PESAREAN GUNUNG KAWI, MALANG, JAWA TIMUR

Lokasi Wisata Pesarean Gunung Kawi Mbah Djoego

Gapura Pesarean Gunung Kawi

Pesarean Gunung Kawi terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, atau berada di lereng selatan Gunung Kawi. Dari kota Malang sekitar 38 km, bisa ditempuh selama 1-1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan.  Selain menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum telah tersedia hingga lokasi. Jadi jalur menuju pesarean Gunung Kawi atau biasa dikenal juga sebagai pesarean mbah Djoego sangat mudah dijangkau.

 Suasana Pesarean Gunung Kawi

Pesarean mbah Djoego,
berada di lereng Gunung Kawi

Letak Pesarean Gunung Kawi berada di lereng gunung Kawi, pada ketinggian 800 mdpl, menjadikannya dilingkupi hawa sejuk dan udara yang bersih. Alam sekitar pesarean juga masih banyak ditumbuhi pohon-pohon besar dan rindang, menambah keasrian tempat ini.

Berderet warung makanan dan pedagang buah

Pesarean Gunung Kawi tidak nampak angker seperti makam pada umumnya, sekitar pemakaman dikelilingi rumah penduduk layaknya kota kecil diatas gunung. Segala macam kebutuhan mudah didapatkan di tempat ini, untuk menginap tersedia rumah penginapan biasa hingga hotel, sedangkan untuk kebutuhan perut banyak dijajakan makanan dari pedagang kaki lima hingga restoran juga ada.

Pesarean Gunung Kawi memiliki daya pikat yang luar biasa bagi penikmat wisata religi di nusantara. Bahkan menurut catatan buku tamu, pengunjung berasal dari berbagai negara dan tidak terbatas pada penganut agama tertentu. Jika melihat lokasi memang nampak tersedia beberapa tempat ibadah yang disediakann tidak hanya untuk orang Islam, meskipun sejatinya yang di kubur di pesarean ini adalah orang Islam.

Sejarah Pesarean Gunung Kawi

Pesarean Gunung kawi merupakan tempat dimakamkannya dua jenazah berjajar dalam satu liang lahat. Jenazah pertama adalah Kanjeng Kyai Zakaria II atau lebih dikenal dengan sebutan mbah Djoego, seorang ulama terkenal dari keraton Mataram Surakarta, beliau meninggal pada tanggal 22 Januari 1871 M. Kedua adalah jenazah Raden Mas Iman Soedjono, seorang bangsawan yang menjadi senopati/panglima perang dari Keraton Yogyakarta, beliau meninggal pada tanggal 8 Februari 1876 M.

Peziarah Pesarean Gunung Kawi

Pengunjung atau peziarah pesarean gunung Kawi selalu ada setiap harinya dan melonjak hingga ribuan orang pada hari-hari tertentu. Terutama pada hari jumat legi yang merupakan hari dimakamkannya mbah Djoego dan puncaknya pada tanggal 12 Suro (Muharam) setiap tahunnya. Yaitu untuk memperingati wafatnya Raden Mas Imam Soedjono, dengan mengadakan tahlil akbar.

Setiap pengunjung atau peziarah umumnya memiliki motivasi yang beragam ketika datang kesini. Bagi wisatawan biasa, mungkin hanya sekedar memenuhi rasa penasaran dan menikmati kesegaran udara dan suasana gunung kawi. Sedangkan mereka yang benar-benar sebagai peziarah, bisa melakukan ritual religi sesuai dengan keyakinannya.

Mitos Pesugihan Gunung Kawi

Mitos pesugihan gunung kawi berasal dari sebuah pohon, yaitu pohon dewa ndaru (cerme londo) yang tumbuh di samping areal pesarean gunung Kawi. Jika melihat secara fisik, pohon dewa ndaru di tempat ini tidak ada bedanya dengan pohon dewa ndaru pada umumnya. Pohon dewa ndaru sendiri termasuk jenis pohon langka dan diyakini memiliki nilai magis bagi sebagian orang. Bagi kalangan Tionghoa pohon dewa ndaru dinamakan shian tho atau pohon dewa.

Salah satu pohon dewa ndaru di pesarean Gunung Kawi memang nampak spesial dalam perlakuan, disekilingnya diberi pagar untuk melindungi pohon tersebut, meskipun ranting dan daunnya masih menjulur keluar. Biasanya banyak orang berkerumun di bawah pohon dewa ndaru, sambil berharap bisa kejatuhan buah atau daunnya. Ketika kejatuhan buah atau daun dewa ndaru, dengan segera di bungkus dengan uang kertas dan disimpan. Kemudian untuk menebus buah dewa ndaru tersebut, mesti membeli/menyediakan sesaji atau melepaskan kambing kendit di hutan. Menurut mitos yang berkembang, siapapun yang kejatuhan buah atau daun pohon dewa ndaru akan memperoleh keberhasilan atau keberuntungan, bahkan kekayaan yang berlimpah.

Semua hal berkaitan mitos pesugihan gunung Kawi memang kembali kepada keyakinan masing-masing pengunjung atau peziarah, sedangkan menurut pihak pengelola tidak membenarkan tindakan seperti hal tersebut diatas.

Ritual Religi

Secara khusus pengelola pesarean Gunung Kawi sudah menyiapkan waktu untuk keperluan ritual religi, yaitu berupa jadwal selamatan. Ritual selamatan diadakan setiap hari dalam 3 waktu, yaitu pagi, siang dan malam. Peziarah juga tidak perlu direpotkan dengan uborampe selamatan, karena sudah disediakan secara lengkap. Tinggal memilih sesuai kebutuhan dengan tarif yang sudah ditentukan. Jika melihat daftar harga untuk keperluan selamatan, harga dipatok mulai puluhan ribu hingga puluhan juta, jadi kembali sesuai dengan keperluan dan kebutuhan peziarah.

Tempat-Tempat yang Bisa Dikunjungi

Tempat Ciamsi

Selain pesarean yang menjadi tujuan utama peziarah, ada beberapa tempat lain yang bisa di kunjungi di sekitar lokasi pesarean, diantaranya:
1.Rumah Padepokan Raden Mas Imam Soedjono
2.Tempat dua buah guci peninggalan mbah Djoego
3.Pemandian Sumber Manggis
4.Pemandian sumber Urip

Sedangkan untuk tempat ibadah diantaranya terdapat,
1.Masjid Al Mukharommah, Masjid ini terletak di sebelah kiri makam.
2.Masjid Agung Imam Soedjono, Masjid ini terletak 500 meter sebelum pesarean.
3.Tempat Peribadatan Dewi Kwan Im dan Ciamsi, yang berada di depan gapura pesarean.

Kraton Gunung Kawi

Kraton Gunung Kawi

Kraton Gunung Kawi berada di Desa Balesari Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Lokasinya juga terletak di kaki Gunung Kawi, dari pesarean mbah Djoego sekitar 7 km, melintasi kawasn hutan, tetapi bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua ataupun empat. Menurut info sejarah Kraton Gunung Kawi pada mulanya dibangun oleh Mpu Sindok.

Sekedar mengingatkan

Saya sendiri sudah beberapa kali ke pesarean Gunung Kawi, meskipun hanya sebatas berwisata atau mengantar kawan yang penasaran dengan kemasyhuran Pesarean Gunung Kawi. Tips bagi anda yang berkunjung ketempat ini, terutama hanya sekedar untuk berwisata, sebaiknya langsung menuju parkiran paling atas, dari sini cukup berjalan kaki sekitar 50 meter sudah sampai lokasi. Karena 1 km sebelum pesarean, biasanya sudah di arahkan ketempat parkir yang bertebaran di sekitar lokasi. Sebelum masuk pesarean banyak guide yang menawarkan diri untuk mendampingi pengunjung, jika tidak ada keperluan untuk ritual religi ada baiknya ditolak dengan halus, jadi anda cukup berjalan menikmati suasana dilokasi. Kalaupun ada keperluan untuk hal tersebut, lebih baik langsung menghubungi juru kunci yang sudah ditunjuk atau pihak pengelola diloket pendaftaran yang sudah tersedia, lokasinya di depan pintu masuk pesarean.
Semoga dihindarkan dari mengkultus individukan seseorang dan mempercayai mitos-mitos yang tidak berdasar.

Sumber:
-Lokasai  Pesarean Gunung Kawi
-PESAREAN GUNUNG KAWI, R.S. Soeryowidagdo
83 Komentar untuk "PESAREAN GUNUNG KAWI, MALANG, JAWA TIMUR"

keren mas, saya rumahnya malang tapi seumur hidup belum pernah lihat pesarean di gunung kawi, hmmm sepertinya saya hrs menyempatkan dri main kesana nich :D

makasih sharingnya n keep blogging :)

jadi pengen ke pasarean gunung kawi gan.. kelihatannya tempatnya menarik.. :)

tampak mengasikkan ya mas berwisata kesana...

Selamat malam Mas Wong, wah saya baru tau Pesarean Mbah Djoego Mas. tempatnya bersih indah denganhawa alami pegunungan Kawi yah Mas. dan pesarian itu
Mempunyai Nilai sejarah jaman kerajaan dulu.
Makasih atas share nya Mas Wong. salam hormat :)

begitu rame ya suasana pesarean gunung kawi, banyak sejarahnya juga. terima kasih informasinya..

@Indri Lidiawati: sayang tuh mba' kampung sendiri :), malang destinasi wisatanya banyak banget

@irpan sah: kalo kesini tinggal niatnya mas :)

@agus bg: boleh dicoba

@Saud Karrysta : betul mas saud, memiliki nilai sejarah, dan cocok untuk wisata religi

@BAS SETUDIO: lumayan rame, trutama dihari2 tertententu

Indah dan sejuk sob.... ada pasar buahnya lagi

pengen kesana nich
sepertinya keren
kalau ada waktu ngajak teman-teman kesana ah.........
thanks sharingnya mas

@Unduh DelapanSatu: iya sob, di kaki gunung

@Mas Onqi: cocok rame2 mas

@Yahya Doank: bener sob, makanya banyak pngunjungnya

Insylah bulan depan kami akan refresing ke malang mas...:) hehehe. asik ya mas?

Kl sekedar rekreasi, okelah ya mas. Tp kl nyari yg aneh2, enggak deh... ^_^

@denif: smoga lancar refreshingnya, banyak destinasi yg bisa dinikmati :)

@Pri Enamsatutujuh: nah itu mas pri...soale pancen banyak yg aneh2 :)

Jadi kepengen ke sana Kang, untuk mliput dan menggali dari hal yang uniknya. :D

Salam

jadi pengen pergi ke sana mas

pengen kesana, sepertinya asyik juga jalan2 kesana

sering dengar ane sama gunung kawi tapi belum pernah kesana ane sob

ternyata sama saja ya ? dimana tempat makam keramat selalu ada saja yang iseng menawarkan jasa yang tidak perlu atau bahkan kotak sumbangan yang gelap. kenapa tidak ada petugas yangmenertipkannya. Aku tertarik dengan cerita mitosnya, biar cepat kaya.

Saya tau dari orang2 lokasi gunung kawi ini bayak di gunakan sebagia pesugihan, Ternyata memang betul ya :)

banyak yang bilang kalau gunung kawi untuk tempat pesugihan ya mas

wah mas wong ini hobinya berwisata :D iya mas katanya banyak orang yang melakukan pesugihan di gunung kawi

Sampai-sampai mitos pesugihannya banyak dibuat film ya mas..

saya paling penasaran sama ini tempat karena mulut ke mulut yang saya dengar mitos nya sob :) tapi belum sempet nih

wah si bos ini tiap hari kerjaannya jalan2 mulu yia, menyenangkan sekali yia bos, hehehe...

saya belum pernah ke situ, karena di desa saya Pesarean di Tegal pun ada makam keramat yang juga banyak pengunjungnya walau tak begitu terkenal

ane jadi penasaran pengen maen kesana gan

monggo bang indra, pasti banyak yg bisa diliput

bener mba, mngkin bisa jadi alternatif tujuan wisata yg berbeda :)

pasti denger dari sisi mitosnya ya :), biar gak pnasan mesti dikunjungi sob :)

owh ini yang buat pesugihan itu ya mas, wah say abaru tahu tuh, ternyata enak juga tempatnya mas, adem

hmm...baru lihat penempakan pohon dewa ndaru , mang bisa dimakan ya? wah, banyak juga yang berkunjung setiap harinya, ya...

Apalagi saya Mbak Indri dari Subang Jawa Barat
Lebih jauh lagi, tapi sepertinya untuk menambah
Pengetahuan saya, gak ada salahnya, untuk
Berkunjung sebatas, bersilaturrahmi, ke Pesarean
Gunung Kawi ini. makasih Mas Wong artikelnya

Selamat siang Mas Wong. masih penasaran dan sebagai
Kunjungan Rutin, kata Kang Heri mah, Insya Allah apabial
Suatu saat jika Allah menghendaki, ingin rasa saya
Berkunjung ke Pesarean Gunungkawi ini. yah itung-itung
Kunjungan Religius, tapi bukan janji yo atau nadar :)

Benarkah Mbak Ririn begitu..? saya gak paham
Lho Mbak,, gak tau kata Mas Wong ini...

banyak yang terjebak dalam mitos dan akhirnya menjadi syirik ya...

saya sering dengar orang menyebut nama ini, tapi tidak tahu kalau disana juga terdapat makam ulama

walau sudah beberapa kali saya main ke malang. tapi belum sempat mellihat tempat ini. thx inppone

kalau lihat gambarnya ingat kalau lagi ziarah je makam sunan muria di gunung muria mas...suasana gunung yang sejuk menambah asri perjalanan untuk berziarah ataupun sekedar wisata

apik dan nyaman sekali daerahnya yaa mas, pasarnya juga terlihat bersih :)

ternyata banyak wisatawan yang berkunjung kesana ya mas :)

bener banget, dimana2 sperti itu,
klo mitosnya itu memang yg jadi daya tarik, spertinya dijadikan nilai jual dan sarana promosi yg ampuh :)

sepertinya :)

kebanyakan ziarah, mungkin ada juga yg berniat sperti itu, dan mitosnya memang sperti itu

mitosnya seperti itu, dan itu yg menjadi daya tarik dan bikin penasaran :)

sangat masyhur mas saud mitosnya

kebetulan deket aja mas :)
mitosnya seperti itu

wah mesti nyempeti tuh, tapi jangan niat cari pesugihan sob :) hehe

mumpung masih ada kesempatan jalan2 mas :)

yg keramat2 biasanya selalu ramai :)

biar gak penasaran mesti segera kesana sob :)

mitosnya seperti itu, tempatnya enak dan adem

bisa mas, banyak juga dijadiin obat herbal

selalu rame

smoga terpenuhi dan diberi kesempatan jalan2 kesini mas saud :)

nah itu mas, mesti hati2, karena itu hanya mitos

klo ke malang lagi bisa nyempetin pak :)

wah saya penasaran ke gunung muria mba', blom pernah, hanya dengar

enaknya dibawah gunung, jadi masi segar

banyak mba', apalagi hari2 tertentu bisa ribuan

sepertinya indah dan menarik mas emg di dalam gua itu ada ap saja mas

kang pohon dewa ndaru nya bisadibudidayain dicilembu ngga ya kang...buahnya bagus tuh...lagian kalau bisa tumbuh di cilembu bakal banyak yang berjiarah kan...;O)

pemandian air panas ada tidak di sana ya

Baca post ini jadi teringat pelajaran sejarah waktu SD. Dalam pikiran saya waktu itu, jawa itu kok banyak sekali tempat sejarahnya ya ? Lah, kami di Papua ini…

ane kemaren dari malang sayang kagak mampir kesini ... ternyata di sana ada tempat bersejarahnya ya.. yg ane tau cuma daerah batu aja yang bisa dibuat kunjungan.. bisa dibuat referensi klo kesana lagi :)

bisa kang, ada dijual bibitnya disana

ide kreatif, ntar tinggal dikelola, mesti siap jadi juru kuncinya, yg dikeramatkan mbah cilembu kah..hehe

mungkin karena dijawa banyak kerajaan, di papua banyak pemandangan alam yg eksotic

malang sbenarnya juga banyak banget destinasi wisatanya, terutama wisata alam

kayanya daerah daerah dijawa itu pada enak ya.. banyak panorama2 atau tempat2 wisata yang membuat sejuk dihati :D pengen rasanya kesana, tapi nan jauh dari jawa barat ke jawa timur :p

http://nandarious.com/

pesarean di gunung kawi ini kok saya baru tau ya. Hmmmmmm bener bener KUDET alias Kurang Updet nih saya.

Iya tuh mba indri kampung sendiri :)
Smoga bisa kesana mas saud
Wah kang asep bisa reportase disana neh, pasti mnarik

Kalau di daerah saya, Gunung Kawi identik dengan mitos menncari pesugihan, bukan tempat wisata. matursuwun cak, sampun paring informasi. keep posting

ijin share ya om, ane sertakan link sumbernya

saya sangat bersyukur atas bantuan
dari ki kanjeng yg telah memberikan
Angka ghoib kepada kami,
dgn angka kemenangan yg di berikan
oleh ki kanjeng
kami sudah bisa membuka usaha sendiri
dan sesuai perintah ki kanjeng
kamipun memberikan sebagian kemenangn
kami kepada pakir miskin,
alhamdulilah. minat hub 082319930479 atau klik WEBSITENYA SILAHKAN
KLIK DISINI

**** BELIAU JUGA BISA MEMBERIKAN SOLUSI LAIN SEPERTI: ***
1. PESUGIHAN
2. JUAL TUYUL
3 JUAL KERIS
4. BATU PERMATA
5. DLL

mas mas mbak mbak yang penting selalu berfikir positif ya, sekali lagi satya ingatkan disana ngg ada pesugihan , saya orang gunung kawi asli. monggo kalau mau kesana mampir kerumah saya. syukur syukur tambah saudara . hehehe

PESUGIHAN INSTANT TANPA TUMBAL
JUAL UMUR, JUAL JANIN, JUAL KELUARGA
PINJAMAN GAIB
Cara daftar dan konsultasi :
Ketik : Nama#Alamat#Umur#Weton (hari dan pasaran)#
Kirim Ke : 082135307729 (kirim pulsa 25rb)
GARANSI: gagal maka biaya kami kembalikan utuh tanpa potongan apapun.

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

This comment has been removed by the author. - Hapus

Udah lama saya kepengen banget ziarah ke makam kyai Zakaria, kira2 ada gak yang mau backpackeran? Biar barengan. Soalnya belum pernah sama sekali dan agak takut kalo sendirian. Katanya banyak calo disana nanti malah disuruh selametan segala. Saya dari Bogor nih. Kalo ada yg minat email ya ke ditatimorensis12@gmail.com

kalo kesana sebaiknya memang bawa temen yg tau lokasi, supaya nyaman, dan klo cuma jalan2, di lokasi nggak perlu menerima tawaran2 paket tertentu, nikmati aja jalan2nya

Komentar anda tidak dimoderasi dan verifikasi, Terimakasih atas komentarnya yg sangat berharga dan bijak, semoga bermanfaat

Back To Top