CARA MEMELIHARA KESUCIAN

Cara memelihara kesucian diri supaya terhindar dari perbuatan zinah diantaranya yaitu;
  1. Mencegah mata dari memandang kepada lawan jenis yang bukan muhrim.
  2. Mencegah telinga dari mendengarkan suara merdu dan cerita-cerita lawan jenis yang bukan muhrim
  3. Mencegah mulut dari membicarakan lawan jenis yang bukan muhrim
  4. Menghindarkan tangan dan kaki dari langkah mendekati zinah
  5. Menjernihkan hati dan pikiran dari hawa nafsu
  6. Jika belum menikah sibukan diri dengan puasa, aktifitas positif, olah raga dll

Penting sekali bagi kita mengoptimalkan segala sarana positif, supaya sedapat mungkin terhindar dari perbuatan zinah. Secara alami sumber syahwat ada di dalam diri setiap manusia, yang apabila ada kesempatan begitu sulit menguasai diri agar tidak terjerumus dalam jurang kemaksiatan. Karena itu diperlukan suatu perubahan sikap dalam menguasai nafsu syahwat.

Allah SWT mengingatkan kita supaya menghindarkan diri dari mendekati perbuatan zinah, yang merupakan pintu menuju perbuatan zinah itu sendiri. “Dan janganlah kamu mendekati zinah, sesungguhnya itu adalah keji dan jalan yang sangat buruk” [Bani Israil 17:32].
Rosulullah SAW juga melarang para sahabat walaupun hanya sekedar duduk-duduk di pinggir jalan, sabdanya: “Hati-hatilah kamu, jangan duduk di pinggir jalan, mereka bertanya: ‘Kami tidak bisa meninggalkannya ya Rosul, sebab kami disana dapat ngomong-ngomong. Lalu beliau SAW bersabda; ‘Kalau kamu keberatan meninggalkannya, maka berilah hak jalan tersebut. Mereka bertanya;’Apakah haknya ya Rasul?’ Jawabnya; ‘Yaitu memejamkan pandangan mata, mengekang godaan, menjawab uluk salam dan amar ma’ruf nahi munkar” [HR. Bukhari & Muslim]

Terang dan jelas sekali bahwa Allah SWT dan Rasulullah SAW melarang kita supaya tidak mendekati zinah apalagi berzinah. Karena dengan hanya mendekati saja, justru akan terbuka potensi perbuatan zinah yang lebih jauh.

Dalam era modern dan gaya hidup bebas masa sekarang, batasan pardah (pardah: cara pembatasan pergaulan hidup bebas antara kaum pria dan wanita) cenderungan mulai terkikis. Hal yang tabu dalam interaksi manusia yang berbeda lawan jenis menjadi hal yang sangat lumrah, mulai dari sekedar jabat tangan, cipika-cipiki bahkan berpelukan. Orang mendekati/berbuat maksiat/zina sudah tidak malu, seakan sangsi moral sudah tidak berlaku lagi. Apalagi semakin marak figur-figur idola yang seharusnya menjadi panutan justru menjadi model dalam perbuatan maksiat dan perzinahan.

Pustaka:
  • Al Quran dengan Terjemah dan Tafsir Singkat, Yayasan Yisma Damai
  • Filsafat Ajaran Islam, Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad
  • Tarjamah Riyadhus Shalihin, Mahkota Surabaya

Tag : ISLAM
10 Komentar untuk "CARA MEMELIHARA KESUCIAN"

Postingan kali ini sanagt bermanfaat tebntunya kaum muslim lanjutkan gan

amin semoga kita terhindar dari segala perzinahan, tips yang sangat bermanfaat..

Info dan tips yang sangat bermanfaat sob, buat menjaga kesucian dan menjauhkan kita dari perzinaan,,,

buat sahabt semua, thanks comentnya, smoga brmnfaat..

doni: Hello temen2. Anda mencari sesuatu?ato blog maw terkenal? TUKERAN LINK aN saliNg FolloW yuks.

@Wage; thanks sob, smoga bermnfaat
@Doni; mari tukeran link & saling follow sob..thanks

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top