Nuzulul Quran

Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Quran) dimalam Lailatul Qadr” (Al Qadr: 1)
Bulan Ramadhan ialah bulan yang di dalamnya Al Quran diturunkan..” (Al Baqarah:185)

Nuzulul Quran adalah waktu turunya Al-Qur’an yang bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Qadr ayat 1-5. Namun begitu, Nuzulul Quran sering diperingati pada malam 17 Ramadhan, sementara umum diketahui bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga malam yang terakhir bulan Ramadhan. Mengapa bisa berbeda? Berikut pendapat waktu diturunkannya Al Qur an:


Bulan Rabiul Awwal, ada yang mengatakan awal Rabiul Awwal, tanggal 8 Rabiul Awwal dan 18 Rabiul Awwal (yang terakhir ini diriwayatkan dari Ibnu Umar ra).
Bulan Rajab, ada yang mengatakan tanggal 17 dan 27 Rajab (hal ini diriwayatkan dari Abu Hurairah ra -lihat Mukhtashar Siratir Rasul, Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Abdul Wahhab An-Najdy, hal.75).
Bulan Ramadhan, pendapat yang paling umum mengatakan bahwa Nuzulul Qur’an ada pada bulan Ramadhan karena Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, artinya,“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an” (Al-Baqarah:185 ). Dan Allah berfirman, artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan” (Al-Qadr :1). Seperti yang telah kita maklumi bahwa Lailatul Qadr itu ada pada bulan Ramadhan
Akan tetapi pendapat ketiga inipun pecah menjadi lima, tanggal 7 (hari Senin), tanggal 14 (hari Senin), tanggal 17 (hari Kamis) (Al-Bara’ bin Azib dan dipilih oleh Ibnu Ishaq, kemudian oleh Ustadz Muhammad Huzhari Bik), tanggal 21 (hari Senin) (Syekh Al-Mubarakfuriy, karena Lailatul Qadr ada pada malam ganjil, sedangkan hari Senin pada tahun itu adalah tanggal7 ,14 , 21 dan28), dan tanggal 24 (hari Kamis) (Aisyah, Jabir dan Watsilah bin Asqo’ , dan dipilih oleh Ibnu Hajar Al-Haitamiy, ia mengatakan: “Ini sangat kuat dari segi riwayat”).

Sumber: berbagai sumber

Tag : ISLAM
0 Komentar untuk "Nuzulul Quran"

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top