..hehe :)

@budi os 19: betul sob, asyik buat mancing

nambh lagi infoku disini.trimas.moggo mampir di tempatku jika ada waktu kelapangan.thanks

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top