WISATA MALANG; COBAN RONDO


Coban Rondo merupakan salah satu tujuan wisata alam di Malang yang patut anda kunjungi. Di situs wisata ini kita bisa menikmati pemandangan alam yang eksotik berupa coban (air terjun), selain itu tersedia area camping dengan sarana penunjang lainnya yang cukup menarik. Untuk bisa menikmati tempat ini, kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena tiket masuknya hanya Rp 8.000,- (wisata) dan Rp. 6.000,- (camping). Lokasinya juga sangat mudah dijangkau, dan tidak terlalu jauh dari kota Malang, hanya sekitar 1 jam perjalanan atau sekitar 15 menit dari kota Batu.

LEGENDA COBAN RONDO

Asal-usul Coban Rondo berasal dari sepasang pengantin baru yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita yang bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi yang menikah dengan Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro. Setelah usai pernikah mencapai 36 hari (selapan) Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro. Namun orang tua Dewi Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena baru selapan. Namun keduanya bersikeras pergi berangkat dengan segala resiko apapun yang terjadi di perjalanan. 
Ketika dalam perjalanan, keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono yang tidak jelas asal usulnya. Tampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan berusaha merebutnya. Perkelahian tidak dapat dihindarkan, kepada punokawan yang menyertainya Raden baron berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang ada Cobannya (air terjun), perkelahian berlangsung seru dan akhirnya sama-sama gugur, dengan demikian akhirnya Dewi Anjarwati menjadi janda (Dalam bahasa Jawa Rondo). Sejak saat itulah tempat tinggal Anjarwati menanti suaminya dikenal dengan COBAN RONDO. Konon batu besar dibawah air terjun merupakan tempat duduk sang putri.

INFORMASI COBAN RONDO

  1. Ketinggian Air Terjun 84 Meter
  2. Ketinggian diatas permukaan air laut 1.135 M
  3. Suhu rata-rata +/- 220C
  4. Curah hujan rata-rata per tahun 1721 mm
  5. Asal sumber mata air Cemoro Duda
  6. Pertama kali diginakan untuk objek wiasata tahun 1980.
  7. Letak Coban Rondo menurut administrasi pemerintahan terletak di Desa Pandesari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
  8. Letak Coban Rondo menurut administrasi pengelolaan hutan masuk wilayah KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Perum perhutani Malang. BKPH (Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan) Pujon dan RPH (Resort Polisi Hutan) Pujon Selatan petak 89 G
  9. Debit air terjun musim kemarau 90 liter/detik
  10. Pemakai air PDAM dan masyarakat Kkecamatan Pujon.

Air Terjun Coban Rondo berasal dari air hujan yang ditampung oleh Daerah Aliran Sungai (DAS-Catchment Area) Coban Rondo yang berada dilereng Gunung Kawi. Luas DAS Coban Rondo diperkirakan 1252,6 Ha, dan curah hujannya sekitarnya 21,6 milyar liter air hujan per tahun dan dialirkan melalui Sungai Coban Rondo dengan debit terendah sekitar 150 liter/detik.
Fluktuasi debit air terjun Coban Rondo sangat tergantung pada curah hujan dan kondisi vegetasi / hutan didalam DAS coban Rondo. Apabila hutannya gundul, maka pada saat musim hujan debitnya sangat tinggi dan airnya coklat (erosi), sedang pada musim kering airnya sedikit.
Karena kecuramannya, sifat tanahnya mudah erosi dan curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya tanah longsor pada bagian yang lemah.
Sedangkan apabila hutannya bagus, maka debit air terjun Coban Rondo akan relatif kobstan (tetap) dan kualitas airnya baik.
Lestarikan Air Terjun Coban Rondo, cegah penggundulan hutan!!

Sumber info dari lokasi
6 Komentar untuk "WISATA MALANG; COBAN RONDO"

wuich keren banget gan,
pengen kesana dech jadinya...

Di daerah saya juga banyak air terjun yang berpotensi hanya sayang pemda kurang begitu memperhatikannya, jadi tidak senyaman yang di atas.

Ditunggu koment baliknya ya,,,,

@sibutis; pasti tdk mngecwakan tmpatnya..
@urang; pmrntah mang prlu prhatian..oya sya dkung pnuh prjuangan nya sob, mga mnang cmptisi..cment dkungan dTKP sobat..

benar2 luar biasa...
saya dari dulu ingin berwisata ke coban rondo tp belum prnah kesampaian, hmmm...

semoga suatu saat nanti saya bisa kesana,,, betapa asyiknya :)

saya ucapkan terima kasih utk mas admin yg telah mengungkap pesona keindahan di malang, kampung halaman saya :)

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top