PENGABULAN DOA DALAM BENTUK PENOLAKAN

Dikabulkannya sebuah doa oleh Allah swt menjadi harapan besar bagi setiap hamba Nya. Terlebih janji akan dikabulkannya setiap doa jelas termaktub dalam firman Nya:

“Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepada engkau tentang Aku, katakanlah, Sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan do’a orang yang memohon apabila ia mendo’a kepada Ku. Maka hendaklah mereka menyambut seruan Ku dan beriman kepada Ku supaya mereka mengikuti jalan yang benar”. [Al Baqarah 2: 187]

Meskipun janji Allah swt jelas mengenai pengabulan doa, banyak diantara hamba Nya yang merasa usaha keras dalam berdoa ternyata tidak dikabulkan. Prasangka buruk bahwa Allah swt tidak mengabulkan doa, terjadi karena kebanyakan manusia berpandangan sempit dan lebih menyenangi pada sesuatu yang hasilnya zahir (nampak). Allah swt sangat mengasihi dan mencintai hamba Nya yang beriman, dengan kasih Nya selalu menjaga hambanya supaya selamat dunia akhirat.

Allah swt mendengar doa setiap hambanya yang berdoa dan akan mengabulkannya. Pengabulan Nya tidak selalu seperti apa yang diminta, karena Allah swt lebih tahu apa yang menjadi kebutuhan dan keperluan hamba Nya yang beriman. Adakalanya pengabulkan doa dalam bentuk penolakan, karena didalam penolakan itu sendiri, pada hakikatnya terkandung manfaat yang semestinya didapatkan hamba Nya. Pengabulan doa seperti ini merupakan kasih sayang Nya sebagai tarbiyah dan ishlah bagi hamba Nya.

Coba kita perhatikan, setiap orang tua pasti menyayangi anak-anaknya dan akan berusaha mencukupi segala kebutuhan dan keperluannya, bahkan permintaannya. Tetapi orang tua yang bijak pasti hanya akan memberikan apa yang dibutuhkan dan diperlukan saja.
Ibunya anak-anak sontak melarang, manakala anaknya yang baru berusia 1,5 tahun minta pisau dapur yang sedang dipakai mengupas bawang. Sang ibu tidak ingin anaknya tercinta terluka, karena apa yang diminta bisa membahayakan dan tidak sesuai dengan kebutuhan dan keperluannya.

Ketika anda berdoa ingin kaya, tetapi setelah sekian lama tidak kaya juga, bukan berarti doanya tidak dikabulkan, mungkin jika saat ini anda kaya bisa jadi kekayaan itu justru menjadi pintu gerbang jalan neraka, karena dalam pandangan Nya anda belum mampu mengemban amanah kekayaan (atau karena tidak berusaha :) ). Dan bersyukurlah bahwa anda termasuk orang yang dikasihi Allah swt, yang dikabulkan doanya dalam bentuk penolakan.

Satu doa yang bisa mencakup semuanya, doa sapu jagat:
ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار
“Yaa Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat,
dan jauhkanlah kami dari api neraka”.

Pustaka:
-Malfuzat
-Al Quran dan Terjemah
Tag : Ibadah
14 Komentar untuk "PENGABULAN DOA DALAM BENTUK PENOLAKAN"

Falah Mulyana berkunjung di blog sobat untuk ber silaturahmi sebelum melakukan aktifitas seperti biasa nya,,,,,,,,,

Nice share sobat and happy blogging

ALLAH SWT lebih tahu apa yang menjadi kebutuhan dan keperluan hamba-NYA yang beriman....dan memang benar demikianlah kebenarannya sobat...salam :)

Sering kali terucapkan dan kita dengarkan. Thanks sob atas pencerahannya.

segala seuatu itukehendak ALlah SWT sobat, jadi kita hanya bisa memohon dan berdoa sj sobat, kalau dikabulkan yach Syukur Alhamdulillah sobat...

tuhan senantiasa
mengabulkan do'a para hambanya

ada tiga jenis do'a yang terkabul

1-sesuai dengan permintaan hambanya
2-diganti kepada yang lebih baik dari permintaan kita
3-ditukar dengan amal untuk bekal dihari kemudian(karna mungkin amal kita nggak cukup)

jadi
tuhan tidak menghampakan
disetiap do'a para hambanya

@Falah Mulyana: thanks knjungan sltrhimnya sob, smga sukses
@BlogS of Hariyanto: insya Allah sob, thanks, salam :)
@Master software Mobile: selamat mlm sob
@Suhendri Mr: sama-sama sob
@asis Sugianto: insya Allah sobat
@basofi: jazakallah masukannya sob, sngat bermanfaat
@all thanks

hadir lagi menyambung silaturahim :)

salam kenal kakak,,,infonya bagus2...salam seribuan satu

@BlogS of Hariyanto: silahkan daeng, thanks
@SERIBU SATU: salam kenal jg, thanks sob

Pasti Allah selalu memberikan jalan yang terbaik buat Hamba-Nya.
Berkujung disini gan. :)

@Kakang Adi: Insya Allah sob.. thanks gan :)

Semoga bnyak org yg mndapat pncerahan ttg doa di blog sobat, Klo bisa ttp share artikel islami ya sob! biar bnyak org yg dpt pncerahan, trmasuk sy

@Muhammad Wildan: dg sgla kterbatasan smga brmanfaat, insyaallah sob, thanks sudah hadir disini

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top