Wisata Waduk Mrica, Banjarnegara, Jawa Tengah

Waduk Mrica atau dikenal juga sebagai Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman, terletak sekitar 9 km barat kota Banjarnegara, Jawa Tengah.

Waduk Mrica sejatinya difungsikan sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air yang melayani area Jawa dan Bali. Listrik yang dihasilkan dari waduk ini mencapai 184,5 MW.
Waduk Mrica merupakan waduk buatan dengan membendung sungai Serayu yang melintasi wilayah Banjarnegara. Bendungan Waduk Mrica mempunyai panjang 6,5 Km dan luas 1.250 Ha, menjadikannya sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara. Bendungan sebesar ini dihasilkan dengan menenggelamkan 32 desa di 7 kecamatan yang ada disekitar aliran sungai Serayu Banjarnegara.
Waduk Mrica  yang penggunaannya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 ini, tidak hanya berfungsi sebagai PLTA, tetapi lebih luas lagi untuk kemanfaatan para petani sebagai sarana menstabilkan aliran air irigasi menuju sawah-sawah yang terbentang di wilayah Banjarnegara.
Di Area Waduk Mrica juga dikembangkan sebagai lahan rekreasi yang dikemas dengan beragam fasilitas, mulai dari wisata air (perahu motor, dayung dan memancing), Arena bermainan Anak, Panggung pertunjukkan terbuka, juga terdapat Padang Golf dengan 8 holenya. Bahkan di aliran sungai bagian hulu terdapat wisata yang bisa memacu adrenalin yaitu Arung Jeram. Lintasan arung Jeram diawali dari Desa Tunggoro menuju Desa Singomerto, Kecamatan Sigaluh dengan panjang rute sekitar 12 Km.
Suasana di lokasi wisata waduk Mrica cukup sejuk, karena banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rindang. Pemandangan waduk juga sangat mempesona, seolah sedang berada di pinggir pantai, hamparan airnya sangat luas ujung waduk nyaris tidak nampak. Dihari biasa tidak terlalu ramai, nyaris sepi, makanya banyak menjadi pilihan bagi anak muda yang sedang dimabuk asmara, katanya sekedar mendapatkan suasana romantis.
Kuliner khas Banjarnegara juga bisa dinikmati di area wisata ini, Es Dawet Ayu dan bakso biasanya menjadi pilihan pengunjung, untuk camilannya tempe mendoan hangat sangat nikmat. Ada juga serabi, makanan ini sangat khas karena bahan dan pembuatan masih sangat tradisional, sehingga menyuguhkan rasa original.
Untuk menjangkau lokasi wisata ini sangat mudah aksesnya, karena pintu masuk berada dijalur utama jalan raya di kabupaten Banjarnegara. 
Dari pusat kota Banjarnegara sekitar 9 km kearah barat menuju Kota Purwokerto/Banyumas. Tiket masuknya juga sangat murah, hanya Rp. 2000 /orang. Tertarik?!
25 Komentar untuk "Wisata Waduk Mrica, Banjarnegara, Jawa Tengah"

asik banget tuh.. apalagi buat pacaran ya om hehe...

wah pingin kesana, ganti suasana he he tapi kapan ya. Jauh banget sih. He he salam kenal ya mas,

Meski waduk, tapi suasananya sepertinya adem dan rimbun ya kang. Tapi kapan ya ada waktu buat main ke jateng nih??...

Matur nuwun atas preview tempat wisata ini kang :)

salam perkenalan penuh persahabatan
wah blog ini sangat keren buanget sobat, saya sangat tertarik kalau cerita waduk ini, mungkin karena saya hoby ikan keli yah....
disamping tempatnya indah rasanya sangat nyaman ya sob,...entah kapan saya bisa ke sana yah menikmati keindahan ini, yang lebih asyik lagi kalau duduk berduaan dengan sang kekasih, wah...sungguh nyaman dan indah dunia ini.
okey sobat terima kasih postingan yg bagus, sangat profesional
jangan lupa mampir ya sob... ditunggu

http://penyuluhpi.blogspot.com/2012/05/pribadi-yang-mempesona-perlu.html

Kayanya enak tuh gan disana, kapan2 di ajak dong, hehe

kayanya di daerah saya nie bang. tapi ko saya ga pernah ke sana ya? ehm. ou saya dulu cuma ngekost si di sana, jadinya ga sempet main main ke sana kemari.

@agus bg: bisa jdi jujugan :)
@BUDI PRASETYO: kali aja suatu saat lewat, tinggal mmpir :), slam knal jg bang
@arie5758: saking rimbunnya bnyak yg mojok mas :)
jateng asyik jg mas :)
@Penyuluh Perikanan: salam kenal dan penuh prsahabtan jg bang, asyik bang buat mancing, buat brduaan pa lagi :)..langsung ketempat abang neh, thanks
@sastraremaja11: betul sob, asyik tempatnya, ntar deh klo kesana lagi ane hubungi sobat :)
@rieza.cerita05: wah sobat dari sana to, sayang bnget blom lihat loksinya, klo ane pling hobi muter2 klo ada dtempat baru :)
@all matur suwun

. . kalo diliat^ tempat sejuk ne. palagi disambi minum ez dawet. widichhhhhhhh,, pasti seger. he..86x . .

Wah... Bagus juga ya. Tapi tidak sesuai dengan namanya. Terkesan kecil padahal aslinya luas.

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: pa lg klo da yg nemenin :)
@Madjongke: yg kecil frame kameranya sob, maklum pocket jadul, kyaknya mesti lihat langsung sob..:)

indah ni waduk.. mana ada cendol segala lagi..hehehe.. kunjungan balik.. http://gogle-cintaindonesia.blogspot.com/

@Didin: silahkan dibungkus:), lngsung ke TKP gan
@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: cpa yaa...?!? he..86x . .

. . aichhhhhhhhhhhhhhhhhh,, ketawanya ikut^an nich. huhh . .

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: asyik seh..he..86x .
@Cirebon-Cyber4rt: silahkan sob :)

wah kapan ya gw bisa ke jawa timur.. waktu masih tingga di jakartapun gw gak sempat jalan jalan ke jawa timur,,, semoga suatu hari nanti, Bisa ! thanks telah berbagi sob.. sukses ya.

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: he..86x . .
@Ryan Mika: smoga aja bisa brknjung ke jatim n bsa jlan2 ke situs2 wisatanya
ehm...tpi klo lokasi ini di jateng sob :)

ya kwe ngangenin lbr arep bali kngen kmpung...

Wahh enak yahh bisa jalan-jalan. Tapi dengan mampir ke blog ini sudah cukup buat melihat keindhan jawa timur.

Jangan lupa jika berekanan evaluasi dan berikan masukan buat blog butut saya www.river-cloud.blogspot.com/2013/07/sepuluh-artis-berjilbab-tercantik-versi.html?m=1

Inyok nembe butul nang proyek mrica.
Seso mampir nang proyek mrica ah. Men ora penasaran .

Matur suwuh info ne kang

Aq wes mengkana kang,mau awan. Danau ne pancen wapekkkkkkkk tenan.

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top