Wisata Lumpur Lapindo Sidoarjo, Jawa Timur

Tempat Wisata Lumpur Lapindo Sidoarjo, Jawa Timur adalah sebuah ironi, karena sejatinya lokasi ini bukanlah tempat wisata melainkan lokasi bencana. Sangat tidak tepat jika tempat bencana lumpur Lapindo tersebut menjadi jujugan wisatawan.


Tetapi apa boleh buat, pada kenyataannya lokasi bencana ini tidak pernah sepi dari wisatawan, terlebih pada hari libur. Lokasinya sangat mudah diakses karena berada di pinggir jalur utama jalan raya dari Surabaya ke Malang/Pasuruan. Bagi mereka (baca: wisatawan) yang “tega” menikmati panorama bencana lumpur tersebut mungkin karena berbagai alasan.
Tidak bisa dibayangkan bagaimana perasaan mereka para korban bencana lumpur, yang hak-haknya belum sepenuhnya mereka dapatkan atas kompensasi ganti rugi sebagai dampak bencana tersebut. Masih sering diberitakan berbagi media, bahkan sering juga menyaksikan sendiri sebagian mereka masih terus berjuang menuntut hak-haknya melalui demo-demo yang digelar diseputaran lokasi bencana. Tuntutan mereka tidak kunjung terselesaikan, padahal sudah lebih dari lima tahun sejak bencana tersebut pertamakali bermula.
Bencana Lumpur panas Sidoarjo yang lebih dikenal sebagai bencana Lumpur lapindo bermula dari menyemburnya material lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Barantas Inc di desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.  Menurut para ahli penyebabnya bisa karena beberapa kemungkinan seperti yang terungkap dalam AAPG 2008 International Conference & Exhibition dilaksanakan di Cape Town International Conference Center, Afrika Selatan, 26-29 Oktober 2008, merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh American Association of Petroleum Geologists (AAPG) dihadiri oleh ahli geologi seluruh dunia, menghasilkan pendapat ahli: 3 (tiga) ahli dari Indonesia mendukung GEMPA YOGYA sebagai penyebab, 42 (empat puluh dua) suara ahli menyatakan PEMBORAN sebagai penyebab, 13 (tiga belas) suara ahli menyatakan KOMBINASI Gempa dan Pemboran sebagai penyebab, dan 16 (enam belas suara) ahli menyatakan belum bisa mengambil opini. Laporan audit Badan Pemeriksa Keuangan tertanggal 29 Mei 2007 juga menemukan kesalahan-kesalahan teknis dalam proses pemboran.
Bencana lumpur yang terjadi sejak 29 Mei 2006 hingga saat ini belum juga teratasi, bahkan dalam beberapa kesempatan masih sering terjadi ancaman luberan atau tanggul jebol.  Jika ini terjadi tentu sangat mengkhawatirkan, tanggul untuk melokalisir lumpur saat ini tingginya sekitar 8 meter, berada persis di samping jalur kereta api Surabaya-Malang dan Jalan Raya Surabaya-Malang/Pasuruan, serta sekitarnya adalah perumahan padat penduduk.

Kekhawatiran ini pasti sangat dirasakan bagi mereka yang sering melalui jalur ini, termasuk saya, selain bahaya tanggul jebol, dampak dari gas metannya juga sangat berbahaya. Memasuki area bencana, aroma yang sangat menyengat hidung langsung terasa, terlebih yang tidak biasa. Tidak terbayang akibatnya bagi penduduk sekitar yang masih bertahan disekitar lokasi, bagaimana dampaknya untuk kurun waktu yang lama bagi kesehatan. Informasinya bisa memicu kangker dan berbahaya bagi  generasi yang terlahir berikutnya.
Semoga mereka para korban (ada juga saudara saya), segera mendapatkan hak-haknya dan pemerintah bisa memberikan solusi positif, terutama mereka yang bertanggung jawab atas kejadian ini. Bagi pengunjung (baca: wisatawan) semoga bisa mengambil hikmahnya dan tersentuh untuk membantu para korban bencana.

Sumber:
-Dari Lokasi Bencana
-http://id.wikipedia.org/wiki/Banjir_lumpur_panas_Sidoarjo
42 Komentar untuk "Wisata Lumpur Lapindo Sidoarjo, Jawa Timur"

Kasian rakyat disekitar yang sampai sekarang ga jelas banget pembayarannya ya kang..

@Icahbanjarmasin: iya tuh bang, kasian mrk, smg bsa sgra terselasaikan dan ada prhatian srius dr pihak terkait
@Febriansyah Haq: bgtulah sob, ironis ya...

oh,,, sekarang jadi lahan Tempat Wisata di Sidoarjo ramai donk ...gan.

Dibalik bencana ternyata ada hikmahnya juga ya sob. tapi kasihan rakyat yang tertimpa bencana karena sampai dengan saat ini belum ada solusi terbaik dari pihak terkait.

Disana kan berbahaya? Kenapa dijadikan tempat wisata yah? Jadi bingung.

Dibalik musibah ada hikmahnya. Walaupun sudah terendam Lumpur namun tidak berarti kota yang mati.

@M Taufik: sbnarnya scara dfntif bukan tempat wisata, ttpi krn bnyak yg pnasaran bnyak yg mngunjunginya, rame bnget klo hri lbur trutama, bahkan da ojek yg bsa disewa untuk brkeliling sputar tanggul
@rinko: ya bgtulah sob, terbaik tentunya diselesaikan dulu hak2 bagi korban bncananya
Sastra Remaja 11: mmang brbhaya sob, tpi klo org sdah pnasaran kan nekat jg pngen lihat langsung
thanks sobat smua

@Bagus Sugiarto: betul mas, smoga ada kebaikan dibalik itu semua, matur suwun

wahhh, bagus juga yah kalo di jadikan tempat wisata :)

ane juga pernah lewat situ pas liburan di jatim kemaren

selalu ada hikmah di balik ujian... dari sisi mana kita memandang suatu ujian pasti di sisi lain pula kita kadang salah dalam perrsepsi... semoga sahabat2 kita yg terkena bencana selalu diberi ketabahan ya mas

Bagi wisatawan hendaknya memberikan sedikit rizki nya untuk mereka korban lumpur lapindo, mudah2 bisa membantu !

@Bang Dayat Anak Gila Online: namanya panjang amat :), boleh juga, yg peting tdk mlupakan para korban
@Kang farhan: semoga sja kang, aamiin
@Iril Sagita: setuju banget, stlh berwsata smga tersentuh hatinya :)
@all thanks

ternyata bisa buat tempat wisata juga ya sob :)

lapindo adalah gambaran dari ketidakbecusan pemerintah di dalam menegakkan keadilan di negara kita gan,trenyuh ane ngeliat mereka2 yang menjadi korban hingga detik ini nasibnya masih terkatung2..semoga Allah Swt secepatnya menjawab doa2 mereka yang teraniaya, amin.

Hahahadir lagi sobat..dengan nama yg gk panjang..dan menunggu post barunya

ironi bener sob,
kalo bilang wisata, seolah2 kita bersenang2 diatas penderitaan korban lumpur lapindo.

wilujeng ngeblog

@Cirebon-Cyber4rt: wisata penasaran :)
@dhlodhenk: stuju gan, smoga cepat terselesaikan
@Bang Dayat:lbih mudah nulisnya bang:), thanks
@sakahayang.com: ya bgitulah, smga mrka trgerak hatinya, haturnuhun :)
thanks sobat semua

wah si abang sering lewat sini juga ya. emmmm. saya si dulu pernah di surabaya bang, tapi sebelum kejadian ini. semenjak ini terjadi, saya masih belum tau dan belum pernah liat nie.

semoga orang orang di beri ketabahan dan ke kuatan untuk menghadapi ini semua ya bang.

Ya mungkin ini adalah sarana buat penduduk sekitar untuk membuat lokasi bencana menjadi ladang mencari nafkah dg menyulapnya sebagai tempat wisata lumpur lapindo, kang.

Moga saja masalah Lapindo cepat terselesaikan, meski ga tau sampai kapan bendungan lumpur itu akan terus ada.

. . lewat situ c pernah. tapi kalo liat lumpurnya gak pernah. he..86x . .

@Drieant: iya neh bang, smoga saja, aamiin
@arie5758: sllu ada hikmahnya ya sob dlm stiap kjadian
@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : skali-kali gak ada salahnya nengok keatas :)
@all thanks

. . tapi masalahnya jauh banget. tu aja pas kesana malam hari ma temen. he..86x . .

wah..ini nama-nya kebablasan, semestinya pemerintah atau lapindo memasang papan nama di situ yang bertuliskan..darah terlarang untuk wisata

wah.. setuju banget tuh.. masak tempat bencana di jadiin lahan rekreasi..?

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: cuma geser keselatan dikit kok mba :)
@BlogS of Hariyanto: ya bgitulah daeng, yg paling diharapkan prhatian mrka atas ganti rugi untuk korban sgra direalisasikan
@Ayiez Setiawan: biasalah sob, latah ingin tau, kagak peduli tu musibah atau tempat wisata :), ya smoga pngunjung trgerak hatinya mmbantu para korbannya
@all thanks

Beginilah jika sesorang yang hatinya penuh dengan keserakahan, tanpa memperdulikan nasib orang lain disekitarnya maen asal bor aja, apa dia ga lihat ada banyak pemukiman penduduk disekitar mereka. Kasian para penduduk

. . tapi sama aja mz. kalo malem ya gak bisa liat apa pun. he..86x . .

wisata yang unik nih ke lumpur lapindo

@ARMAN: ya begitulah sob, smga mrk mau brtanggungjwb
@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥: pake obor mba'e ;) hehe
@Asis Sugianto:tapi mmprihatinkan kobannya sob
@all thanks

trimakasi telah berbagi sob... sangat bermanfaat.. semoga di wilayah tersebut semakin baik. sukses selalu buat blog sobat

@ryan mika: thanks sob, smoga saja smakin baik, sukses jg buat blog sobat, salam blogger :)

. . jiaachhhhh,, ribet bener dech. he..86x . .

selesaikanlah wahai pemerintahku, kesian anak-anak...:o)
sebagian selalu saja ada hikmah dari-NYA..ternyata jadi objek wisata

Hi, Nice post thanks for sharing. Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back.

Thanks!

Randy
randydavis387@gmail.com

wah memang serem keadaan sebenarnya disana,

@Cirebon-Cyber4rt: ra po2 to mba..
@Cilembu thea: smoga mereka melihat dan mndengarnya sob
@Harry: ok thanks
@TABUHGONG: betul sob, srem dan berbahaya

Ya Allah ya Qarrim..Semoga Saudara saya
Yang di timpa Bencana Lumpur Lapindo ini,.
di Kuat kan Iman, islam nya, Fisik juga mentalnya
Saya turut berduka, dan Prihatin, dengan musibah ini Mas?
Semoga, Mas @Wong yang Publish artikel ini pun
Mendapat kan Barrakah, dan pahala yang stimpal
Jika di izinkan, saya ingin Repost artikel ini di blog
Saya sebagai ucapan Peduli sosial saya.

Namun jika tidak di izinkan tidak apa-apa Mas
Saya hanya Peduli dengan orang susah seperti saya.
Terima kasih yah Mas @Wong. salam sukses

@karristaent: aamiin, syukron doanya mas,
monggo jika mau dipublish/repost diblog sobat, artikel diblog saya bebas untuk di repost/copas oleh siapapun tanpa perlu ijin, alhamdulillah jika ada yg baca, terlebih bermanfaat, silahkan.. :)

Sbg warga kelahiran porong saya ucapkan trima kasih banyak atas publikasinya tentang bencana di porong.

daerah saya juga masuk pada peta terdampak yang ditanganni oleh pemerintah melalui BPLS yang pada pertengahan 2013 telah beres dan lunas dalam pembayaran tanah dan bangunan.

Saya ikut prihatin bagi saudara2 dan tetangga saya yang menjadi korban lumpur langsung dimana ditangani oleh Lapindo sendiri yang sampai saat ini masih belum beres dan bahkan semrawut karena banyaknya model pembayaran yang dilakukan oleh Lapindo pada para korbannya.
Kini melalui tulisan ini saya ucapkan selamat tinggal rumahku tempat dilahirkan, kampoengku tempat ku bermain dan berkarya kini tinggallah kenangan.

@Efen Cahyo: turut prihatin mas, saudara saya juga ada yang terpaksa harus pindah rumah, masih beruntung penggantian lahannya sdah terbayar, kasian yg belum mndapat penggantian secara penuh, memang sngat mnyengsarakan

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top