DONOR DARAH TOLERANSI Lintas Agama

manfaat donor darah untuk kesehatan
Manfaat donor darah untuk kesehatan sudah kita maklumi, demikian juga untuk kepentingan kemanusiaan juga jelas sangat diperlukan. Banyak saudara-saudara kita yang saat ini terbaring di rumah sakit, sangat membutuhkan uluran tangan para pendonor untuk membantu mereka. Bagaimana jadinya jika seandainya kebutuhan darah ini tidak bisa dipenuhi, tentunya bisa berakibat fatal.

Donor darah selain bermanfaat untuk kesehatan dan kemanusiaan, ternyata bisa juga dijadikan sarana untuk membangun komunikasi toleransi sesama umat beragama. Hal ini nampak dalam kegiatan donor darah bersama, yang menggandeng aliansi umat beragama lintas iman. Tepatnya pada hari Kamis 19 Februari 2015 lalu, di sebuah gang kawasan Bubutan Surabaya, di komplek Masjid An Nur diadakan “Donor Darah Toleransi”.

Lihat juga Video “Menumpahkan Darah” atas nama Toleransi


Dari spanduk yang terpampang di ujung gang dan di lokasi acara, tercantum lembaga atau organisasi yang ikut andil dalam kegiatan ini. Bahkan saat acara berlangsung, ada beberapa elemen masyarakat yang secara sukarela ikut serta mendonorkan darahnya. Diantaranya PMI unit kota Surabaya,  aparat pemerintahan, kepolisian, TNI, masyarakat, serta aliansi lintas agama dan keyakinan yang tergabung dalam Sobat KBB, sedangkan komunitas jamaah Ahmadiyah Surabaya sebagai panitia pelaksana “Donor Darah Toleransi”. Tercatat ada 78 peserta mendaftarkan diri dan 33 orang memenuhi syarat untuk diambil darahnya.

cara donor darah


Tema toleransi diangkat dalam kegiatan donor darah kali ini, dimaksudkan untuk bisa menjembatani terjalinnya komunikasi serta kerjasama lintas agama dan keyakinan, yang bermanfaat bagi kemanusiaan. Selain itu juga untuk membuktikan bahwa, tidak selamanya perbedaan agama dan keyakinan menjadi penyebab perpecahan serta pertumpahan darah. Seperti isu-isu rasis intoleran yang saat ini jamak terjadi di beberapa belahan dunia. Sebaliknya perbedaan agama dan keyakinan yang disatukan dalam kegiatan donor darah, menjadi sebab “tumpahnya darah” untuk kemanfaatan bagi kemanusiaan.

Kesan dari peserta “Donor Darah Toleransi” juga sangat positif. Diantaranya seorang pendonor dari kepolisan mengatakan: ”Senang rasanya bisa mengikuti donor darah toleransi ini dan berharap kedepan bisa dilaksanakan kembali”.  Pendonor lain dari GKJW mengungkapkan: “Donor darah ini membuktikan bahwa kebersamaan itu masih ada, moment seperti ini bisa memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dan berharap kebahagiaan seperti ini bisa selalu ada dan terus ada”. Salah seorang pendonor dari komunitas Ahmadiyah berpendapat, ”Meskipun kita berbeda agama dan keyakinan, tapi tokh darah kita tetap sama merah warnanya dan bermanfaat bagi setiap orang tanpa membedakan agamanya”. Sedangkan perwakilan PMI unit Kota Surabaya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh peserta dan akan menyalurkan hasil donor darah ke rumah sakit-rumah sakit, untuk memenuhi kebutuhan darah pasien yang sedang sakit.

Bp. Basuki Ahmad selaku ketua panitia penyelenggara mengungkapkan, bahwa kegiatan donor darah toleransi, idenya  berawal dari pertemuan aliansi lintas agama dan keyakinan yang tergabung dalam sobat kbb beberapa waktu sebelumnya. Kegiatan ini sebagai realisasi komitmen bersama, untuk bisa mewujudkan toleransi antar umat beragama dan keyakinan dalam bentuk yang lebih nyata, serta bisa memberikan manfaat bagi sesama umat manusia.  Apa yang diungkapkan ketua penyelenggara tersebut, sejalan dengan slogan mas Akhol Firdaus,  aktifis Sobat kbb yang mengatakan dalam sambutannya, “Kalau dada ini dibelah isinya Pancasila, kalau darah ini kita tumpahkan isinya Bhineka Tunggal Ika, sebagai bukti bahwa kita semua mencintai Indonesia”.

Sumber:
Reportase Donor Darah Toleransi aliansi lintas Agama dan Keyakinan
Bubutan Surabaya, 19 Februari 2015
4 Komentar untuk "DONOR DARAH TOLERANSI Lintas Agama"

Mendonorkan darah banyak sekali manfaatnya. disamping dapat membangun toleransi, donor darah juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

yang pasti saya sering dapet payung kalo donor
keren kan?

dari 78 hanya 33 yang memenuhi syarat?
kenapa coba, ada apa dengan darah 45 orang lainnya?

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top