BUMI PERKEMAHAN BEDENGAN, MALANG


Tempat camping atau perkemahan di Malang ada di beberapa tempat, salah satunya Buper Bedengan, Selorejo Kecamatan Dau, Kab. malang. Tempatnya masih sangat alami dengan pengelolaan yang masih sederhana, tetapi justru menjadi daya tarik bagi pecinta alam.

Bumi perekamahan ini nampaknya belum begitu populer dibanding bumi perkemahan lain di Malang. Padahal dari kota Malang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 km melalui Bandulan atau Dieng. Tetapi kalau dari arah Surabaya, Batu atau Malang yang lewat Dinoyo bisa melalui pertigaan Sengkaling, dari situ sekitar 8 km. 
Lokasinya memang cukup tersembunyi karena harus melewati perkampungan dan kebun Jeruk, tetapi cukup mudah dijangkau, tinggal tanya kewarga pasti sampai ke tempatnya. Untuk sampai ketujuan bisa menggunakan moda transportasi roda doa atau empat, tetapi lebih nyaman jika menggunakan roda dua karena bisa langsung ke tempat tujuan, Jika menggunakan roda empat, mobil harus diparkir di perkampungan karena untuk sampai ketujuan hanya melalui jalan setapak selebar 2m dan jauhnya tidak lebih dari 1km. 

Jalan setapak ini hanya dilapisi batu, tetapi sebagian masih berupa tanah, jadi jika hujan sangat licin, tidak jarang yang terjatuh dari sepeda motor (Soalnya sudah ke TKP). 

Tetapi kesulitan tersebut tidaklah seberapa ketika anda sampai ketempat camping, indahnya panorama menghilangkan kepenatan diperjalanan. Hawanya sangat sejuk, karena buper ini tidak seperti buper pada umumnya yang berupa tanah lapang, disini tenda-tenda bisa didirikan disela-sela pohon. Untuk fasilitas masih sangat alami, tetapi disediakan WC dan kran-kran air bersih. Disini juga mengalir aliran sungai yang sangat jernih airnya, walaupun agak dangkal kita bisa mandi atau hanya sekedar berendam menikmati sensasi dinginnya air. Ternyata ditempat ini juga ada cobannya (air terjun), jaraknya sekitar 1,5 jam perjalanan dengan jalan kaki. Air terjun ini masih sangat alami dan masih jarang didatangi pengunjung karena jaraknya yang lumayan jauh. Tetapi bagi anda yang suka berpetualang tidak ada salahnya untuk coba mendatanginya. 

Sedikit mengenai tarif masuk buper ini, karcis sangat murah, hanya 3.000 sudah termasuk parkirnya.  Bagi anda yang ingin camping tetapi malas bawa perbekalan makananan, anda bisa pesan katering ditempat, dan cukup terjangkau hanya  Rp. 4.000- Rp 5.000 saja (promosinya tukang warung) dengan lauk telur atau ayam plus sayurnya. 


Selain itu disini kita juga bisa menikmati Jeruk,  cukup dengan Rp. 2.500 per kilonya. Jadi bagi anda pecinta alam, tidak ada salahnya jika buper Bedengan masuk dalam agenda tempat camping anda. 

Oya...bagi yang suka Outbond, sekitar 5 km dari buper ada P-WEC (Petungsewu Wildlife Education Center ) , tempat ini cukup lengkap menyediakan sarananya. Bisa kunjungi langsung web nya.

Tulisan Terkait :

13 comments:

  1. ach..jd pengen ke Malang lagi nih...tenkiyu brader, udah bikin saya kangen Malang...hehehhe
    www.suduthati.com

    ReplyDelete
  2. wah, benar2 tempat yg menarik :)

    ReplyDelete
  3. @ Sudut & Ladida; thanks sob comentny, klo ke malang silahkan mmpir..

    ReplyDelete
  4. wah jadi pengen kemalang gara gara kemarin ga jadi berangkat, makasih gan infonya

    kunjungan balik ditunggu

    ediNesia

    ReplyDelete
  5. @edi; smoga bisa sdikit mngobati, malang mnunggu knjungan sobat..thanks jg sob

    ReplyDelete
  6. thanks brader, lebih keren klo merasakan langsung gan..

    ReplyDelete
  7. kalo mau pakai tempat ini, saya bisa hubungi siapa ya? thanks :)

    ReplyDelete
  8. @Dinar Viantani: sobat bsa mnghubungi pak waliyadi, blio ptugas khutanan yg mnglola tmpat tsbt, CP : 081252118478
    CPnya biasanya agak sulit dihub. krna jangkauan sinyalnya lemah (ma'lum dkat hutan), altrnatif dsarankan sms aja
    coba sja hubngi nmr tsbut, smoga masih digunakan
    thanks sdah brknjung

    ReplyDelete
  9. luasnya kira2 brapa ya? lalu biaya sewa 3hari brapa? makasih

    ReplyDelete
  10. @maria ittu ditta: sorry sob bru bls, mnurt infrmsi sktr 6 ha, klo sewa dihitung perorang 3rb walaupun lebih dari 1 hr, klo tiga hari tetap 3rb, tu pngalaman sya pas camping disini sampe 2 hari ttp 3rb/org, met brptualang :)

    ReplyDelete
  11. Untuk MCK di sana ada berapa yaa.?

    ReplyDelete
  12. @siska al-anisa: trakhir kesana th 2011 hanya ada 2 mck, kurang tau skrang apa sdah ditambh, coba hubungi ja CP pngelolannya, ad dikoment atas, disini mmang blom dkelola secra profesional, tapi justru lbih alami

    ReplyDelete

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat